Presentasi penjualan fungsi-fungsi-manfaat efektif karena berfungsi. Untuk tujuan keringkasan saya akan menyebutnya sebagai "TBS" dalam artikel ini. Program pelatihan penjualan profesional akan memasukkan teknik penting ini dalam beberapa bentuk atau lainnya. Anda mungkin melihatnya disebut dengan nama yang sedikit berbeda, seperti fitur-kebutuhan-manfaat atau nama lain yang diberi kata lain tetapi tidak peduli nama, itu adalah teknik yang sama.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk menjadikan TBS sebagai bagian integral dari setiap upaya penjualan dan mendapat manfaat darinya. Mari kita mulai dengan mendefinisikan masing-masing istilah.

FITUR

Ini adalah "apa itu" bagian dari TBS. Setiap produk atau layanan memiliki fitur unik yang memisahkannya dari kompetisi. Jika fitur ini umum untuk produk lain, cara penyajiannya akan membantu memisahkan Anda dari pesaing Anda.

FUNGSI

Apa fungsinya? Selama presentasi Anda, bagian dari TBS ini memberi pelanggan Anda peluang untuk melihat cara kerjanya. Tak usah dikatakan bahwa pengetahuan produk mahir adalah suatu keharusan.

MANFAAT

Mengapa pelanggan Anda memilikinya? Di sinilah Anda memecahkan masalah, mengisi kebutuhan dan mengulang kembali mengapa produk atau layanan Anda adalah yang benar.

Mari kita lakukan latihan sederhana yang membuat TBS beraksi.

Misalkan Anda menjual mobil. Di dunia sekarang ini kebanyakan dari mereka memiliki rem anti-lock sebagai peralatan standar atau opsional. Sekarang, Anda menunjukkan kepada pelanggan Anda kendaraan. Anda bisa mengatakan:

"Mobil ini memiliki rem anti-lock" atau Anda dapat menggunakan TBS untuk keuntungan Anda dan berkata:

"Kendaraan ini dilengkapi dengan rem anti-lock.(Fitur) Dalam situasi pengereman darurat, Anda sepenuhnya menekan pedal rem ke lantai. (Fungsi) Sistem rem anti-lock dirancang untuk membawa Anda ke pemberhentian yang lengkap dan lurus tanpa membiarkan roda tergelincir. Ini mencegah hilangnya kontrol dan menghindari meluncur dari jalan raya atau ke lalu lintas yang mendekat. (Keuntungan)

Di sinilah banyak tenaga penjual melupakan langkah penting. Selalu akhiri presentasi TBS Anda dengan pernyataan dasi atau bukti. Dalam contoh di atas, akan terdengar seperti ini:

"Kurasa kamu setuju itu adalah fitur keselamatan yang penting."

Pikirkan produk atau layanan yang Anda jual. Sebagai latihan untuk merasa nyaman dengan TBS, tuliskan beberapa fitur utama dan praktikkan menyajikannya menggunakan metode ini. Ini akan membayar dividen besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here