Seorang investor yang khas dalam bisnis taksi di Uganda akan menghadapi dua masalah utama bahkan sebelum mereka mulai membuat shilling pertama mereka. Saya menjelaskan masalah ini di bawah ini.

Ketika saya pertama kali membeli taksi bekas dari kakek-nenek saya, saya membawanya untuk diperbaiki menjadi montir di daerah pinggiran Wandegeya. Dia "mengangkutnya" dan mengatakan padaku itu dalam kondisi sempurna. Satu minggu kemudian, diferensial telah mengembangkan beberapa masalah. Selanjutnya poros engkol memiliki beberapa masalah. Saya akhirnya datang masalah ini tetapi kemudian datang cerita sihir.

Pembaca khas Uganda mungkin terkejut karena saya belum mengangkat isu bisnis dan sihir sebelumnya. Tampaknya banyak orang Uganda yang percaya bahwa pergi ke dokter penyihir dan memberikan kambing putih terakhir Anda (dan tanpa noda hitam) akan mengubah bisnis Anda menjadi sukses dalam semalam bahkan jika Anda tidak dapat membedakan (tidak dimaksudkan) antara uang tunai sebagai laba (yang dapat Anda gunakan sebagai dividen) dan uang dari penjualan (yang tidak boleh Anda gunakan sampai semua biaya diselesaikan).

Jadi kisah sihir itu adalah ini; Saya menyewa sepupuku John [not real name for obvious reasons] untuk bekerja sebagai konduktor pertama taksi. Dia menurut rumor gosip keluarga "menyihir" taksi karena:

* Hari 1. Suspensi pecah.

* Hari 3: Poros engkol mengalami masalah lebih lanjut.

* Hari ke 5. Diferensial bergetar lagi.

* Hari 7: Taksi itu menabrak seseorang yang menyeberang jalan di Ndeeba.

Dalam 1 bulan ketika taksi dalam bisnis, saya hanya membuat Shs 7,000! Oh, aku menggunakannya untuk menyelamatkan supir di kantor polisi. Saya bukan orang yang mempertimbangkan keabsahan kisah sihir tetapi itu membawa saya ke bisnis taksi dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan jika Anda berinvestasi di dalamnya.

Pertama, CONS (tentu saja)

1. Mekanika tanpa etika

Ada kemungkinan bahwa ketika saya mengambil taksi untuk perbaikan, mekanik yang saya percayai perbaikan memberi saya faktur pro-forma untuk bagian-bagian yang tidak dia pasang, mendapatkan mereka tangan kedua atau tangan ketiga atau bahkan dia tidak melakukannya. t melakukan semua perbaikan yang diperlukan. Bagaimana saya bisa memverifikasi bahwa tanpa pengetahuan tentang seluk-beluk mobil, apalagi taksi kedua dari Bungokho?

Tentu saja Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengambil Toyota Hiace (model utama yang digunakan untuk bisnis taksi di Uganda) ke bengkel perbaikan Toyota Uganda. Jangan berharap untuk membayar Shs. 7.000 untuk perbaikan. Mereka menggunakan diagnostik komputer dan mekanik mereka menggunakan sistem penebangan untuk menagih Anda per jam. Oh dan tentu saja mereka menggunakan bagian-bagian baru dan asli jadi lupakan poros engkol yang digunakan mekanik Anda Kakooza akan menemukan Anda dari pasar Kisekka. Sesuai dengan situs web Toyota Uganda, Anda dapat mengharapkan untuk mulai membayar untuk servis untuk Model Toyota Hiace dari Shs. 183.900.

2. Kesulitan verifikasi pendapatan

Kecuali Anda mengendarai sendiri taksi atau memasang kamera seperti Bus London atau bus National Express di Inggris, hampir tidak mungkin untuk memastikan jumlah penumpang pada rute tertentu pada waktu tertentu. Saya tahu banyak pemilik bisnis akan menghindari masalah dengan tidak membayar upah sopir / kondektur dan bukannya menuntut jumlah harian / mingguan tetap mengatakan 6 hari seminggu dengan hari Minggu sebagai "hari pengemudi". Hari pengemudi adalah hari dimana dia tidak membayar Anda karena semua pendapatan akan pergi ke bangsal untuk mendapatkan uang mereka. Ini dapat bekerja sampai batas hingga pengemudi / kondektur memberitahu Anda:

"Mukama wange, Berjalan ke tempat kerja etuletedde bizibu" [My Lord, we were unable to make sufficient money today owing to the “Walk to work” demonstrations].

Dia kemudian mulai menyerahkan setengah dari biaya yang disepakati. Bagaimana Anda memverifikasi cerita pengemudi itu?

Oh akan ada banyak kisah-kisah itu. Lain kali, Uganda Taxi Operator dan Driver Association (UTODA) akan menyerang mereka dan mereka telah melawan, lalu di lain hari; Lalu lintas Polisi "mencari dan menghentikan" operasi telah mengakibatkan penundaan besar-besaran diikuti keesokan harinya oleh pemogokan oleh pengemudi. Tentu saja Anda sebagai "Tuan" mereka tidak dapat menjadi tidak manusiawi dan terus menuntut jumlah yang tetap, kan?

Seperti saya telah mengisyaratkan, jika Anda serius mempertimbangkan investasi di sektor ini, mungkin Anda dapat menemukan pemasok untuk kamera papan. Namun untuk kesederhanaan dan sejalan dengan norma di Uganda, saya akan mengusulkan bahwa investor potensial tetap berpegang pada praktik umum untuk menyepakati pengemudi dengan tingkat "kontraktor" tetap untuk rute tertentu. Namun saya akan merekomendasikan bahwa tingkat ini diverifikasi melalui menguatkan dengan driver yang berbeda dari rute taksi akan ply.

3. Modal awal dan biaya pembiayaan

Karena kendaraan dianggap sebagai aset utama di Uganda, sangat umum untuk investasi ini akan dibiayai oleh pinjaman bank komersial atau pembiayaan sewa guna usaha dari perusahaan seperti DFCU Leasing Limited. Selain itu banyak dealer mobil senang untuk memberikan pembiayaan pinjaman. Anda bisa mendapatkan taksi yang digunakan dengan baik (lengkap dengan garis-garis dan kursi tetap) untuk sekitar Shs 17m pergi dengan informasi penelitian saya dari autotrader.ug.

Sekarang masalah utama dalam hal biaya pembiayaan. Mengikuti peningkatan baru-baru ini (November 2011) oleh Bank of Uganda dari Bank Rate hingga 29%, saya dapat berharap bahwa bank komersial akan meningkatkan suku bunga pinjaman mereka hingga rata-rata 31%. Suku bunga Bank adalah tingkat di mana bank komersial dapat meminjam dari Bank Sentral sebagai pemberi pinjaman dari upaya terakhir. Biaya signifikan pembiayaan akan seperti yang akan kita lihat nanti akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembalian modal yang diharapkan.

4. Jangka waktu panjang untuk merealisasikan profitabilitas dan memulihkan investasi Anda

Saya sekarang menetapkan analisis saya tentang perkiraan profitabilitas untuk bisnis ini.

Saya memperkirakan bahwa investor membeli taksi untuk menimbun salah satu dari Kampala dan rute pinggirannya. Saya menggunakan model yang paling umum yang merupakan "model kontraktor". Modelnya adalah bahwa pengemudi menyediakan investor dengan jumlah harian tetap yang disepakati untuk 5-6 hari seminggu dengan hari ke 7 bagi pengemudi / kondektur untuk mendapatkan upahnya.

Dalam model ini, pengemudi / kondektur karena itu menanggung semua pengeluaran sehari-hari yaitu; biaya bahan bakar, harian dan bulanan UTODA, biaya pemuatan, biaya KCC, biaya panggung, dan lain-lain. Namun pemilik akan menanggung biaya perbaikan dan pemeliharaan serta biaya asuransi.

Ringkasan posisi untung:

Pendapatan per bulan: Shs 750.000 (diperkirakan pada Shs 30.000 per hari selama 25 hari)

Perbaikan dan pemeliharaan per bulan: 183, 900 (diperkirakan dari informasi lokakarya Toyota Uganda)

Biaya pembiayaan: 439.167. (Diperkirakan pada tingkat bunga 31% pada mobil 17m. Tingkat ini diperkirakan pada Nov 2011 Bank of Uganda Bank rate ditambah margin 2%)

Asuransi (pihak ke-3): 4.167

Laba bersih bulanan: 122,767

Laba tahunan (A): 1.473.200

Biaya modal (1994 Toyota Hiace, digunakan) (B): 17.000.000

Pengembalian modal (B / A): 11,54 tahun!

Seperti dapat dilihat dari analisis di atas, lupakan uang Anda di sektor ini. Anda tentu saja dapat sekarang pada tahap ini jika Anda suka pergi ke dokter penyihir yang mungkin akan menggunakan mantra-mantranya sehingga pelanggan lebih memilih taksi Anda untuk semua orang lain dan ia juga akan secara ajaib analisis saya di atas untuk memberikan kembali dalam mungkin 1 bulan. [Please note that the last statement is made in jest and I wouldn’t expect a serious investor to consider witchcraft for business success].

5. Saturasi pasar dan gerakan terkait.

Ada terlalu banyak taksi di Kampala atau hampir di mana pun di Uganda. Tampaknya di mana pun Anda berbelok ada taksi dan saya bahkan tidak perlu masuk ke rincian ini, tetapi hal ini tentu layak dicatat tren untuk sektor ini. Karena ada terlalu banyak taksi di Uganda, dilihat dari beberapa laporan dari UTODA, akhirnya politik di sekitar industri ini akan dimainkan dan kemudian beberapa inisiatif pemerintah untuk mencoba meruntuhkan taman-taman taksi baru dan lama di kota Kampala; dan alih-alih memindahkan taksi ke luar kota, taman taksi satelit seperti Ndeeba akan menjadi kenyataan. Atau kita akhirnya bisa melihat pindah ke bus komuter, bukan taksi seperti yang dijanjikan oleh mantan Walikota Nasser "Seya" Sebagala.

Dan sekarang PROS

1. Pengembalian modal yang wajar, dengan asumsi tidak ada pembiayaan.

Keuntungan utama untuk sektor ini adalah untuk investor yang akan berinvestasi tanpa mengeluarkan biaya pinjaman. Saya menetapkan di bawah proyeksi pengembalian modal tanpa biaya pembiayaan:

Pendapatan per bulan: Shs 750.000 (diperkirakan pada Shs 30.000 per hari selama 25 hari)

Perbaikan dan pemeliharaan bulanan: Shs 183, 900 (diperkirakan dari informasi lokakarya Toyota Uganda)

Asuransi (pihak ke-3): 4.167

Laba bersih bulanan: 561.933

Laba tahunan: 6.743.200

Biaya modal (1994 Toyota Hiace, digunakan): 17.000.000

Pengembalian modal: 2,52 tahun

Seperti dapat dilihat dari atas, pengembalian modal tanpa biaya pembiayaan berkurang menjadi 2,52 tahun dari 11 tahun yang memberatkan dalam analisis pertama.

2. Keamanan untuk pembiayaan lebih lanjut

Dengan asumsi Anda belum meminjam untuk membeli taksi maka keuntungan lebih lanjut adalah bahwa di Uganda, kendaraan adalah aset yang lebih disukai untuk digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman karena fluiditas pasar mobil bekas.

3. Alternatif satu kegunaan

Keuntungan dari taksi tentu saja adalah Anda dapat menggunakannya untuk satu kali penggunaan seperti charter pribadi atau misalnya untuk penggunaan pribadi dari keuntungan kepada investor misalnya; membawa anak-anak ke sekolah, untuk pemakaman atau; seperti saya di Uganda yang pada 2005 mengerahkan keberanian untuk naik taksi di test drive di malam hari dengan pergi mengunjungi gadis "Mzungu" yang ingin saya impresif.

Saya pikir sihir Yohanes sudah bekerja karena ketika saya kembali ke rumah dari mengunjungi gadis itu, saya menabrak tembok tetangga ketika saya mencoba membalikkan taksi sehingga membuat belokan ketat ke gerbang rumah. Saya bersikeras itu adalah sihir di tempat kerja dan tentu saja bukan fakta bahwa saya tidak memiliki pengalaman apa pun dalam mengendarai kendaraan yang panjang!

RANGKUMAN DAN FIRMAN AKHIR

Pertama angka-angkanya.

Atas dasar analisis saya:

* Penanaman modal (A): Shs 17.000.000

* Pendapatan per tahun: 9.000.000

* Laba per tahun (pendapatan tidak termasuk semua biaya dan bunga) (B) adalah Shs 1,473,200

* Pengembalian modal (tahun untuk mendapatkan modal kembali) (A / B) adalah 11,54 tahun.

* Namun jika Anda tidak mengeluarkan biaya pembiayaan, maka periode pengembalian ini diperkirakan 2,54 tahun.

Sekarang dasar-dasar yang harus Anda dapatkan sebelum berinvestasi:

* Penelitian tentang tingkat kontraktor yang adil. Karena model yang lebih disukai di Uganda adalah untuk menyewa taksi Anda ke pengemudi / kondektur, ada baiknya menghabiskan waktu berbicara dengan berbagai pengemudi dan mungkin bahkan UTODA untuk menetapkan harga yang adil untuk rute Anda dan memastikan Anda mendapatkan tarif yang disepakati tanpa "mukama" mengarungi "cerita.

* Pertimbangkan opsi pembiayaan lebih murah. Terlalu sering kita mengabaikan keuntungan dari mengumpulkan dana dari anggota keluarga dan teman. Ini dapat memberikan pembiayaan ekuitas (kredit tanpa bunga) daripada pinjaman bank komersial yang melumpuhkan.

* Seorang mekanik yang layak dan dapat dipercaya adalah suatu keharusan. Semoga berhasil!

FIRMAN AKHIR

Dengan prinsip saya waspada terhadap model bisnis di mana Anda tidak dapat memahami atau memverifikasi seluk-beluk pengakuan pendapatan dan hampir tidak dapat memverifikasi biaya untuk membangun efisiensi dan seterusnya atas dasar itu, bagi saya ini akan menjadi "tidak-tidak" sektor.

Namun ia memiliki keuntungan utama dari kesederhanaan aliran pendapatan dan mungkin itulah sebabnya ini telah mengakibatkan investasi berlebihan di sektor ini termasuk oleh [financially] orang yang buta huruf.

Jika Anda tertarik pada kesederhanaan jenis investasi ini ditambah keuntungan bahwa kendaraan adalah jaminan untuk pinjaman lebih lanjut maka dengan segala cara berinvestasi di dalamnya dan kemudian Anda harus memastikan bahwa Anda tidak mendengar cerita dari Kakooza tentang " diferensial berguncang. "