Jaguar dimulai pada 1922; Awalnya sebagai Swallow dan Blackpool, Lancashire tampak sebagai platform peluncuran yang tidak menjanjikan untuk sebuah mobil yang menjadi inspiratif seperti yang terjadi.

Pada tahun-tahun setelah berakhirnya Perang Dunia I, Sir William Lyons, yang kemudian dikenal sebagai Bill, muncul menjadi produsen sepeda motor muda dengan delusi keagungan. Dia ambisius untuk pindah ke mobil, dan pada tahun 1927, dia menggunakan keterampilan pelatih pekerja Swallow Sidecar membangun untuk membuat badan untuk Austin Sevens, memberi mereka status, mereka hampir tidak pantas.

Teman-temannya, Bertie Henly dan Frank Hough yang merupakan pengusaha perdagangan motor, di 91 Great Portland Street, London, menjualnya.

Henly dengan berani memesan lima ratus mobil, dan kepada anak-anak muda yang cerdas di ujung barat, mereka hanyalah pekerjaan, berkilauan dengan krom sementara mobil lain hanya berwarna hijau atau hitam.

Namun demikian, untuk kerumunan Brooklands mewah, bahkan setelah pabrik pindah ke Coventry, Swallows dan penerus mereka SS1 dan SS2 agak acuh tak acuh. Mereka diejek karena memiliki bonnet panjang dan mesin lemah, dan penggemar yang mungkin tidak tahu lebih baik, menolak untuk diambil oleh trik-trik kosmetik seperti cat dua-nada dan garis atap yang rendah.

Mereka percaya bahwa tidak mungkin membangun mobil yang bagus dengan murah, dan tidak menyadari bahwa Lyons mencapainya dengan mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu secara berlebihan daripada mengurangi produksi atau material. Serta memiliki hadiah untuk bagaimana mobil harus terlihat, Lyons mendorong tawar-menawar yang keras dengan pemasok dan biaya tetap rendah.

Murid adalah band elit yang membayar premi untuk bekerja di sana dan mereka menerima pelatihan yang begitu bagus sehingga perdagangan dan industri motor Inggris menjadi penuh dengan mantan magang Jaguar di posisi eksekutif yang tinggi.

Pilihan Lyons SS sebagai nama mobilnya adalah sesuatu yang misterius. Dia menyatakan bahwa SS bukan merupakan kontraksi dari Standar Swallow atau Standar Khusus. George Brough yang membuat motor Brough Superior dan SS80 percaya bahwa Lyons mendapatkan ide darinya.

Tidak ada yang menangkap suasana saat itu dengan baik. Kapal uap laut adalah para trendsetter, SS tidak membawa cincin yang menyeramkan, dan Lyons mulai mencari daftar burung dan hewan sebelum memutuskan makhluk tercepat dengan nama yang bisa diterapkan pada mobil.

Dia memilih Jaguar, dan begitu izin telah diberikan oleh Armstrong-Siddeley, nama itu diperkenalkan untuk model-model baru pada September 1935, dan sampai 1940, mereka dikenal sebagai Jaguars SS bahkan menghilangkan poin penuh dari 1936 karena surat-surat itu tidak lagi berdiri untuk apa saja, seperti MG. Lyons meminta kepala publisitas E W Rankin untuk melompati maskot jaguar simbolik, setelah perusahaan aksesori memproduksi satu yang tidak disukai karena terlihat seperti kucing yang menembak dari pagar.

Seorang seniman dengan nama Frederick Crosby diminta untuk memberikan satu, tapi sayangnya, simbol jaguar, yang menghiasi mobil-mobil dari tahun 1935, mungkin bukan jaguar sama sekali. Ini pertama kali muncul di pameran motor Olympia 1930 pada MG sebagai harimau. Ini mirip panther yang dirancang pada tahun 1920 oleh Casimir Brau dan itu pasti hubungan erat dengan Crosby yang diproduksi untuk Cecil Kimber, pendiri MG.

Jaguar itu hampir identik dalam segala hal, kecuali cakar belakangnya terselip di belakang sementara MGs diperpanjang. Apakah Lyons dan Rankin tahu tentang maskot di MG tidak material dan Jaguar Cars tidak tahu malu tentang revisi sejarah perusahaannya. Seorang juru bicara perusahaan menyatakan bahwa itu adalah jaguar yang benar secara anatomis.

Hingga tahun 1939, bahkan jika seekor jaguar tidak dianggap sebagai tiruan, itu pasti tidak sepenuhnya bonafide. Selain itu, ketika make itu dihidupkan kembali setelah Perang Dunia 2, ia harus menjalani hidup sebagai hidup. Beberapa substansi harus ditemukan di balik glitter, dan segera setelah pasar pembeli kembali, kompetisi dimulai kembali.