Jaguar E-Type Series 3 – Melihat dari dekat performa mobil sport klasik ini, data teknis, fitur, membandingkan saingan, sejarah, harga yang digunakan.

dari Klasik ke Modern

Pada tahun 1971, mobil sport E-Type Jaguar telah ada selama 10 tahun, dan mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Selanjutnya, ada peningkatan tekanan pada semua produsen mobil untuk mengurangi emisi mesin.

Meskipun pengurangan seperti itu bisa diterapkan pada mesin XKG 6 silinder asli, hasil akhirnya akan sangat mengurangi kinerja.

Jawabannya terletak pada merancang mesin baru yang akan memenuhi peraturan emisi AS, namun tetap menghasilkan kinerja yang diharapkan pasar.

V8 dianggap tetapi, entah bagaimana, itu hanya tidak menciptakan mistik bahwa mobil sport E-Type layak.

Namun, Ferrari dan Lamborghini yang bergengsi sama-sama menggunakan mesin V12 dan, mungkin, inilah jalannya.

Bahkan, unit semacam itu memiliki sejumlah keunggulan di atas V8, paling tidak adalah fakta bahwa ia berjalan jauh lebih mulus.

Selanjutnya, selama beberapa tahun, Jaguar telah mengembangkan mesin V12 untuk mobil balap XJ13 eksperimental mereka.

Oleh karena itu unit ini dipilih, dan selanjutnya dikembangkan menjadi 5,3 liter, V12 yang menggunakan blok aluminium ringan dan kepala silinder, dan hanya akan muat di dalam sub-kerangka sempit dari E-Type.

Desain akhir menghasilkan pembakaran yang efisien, daya rentang menengah yang baik, lebih mudah dan lebih murah untuk diproduksi, dan memenuhi persyaratan anti polusi.

Itu dilengkapi dengan pengapian elektronik, empat karburator Stromberg, dan sistem pembuangan aliran bebas.

Mobil sport Jaguar Seri 3 E-type diluncurkan pada Maret 1971, dan berbeda dari Seri 2 dengan beberapa cara:

  • Asupan udara di bonnet diperbesar

  • Kisi-kisi krom ditambahkan

  • Scoop udara yang dipasang rendah dimasukkan untuk meningkatkan pendinginan lebih lanjut

  • Lengkungan roda melebar dan membesar

  • Trek meningkat empat inci

  • Lebar roda meningkat dari lima hingga enam inci

  • Pengendara karet besar dipasang, baik di depan maupun di belakang, pada model ekspor AS untuk mengakomodasi semakin ketatnya pengaturan kecelakaan AS

  • Pengendara yang terlalu kecil dibutuhkan untuk pasar rumah dan Eropa

  • Lencana pada boot diidentifikasi sebagai "V12".

Dari semua mobil Jaguar, sejumlah varian Seri 3 terbatas dengan mesin 6 silinder. Performa mobil Jaguar.

Varian head tetap telah dihentikan, dan sisa konvertibel dan 2 + 2 fixed head coupe keduanya dipasangi wheelbase 2 + 2 yang lebih panjang, tidak seperti Seri 1 dan 2, yang menggunakan wheelbase lebih pendek. Ini menciptakan gambar yang lebih agresif.

Power steering dan limited slip differential tetap merupakan peralatan standar.

Namun, anti-roll bar ditambahkan, rem ditingkatkan, dan geometri suspensi depan dimodifikasi untuk meningkatkan karakteristik ant-dive.

Sub-frame depan diperkuat untuk memenuhi kekuatan tambahan V12, sementara empat knalpot knalpot outlet menambahkan sentuhan penuh gaya di bagian belakang.

Perbaikan interior termasuk roda kemudi olahraga kulit, kursi baru, dasbor yang sedikit direvisi, dan peningkatan pemanasan dan ventilasi.

Karena kedua varian convertible dan 2 + 2 dipasang dengan wheelbase yang lebih panjang, transmisi otomatis tersedia untuk keduanya, tetapi untuk pertama kalinya pada konvertibel.

Seri 3 menawarkan nilai yang sangat baik untuk uang karena harganya sekitar setengah dari biaya Ferrari dan Aston Martin yang kompetitif.

Namun, beberapa penggemar E-Type menunjukkan bahwa Seri 3 adalah mobil sport pria, dan jauh dari gaya asli turun-turun dari mobil Jaguar Seri 1 dan 2.

Selain itu, beberapa kritikus mengatakan bahwa mesin V12 baru layak mendapatkan mobil yang didesain ulang sepenuhnya daripada memasarkan kembali model asli yang diperbarui.

Sekarang, sudah jelas bahwa hari-hari dari mobil sport Jaguar Seri 3 diberi nomor.

Bahkan, ternyata, coupe 2 + 2 dihentikan pada akhir 1973, dengan konvertibel yang mengikutinya pada Februari 1975.

50 convertible terakhir yang dibuat dicat hitam, dan masing-masing menerima plakat kuningan di dashboard, ditandatangani oleh pendiri Jaguar, Sir William Lyons, untuk menandakan ini adalah E-Type terakhir yang dibangun.

Yang menarik, unit-unit terakhir ini ternyata sulit dijual, yang sayangnya, mencerminkan ketidakpedulian pasar pada waktu itu.

Sebagai tanda penghormatan untuk mobil sport E-Type Jaguar yang legendaris, unit terakhir yang dibangun dipertahankan sebagai barang pameran oleh perusahaan.

Setelah empat belas tahun produksi, lebih dari 72.000 E-Type diproduksi, dengan lebih dari 80% diekspor.

Dalam hal total unit yang diproduksi, 15.287 Seri 3 E-Jenis dibangun, yang terdiri dari: 7.990 convertible, dan 7.297 2 + 2 fixed head coupes.

Bahkan, hanya 2.116 versi penggerak tangan kanan dari konvertor Seri 3 yang diproduksi.

Jaguar dijual

Dalam hal penjualan mobil Jaguar ini, karena konvertibelnya lebih populer, maka sebuah contoh dalam kondisi baik dapat memerintah antara $ 60.000 dan $ 80.000, sementara satu dalam kondisi ruang pamer bisa mencapai sebanyak $ 150.000.

Dari semua mobil Jaguar, ini pasti harus dinilai sebagai yang paling indah.

Ini menandai akhir ulasan saya tentang mobil sport Jaguar E-Type Series 3