Tinjauan tentang Mobil Sport Lotus Excel, yang meliputi pengembangan, fitur penting, dan data teknis dari model ke dua puluh tujuh dalam rangkaian Lotus.

Dalam artikel ini, saya menawarkan tampilan nostalgia di Lotus Excel, salah satu kelompok elit mobil klasik, yang diproduksi selama periode 1982 hingga 1992.

Mobil sport Lotus Excel diluncurkan pada tahun 1982, dan diberi sebutan Tipe 89.

Dalam hal desain, bentuknya mirip dengan Eclat, di mana ia berbasis, tetapi menerima styling yang lebih lembut di daerah hidung, bersama dengan lampu terintegrasi, bumper, dan spoiler.

Hasilnya adalah sport coupe 2 + 2 yang stylish.

Sementara setengah bagian atas cetakan tubuh memiliki gaya yang lebih agresif, bagian bawahnya dipertahankan dari Eclat.

Karena alasan inilah mobil itu juga dikenal sebagai Eclat Excel, dan bahkan Eclat 3.

Menariknya, batch pertama produksi Excel menampilkan lencana "Eclat" pada boot, dan lencana "Excel" pada sayap belakang.

Namun, pada akhir 1983, anomali ini dihilangkan.

Pada sekitar waktu ini, Toyota menjadi 20% pemegang saham di Lotus dan, sebagai bagian dari perjanjian, itu memungkinkan Lotus untuk menggunakan sejumlah bagian mekanisnya.

Akibatnya, Excel asli menggunakan gearbox, poros penggerak, diferensial, velg, dan gagang pintu dari Toyota Supra Grand Tourer.

Excel ini didukung oleh Lotus 912, 2174 cc, 4-silinder, cam overhead ganda, semua mesin aluminium, seperti yang sebelumnya digunakan dalam Esprit Series 3.

Dilengkapi dengan dua karung petir kembar karbida Dell'Orto DHLA 45E, ia mengembangkan 160 bhp, dengan waktu 0-60 mph dari 7,0 detik, dan kecepatan tertinggi 134 mph.

Pada bulan Oktober 1985, Excel SE diperkenalkan, dan mesin 912 dimodifikasi lebih lanjut sehingga varian SE sekarang dikembangkan 180 bhp, dengan kecepatan tertinggi 135 mph.

Perubahan pada model ini termasuk perubahan pada bumper, sayap, dan interior, bersama dengan dasbor baru.

Pada bulan Oktober 1986, varian Excel SA termasuk dalam jangkauan, dan menampilkan penambahan transmisi otomatis ZF empat kecepatan, yang ditujukan untuk pasar AS.

Pada tahun 1989, perubahan kecil termasuk cermin sayap bersumber dari Citroen, dan velg OZ 15 inci, seperti yang digunakan dalam Esprit.

Excel mendapatkan reputasi untuk menikung dan menangani karakteristik yang baik karena, sebagian, dengan distribusi bobot 50:50-nya.

Itu memiliki sasis baja galvanis, suspensi belakang lebih kencang, gearbox lima kecepatan Toyota, rem cakram semua bulat, sementara ruang penumpang meningkat.

Selama periode 1982 hingga 1992, Excel mengalami sejumlah perubahan, yang lebih penting termasuk:

1984 – bumper yang cocok dengan warna tubuh, bonnet sekarang louvered, spoiler ditambahkan ke boot

1985 – lengkungan roda diperlebar, tutup boot ditingkatkan ukurannya

1986 – varian mesin kompresi tinggi dibuat tersedia, kolom kemudi sekarang disesuaikan, sistem pendingin udara ditingkatkan

1989 – bonnet dimodifikasi, seperti spoiler depan dan belakang

Setelah masalah keandalan dengan model sebelumnya, perbaikan dilakukan dengan Excel, meskipun kekurangan ini masih jauh di bawah saingan terdekatnya pada waktu itu, Porsche 944.

Produksi sepuluh tahun berakhir pada tahun 1992, ketika 2.159 Lotus Excel dibangun, yang mencerminkan catatan penjualan yang mengecewakan.

Penyebab utamanya adalah karena fakta bahwa Excel tidak pernah secara resmi dipasarkan di AS, karena Lotus merasa bahwa itu tidak akan dapat memenuhi peraturan kontrol emisi AS yang ketat.

Ini menandai akhir dari Lotus Excel

Mungkin jalan kenangan ini mungkin telah menjawab, atau setidaknya menjelaskan, pertanyaan yang mungkin:

Mobil Sport Lotus Mana yang Favorit Anda?

Namun, jika pertanyaan ini masih belum terjawab, saya akan meninjau, secara lebih rinci, di artikel mendatang dalam situs web ini, seluruh jajaran mobil sport Lotus yang ditampilkan di era mengesankan yang mencakup tahun 1952 hingga 1996.

Saya harap Anda bergabung dengan saya dalam perjalanan nostalgia saya "menuruni jalur memori mobil sport".

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here