Jaguar E-Type Series 1 – Melihat dari dekat performa mobil sport klasik ini, data teknis, fitur, membandingkan saingan, sejarah, harga yang digunakan.

dari Klasik ke Modern

Pengembangan bekerja pada E-Type dimulai pada bulan Desember 1956, untuk menghasilkan jalan yang akan mobil sport Jaguar yang akan menggantikan XK150.

Akibatnya, prototipe pertama selesai pada Mei 1957, dan ditetapkan sebagai E-Type 1 Aluminium, atau EA1.

Itu didasarkan pada D-Type, dan menampilkan konstruksi monocoque dengan suspensi belakang independen.

EA1 ditenagai oleh mesin 2.4 liter, XK yang dikembangkan 120 bhp, seperti yang digunakan pada saloon Jaguar Mark 1, diluncurkan pada tahun 1955.

Prototipe ini secara bertahap dikembangkan sepanjang tahun 1958 ketika, pada tahun 1960, perusahaan disajikan kepada publik mobil sport Jaguar E2A yang diharapkan untuk bersaing di 1960 Le Mans.

Seperti E1A, itu dibangun dengan bodi aluminium pada sasis baja, tetapi ditenagai oleh mesin 3 liter XK dengan injeksi bahan bakar Lucas.

Menariknya, E2A akhirnya diserahkan ke tangan swasta ketika, pada tahun 2008, itu dijual di lelang seharga $ 4,96 juta.

Setelah pengembangan lebih lanjut bekerja pada E2A, produksi E-Type pertama, yang ditetapkan Seri 1, diluncurkan pada Maret 1961, terikat hanya untuk ekspor, dengan peluncuran Inggris empat bulan kemudian.

Diluncurkan sebagai convertible head coupe dua kepala dan tetap, dan didukung oleh mesin XK 3,8 liter, 6-silinder, yang dilengkapi dengan tiga karburator SU HD 8 inci, seperti yang digunakan pada XK150S.

Ini digunakan blok besi, kepala aluminium, memiliki overhead camshafts ganda, poros bantalan tujuh, dan rasio kompresi 9,0: 1.

Ini dikembangkan 265 bhp pada 5500 rpm, dan 260 ft / lbs torsi pada 4000 rpm, yang menghasilkan kecepatan tertinggi 150 mph, dan waktu 0-60 mph dari 6,9 detik.

Itu dilengkapi dengan gearbox Moss empat kecepatan, tanpa synchromesh pada gigi pertama, dan tidak ada overdrive.

Itu memiliki suspensi belakang coil spring independen, dan rem cakram dibantu listrik (279 mm di depan dan 254 mm di belakang).

Ciri khas dari mobil sport Seri 1 adalah tombol starter di dasbor, mengingatkan pelopornya. Performa mobil Jaguar.

Mobil sport Jaguar Seri 1 dapat dengan mudah dikenali oleh lampu depan kaca yang tertutup, bukaan oval kecil di depan, indikator dan lampu ekor di atas bumper, dan knalpot muncul di bawah pelat nomor belakang.

Itu memiliki kursi ember kulit tertutup dan roda kawat 15 inci. Model yang paling awal memiliki panci lantai yang datar, dan keduanya langka dan sangat dicari.

Pada versi yang lebih baru, lantai-lantai disuguhkan, dan ini memberikan ruang kaki tambahan dan kenyamanan lebih. Produksi tidak akan berubah sampai 1964.

Pada bulan Oktober 1964, mesin 3,8 liter digantikan oleh unit 4.2 liter yang mengembangkan 265 bhp yang sama, tetapi pada 5400 rpm lebih rendah, dan 284 ft / lbs torsi (peningkatan 24) pada 4000 rpm yang sama, dan masih dengan tiga karburator SU.

Kecepatan tertinggi tetap sama, tetapi waktu 0-60 mph dikurangi menjadi 6,5 detik. Varian ini telah menaikkan kursi, rem dan sistem kelistrikan, dan memakai lencana "Jaguar 4.2 Liter E-Type" pada bagasi.

Semua mobil dilengkapi dengan diferensial terbatas-slip Powr-Lok. Roda kawat krom dan hardtop yang dapat dilepas untuk konvertibel ditawarkan sebagai tambahan opsional.

Pada tahun 1965, sebuah gearbox Moss yang ditingkatkan memiliki synchromesh pada semua gigi depan.

Pada tahun 1966, untuk memperluas daya tarik, diputuskan untuk membangun versi dari fixed head coupe di mana jarak sumbu roda diperpanjang, untuk menambah dua kursi belakang kecil.

Konsekuensinya, 2 + 2 fixed head coupe diperkenalkan, dengan transmisi tiga kecepatan otomatis Borg Warner, jika diperlukan.

Dengan bodi 9 inci lebih panjang, atap 2 inci lebih tinggi, dan kaca depan yang lebih curam, ini sangat meningkatkan ruang internal.

Sebanyak 38.414 unit mobil sport Seri 1 dibangun antara 1961 dan 1968, dan terdiri dari:

Sebagian besar penggemar mobil sport setuju bahwa Seri 1 E-Type adalah yang paling diinginkan dari mobil Jaguar ini, dengan yang paling populer adalah varian 4.2 liter yang dibangun antara 1965 dan 1967.

Jaguar Dijual

Dalam hal pasar tangan kedua untuk mobil Jaguar, contoh dalam kondisi baik bisa memerintah sekitar $ 80.000, whist satu dalam kondisi murni bisa mencapai sebanyak $ 210.000.

Model ini harus dipastikan sebagai mobil Jaguar klasik.

Ini menandai akhir Ulasan saya tentang mobil sport Jaguar E-Type Series 1