AdBlue sangat rentan terhadap kontaminasi dan sesedikit 10 ml minyak yang ada dalam pengisian 70 liter dapat merusak sistem yang menyebabkan kerusakan permanen. Sebuah perusahaan truk berbasis Crewe baru-baru ini menghadapi tagihan £ 3500 untuk injektor SCR gagal pada Renault Magnum setelah menempatkan sejumlah kecil solar di tangki AdBlue. Richard Brain, Manajer Layanan Regional untuk PACCAR Australia, yang mencakup truk-truk DAF, mengatakan hanya sedikit pengotor kimia dalam tangki yang dapat menimbulkan masalah.

"Apa yang mahal untuk operator adalah jika aditif kimia dicampur dengan AdBlue, karena mereka akan menyerang segel karet, menyebabkan kerusakan terminal," kata Brian. "Mengganti unit SCR adalah lebih dari $ 5000 masing-masing, dan ini terjadi jika diesel atau kontaminasi kimia lainnya terjadi," katanya. Meskipun tidak umum, Brain mengatakan siapa saja yang mencoba untuk 'meningkatkan' kinerja unit SCR dengan menambahkan diesel, alkohol alkohol atau bahan kimia lainnya hanya akan menyebabkannya gagal, yang pada gilirannya berarti penggantian penuh.

"Unit-unit ini tidak dapat diperbaiki, mereka adalah barang pengganti saja, Anda membuangnya dan membeli yang baru," Brain memperingatkan. Tentu saja biaya perbaikan, meskipun mereka sendiri signifikan, dapat menjadi sakit mudah dibandingkan dengan beban yang mungkin hilang dan setiap downtime terkait sementara pemulihan dan perbaikan dilakukan.

Banyak usaha telah dilakukan oleh distributor AdBlue untuk mencoba dan memastikan pengiriman AdBlue gratis kontaminasi. Namun, ada risiko kontaminasi yang signifikan bahkan setelah AdBlue berhasil mencapai truk. Sejak diperkenalkannya SCR untuk memenuhi undang-undang emisi Eropa, ada semakin banyak contoh kontaminasi AdBlue yang disebabkan oleh sejumlah kecil solar yang dimasukkan ke dalam tangki AdBlue. Karena masalah ini tidak secara resmi tercakup dalam garansi, operator kendaraan komersial dapat meninggalkan ribuan poundsterling keluar dari kantong.

Namun, ada produk pencegahan di pasar yang dapat membantu menghentikan Anda mencemari kendaraan berbahan bakar AdBlue Anda dan untuk investasi kecil yang melindungi Anda dapat menghemat tagihan perbaikan besar dan waktu henti kendaraan Anda.

Kunci AdBlue adalah mekanisme bawaan yang hanya terbuka ketika nosel AdBlue dimasukkan (pengisian manual atau dipompa). Kunci Adblue telah dirancang sehingga jika Anda mencoba memasukkan diesel ke tangki AdBlue dan diesel apa pun dilepas, maka akan mengalir melalui lubang pembuangan dan tidak ada yang bisa masuk ke tangki AdBlue. Adblue Key terbuat dari bahan polyoxymethethylene (POM) yang sama dengan sistem SCR lainnya, yang sesuai dengan pengujian ketat yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here