Tidak mengherankan bahwa beberapa karir dengan bayaran tertinggi di seluruh dunia ditemukan di bidang teknik. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu pilihan karir yang paling berbuah dan diminati yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan sekolah.

Dari banyak cabang teknik, teknik kimia adalah salah satu disiplin yang memiliki aplikasi luas dan menawarkan banyak peluang. Sesuai survei oleh karyawan India Aon Hewitt dapat melihat kenaikan 10,6 persen pada tahun 2015. Selanjutnya, di sektor-sektor seperti jasa teknik dan bahan kimia diproyeksikan memiliki peningkatan gaji yang lebih tinggi daripada rata-rata.

Fakta bahwa teknik kimia memiliki penerapan yang luas; profesional di domain ini diberikan dengan tawaran pekerjaan mewah. Sesuai orang dalam industri, dengan booming yang sedang berlangsung di industri kimia, pekerjaan adalah banyak lulusan teknik kimia. Di luar negeri, terutama di negara-negara Teluk ada peluang yang lebih baik dibandingkan dengan India. Bahkan, insinyur kimia mendapatkan peluang karir yang menguntungkan di sektor publik maupun sektor pemerintah.

Perusahaan-perusahaan terkemuka yang menawarkan paket gaji tinggi kepada lulusan teknik kimia tercantum di bawah ini-

  • Minyak dan Gas, Industri Reliance Energi, Schneider Electric, Technip, Chevron,

  • Pemerintah-BPCL, ONGC, IOCL, HPCL, GAIL

  • Manufaktur dan barang-barang konsumen – Cat Asia, TVS Motors, Renault Nissan Technologies, Procter and Gamble, ITC Ltd

  • Farmasi: Dr. Reddys Labs, Biocon

  • Chemicals- Tata Chemicals Galaxy Surfactants Ltd, Zuari Pupuk dan Semen, Sumitomo Chemical Ltd

  • Perusahaan Konsultasi: Frost & Sullivan

Pekerjaan rekayasa kimia memerlukan konstruksi, desain, operasi, instalasi, pemeliharaan pabrik yang memproduksi produk kimia, pengawasan pabrik kimia yang mengekstrak bahan kimia, proses pengembangan dan banyak lagi.

Beberapa institut teknik kimia terkemuka di India tercantum di bawah ini-

  • Institut Teknologi India (IIT), Kanpur, Delhi, Kharagpur, Madras, Bombay

  • Institut Teknologi dan Sains Birla (BITS-Pilani)

  • Institut Teknologi Nasional, Tiruchirappalli

  • Motilal Nehru Institut Teknologi Nasional, Allahabad

  • Universitas Thapar, Patiala

Bagi orang-orang yang ingin melanjutkan studi setelah menyelesaikan kelulusan dapat pergi untuk lulus sekolah dengan tampil untuk GATE. Setelah melakukan Mtech, umumnya itu pengetahuan dan keterampilan Anda yang diberi lebih banyak bobot daripada persentase yang diperoleh. Lulusan Mtech mencari pekerjaan di berbagai perguruan tinggi teknik, lembaga pembinaan dan lembaga pendidikan lainnya. Beberapa spesialisasi dalam bidang ini termasuk pengolahan bahan makanan elektronik, lingkungan, polimer, teknik biokimia, keamanan, pengendalian proses, teknik biomedis, statistik dan banyak lagi.

Jika kita berbicara tentang gaji, maka lebih segar bisa mendapatkan gaji rata-rata Rs 25.000 per bulan untuk Rs 30.000 per bulan, tergantung pada kualifikasi, pengalaman, kemampuan dan lembaga terakhir yang dihadiri. Insinyur kimia, manajer produksi, manajer operasi, insinyur desain proses, insinyur shift, dll adalah beberapa profil pekerjaan umum. Profesional dengan 10-15 tahun pengalaman kerja dapat memperoleh paket gaji hingga Rs 2 lakh per bulan. Paket gaji untuk pekerjaan sektor swasta sangat tergantung pada reputasi organisasi dan keterampilan khusus industri dari kandidat.