Karena banyak pecinta alam yang mengambil tur Jaguar akan sadar, Jaguar adalah spesies 'hampir terancam', dengan kemungkinan menjadi 'terancam' di masa depan. Faktor-faktor yang berkontribusi pada status ini termasuk berburu kulitnya, menembak oleh petani untuk melindungi ternak, dan penggundulan hutan. Dengan Jaguar lebih memilih wilayah besar – hingga 40 kilometer persegi untuk betina dan hingga dua kali lebih banyak untuk laki-laki – hilangnya atau fragmentasi habitatnya memiliki dampak yang serius. Tidak hanya hewan individual yang terpengaruh oleh habitat dan perburuan yang berkurang, tetapi penduduk juga menderita kehilangan hubungan antara rentang hewan individual, mengurangi kolam pembibitan. Terlepas dari masalah yang dihadapinya, hewan ini adalah spesies yang dilindungi di beberapa negara, dan upaya berkelanjutan sedang dilakukan di seluruh Amerika dalam melindungi habitat, menghubungkan kembali rentang dan mendidik peternak.

Mengapa Melindungi Jaguar? Untuk Planet …

Jauh lebih dari sekadar daya tarik bintang dari tur Jaguar, hewan ini dianggap sebagai predator utama oleh banyak ahli ekologi – yang berarti bahwa perannya di bagian atas rantai makanannya dianggap, berdasarkan pengendalian populasi mangsanya, untuk memainkan peran vital dalam struktur ekosistemnya. Populasi yang menurun dapat memiliki efek knock-on pada banyak spesies lain, dan sementara ini masih merupakan area pertentangan di antara beberapa ilmuwan, jelas bahwa hewan memainkan peran penting dalam kehidupan lingkungan hutan.

… Dan Untuk Kesehatan Manusia?

Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa, serta menjaga stabilitas dalam rantai makanan, populasi Jaguar yang sehat memiliki manfaat bagi manusia. Korelasi antara penurunan populasi hewan dan peningkatan penyakit virus di antara populasi manusia di sekitarnya telah menyebabkan beberapa ekologis dan dokter menyimpulkan bahwa penyakit semacam itu [which can spread rapidly in animals preyed on by the big cat], Bisa diadakan di cek dengan menjaga populasi Jaguar dan dengan demikian mengendalikan populasi mangsa.

Peran Pariwisata

Mereka yang melakukan tur Jaguar dengan harapan dapat melihat kucing-kucing yang luar biasa ini biasanya dirawat oleh penampakan banyak spesies mengesankan lainnya, termasuk ocelots, caimen, Giant River Otters, Giant Anteaters, dan Hyacinth Macaws. Ini sebagian berkat statusnya sebagai 'spesies payung', yang berarti spesies yang rentang habitatnya cukup luas sehingga melindunginya akan secara langsung menguntungkan banyak spesies lain – sehingga memastikan bahwa rentang yang dilindungi juga akan mengandung keragaman hewan yang kaya dan berwarna-warni. kehidupan. Pariwisata yang bertanggung jawab memiliki peran penting untuk dimainkan dalam pemeliharaan rentang ini, karena melindungi habitat memastikan pengalaman yang berharga bagi mereka yang mengikuti tur Jaguar, sambil mempromosikan pemahaman, kesadaran, dan penghargaan yang lebih besar di antara manusia untuk kebutuhan hewan yang sangat istimewa ini.