Antara 1998 dan 2009 Toyota memiliki dua model mobil terlarisnya, Camry. Ada Toyota Camry standar dan Toyota Camry Solara, juga dikenal sebagai Toyota Solara.

Sementara kedua mobil ini memiliki fitur yang serupa, ada juga beberapa perbedaan yang mencolok. Artikel ini akan membahas sejarah Solara dan bagaimana hal itu berbeda dari Toyota Camry. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Toyota Solara Awal

Toyota mulai memproduksi Toyota Solara pada tahun 1998 sebagai versi Camry dua pintu dan sporty. Toyota Solara adalah pengganti Toyota Camry Coupe. Toyota menciptakan Toyota Camry Coupe empat tahun sebelumnya, untuk memberikan opsi sporty bagi orang-orang yang mempertimbangkan membeli Camry. Kompetisi utamanya adalah Honda Accord Coupe, mobil menengah dengan fitur sporty.

Sebagai pengganti Camry Coupe, Solara menampilkan mesin empat silinder dengan kekuatan yang sedikit lebih besar daripada mesin Camry standar. Model ini juga menampilkan stereo yang ditingkatkan serta opsi olahraga. Beberapa tahun setelah pengenalan, Toyota menambahkan Solara konversi ke jajaran mobil menengah.

Kinerja Toyota Solara

Sebagaimana dicatat sebelumnya, Toyota Solara memiliki kekuatan yang sedikit lebih besar daripada Camry. Toyota juga menawarkan opsi V-6 pada tahun 2002 untuk kinerja yang lebih baik. Dalam hal jarak tempuh gas, Solara mendapatkan antara 19-23 mil per galon untuk mengemudi di kota dan 26-33 mil per galon untuk mengemudi di jalan raya.

Sebagai perbandingan, Toyota Camry terbaru mendapat jarak tempuh yang sama. Ia mendapat 22 mil per galon untuk mengemudi kota dan 33 mil per galon untuk mengemudi jalan raya.

Eksterior Toyota Solara

Perbedaan paling mencolok antara Solara dan Camry adalah eksteriornya. Solara adalah mobil dua pintu sedangkan Camry adalah mobil empat pintu. Solara juga menampilkan pilihan trim yang lebih sporty. Solara juga memiliki tampilan yang lebih ramping ke bagian luarnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya Solara juga memiliki opsi konversi. Konvertibles biasanya memiliki mesin V-6 di dalamnya.

Fitur tambahan

Dengan Toyota Solara Anda juga bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan. Pilihan termasuk suspensi sport dan ban kinerja, jok kulit, serta CD changer enam cakram. Anda juga bisa mendapatkan roda aluminium 16 inci.

Kemudian model Solara, fitur konektivitas Bluetooth, radio satelit, sistem navigasi dan dukungan MP3.

Toyota Solara Dihentikan

Meskipun memiliki gaya yang unik, Toyota memutuskan untuk menghentikan Solara dari jajaran Camry-nya pada tahun 2009. Hal ini karena penjualan menurun selama bertahun-tahun. Tidak banyak permintaan untuk mobil berukuran sedang dengan opsi konversi.