Casablanca memiliki semuanya: kisah cinta yang menyentuh; kesenian yang menakjubkan; dan karakter yang menawan. Ini adalah film klasik yang ditonton jutaan orang lagi dan lagi. Namun, tahukah Anda bahwa Casablanca juga merupakan contoh Perjalanan Pahlawan Joseph Campbell? Inilah cara mengubah film menjadi alat yang berguna untuk mengajarkan Journey Pahlawan.

Pahlawan di Casablanca melakukan pencarian pertumbuhan dan perkembangan pribadi. Rick telah tersesat, termakan oleh kepahitan dan kerinduan. Ketika dia menemukan bahwa dia dapat memiliki apa yang sudah lama diinginkannya, dia memberikan semuanya karena suatu sebab dan, dengan demikian, menemukan jalannya lagi. Namun, ketika cerita dianalisis dari sudut pandang Perjalanan Pahlawan, pertama kali diidentifikasi oleh Joseph Campbell, itu jelas berisi masing-masing dari dua belas tahapan dalam Monomyth.

Belajar tentang Perjalanan Pahlawan bukanlah hal yang mudah, dan memecah kuliah dan membaca di kelas dapat berdampak besar pada cara siswa menginternalisasi dan memahami pelajaran. Sebelum Anda menunjukkan siswa Casablanca, jelaskan kepada mereka konsep Perjalanan Pahlawan. Berikan mereka lembar kerja yang dapat mereka selesaikan selama jeda yang dijadwalkan dalam film.

Ketika mendiskusikan Perjalanan Pahlawan dengan kelas Anda, cukup pindahkan dua belas tahap konsep tersebut, sambil mencatat bahwa kadang-kadang, seperti di Casablanca, langkah-langkahnya dapat tampak tidak teratur. Hal pertama yang harus ditetapkan adalah ringkasan singkat dari Perjalanan Pahlawan yang ditampilkan dalam film. Siapa pahlawannya? Apa yang terjadi padanya? Salah satu jawabannya adalah bahwa Rick berkembang dari sinisme yang berpusat pada diri sendiri menjadi individu yang peduli, mampu mengorbankan kehidupan dengan wanita yang dicintainya untuk kebaikan yang lebih besar dari fasisme yang berlawanan.

Bekerja secara individu, berpasangan, atau sebagai kelas, menggambarkan tindakan dalam film yang mungkin mewujudkan dua belas tahapan Perjalanan Pahlawan. Ingat, beberapa karakter, seperti Laszlo, dapat memiliki lebih dari satu fungsi dalam cerita dan satu atau lebih dari tahapan atau arketipe (seperti Trickster) dapat dilewati atau digabungkan. Buat daftar karakter untuk mengidentifikasi arketipe Perjalanan Pahlawan yang muncul dalam film dan, untuk masing-masing, jelaskan fungsi yang dilakukannya dalam menceritakan kisah film.

Casablanca adalah film khusus yang, dengan sedikit perencanaan, dapat digunakan untuk mengajar siswa tentang Perjalanan Pahlawan. Memberikan siswa kemampuan untuk mengenali arketipe ini, dan melatih mereka untuk menerapkannya dalam keadaan yang berbeda, adalah pelajaran yang kuat dan yang akan mereka gunakan untuk tahun-tahun mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here