Selama lima tahun terakhir tampaknya perusahaan-perusahaan yang membuat sedan menengah sedang berlomba ke puncak. Setiap tahun satu merek tampaknya melompat-katak yang lain dalam kompetisi untuk membangun mobil dengan harga terjangkau yang terlihat dan terasa seperti entri premium dari BMW atau Lexus. Eskalasi terbaru dari konflik ini mengambil bentuk sedan Mazda 6 2014. Sementara Mazda 6 telah ada sejak tahun 2004, generasi terakhir tidak terdeteksi oleh sebagian besar pembeli. Dengan gaya yang radikal dan sporty dan kualitas yang mengesankan, Mazda ini mungkin akan kecewa dengan status quo di segmen seperti Mazda 3 untuk compacts 10 tahun yang lalu.

Di bagian dalam Mazda 6 memiliki tampilan jerman tentang itu yang merupakan tren umum di sedan menengah. Apa yang istimewa tentang interior ini adalah bahan yang sebanding dalam penampilan dan nuansa BMW seri 3. Segala sesuatu mulai dari gagang pintu, hingga padding dasbor, setir dan shifter terasa kokoh dan dibuat dengan baik. Infotainment dan navigasi dikendalikan dengan roda di belakang shifter, mirip dengan iDrive BMW. Serta tampak mahal sistem infotainment dilengkapi dengan baik, bahkan pada model dasar. Semua model memiliki streaming audio bluetooth dan antarmuka USB. Kontrol iklim zona ganda ditawarkan pada sebagian besar model yang merupakan fitur sambutan. Secara keseluruhan Mazda 6 memiliki interior paling bagus dari sedan menengah yang dijual hari ini.

Di jalan, Mazda 6 sedikit menderita kurang dari mesin 189hp 4 silinder yang bertenaga. Sementara mobil dapat berakselerasi cukup cepat untuk mengemudi sehari-hari, ia tidak memiliki pukulan ekstra untuk menyamai gaya sporty mobil tersebut. Transmisinya sangat bagus dan bergeser dengan cepat dan lancar.

Perjalanan mobil ini kokoh tetapi masih sangat nyaman dalam tradisi sedan sport terbaik. Apa yang datang sebagai kekecewaan dengan Mazda 6 adalah kemudi. Rasanya lebih seperti sesuatu dari saingannya yang jauh lebih stodgier seperti Toyota Camry. Sementara sudut-sudut mobil sangat baik itu tidak memiliki nuansa kemudi dan tidak terasa responsif. Itu akan mengecewakan mobil apa pun, tetapi lebih buruk dengan Mazda 6 karena harapan kami sangat tinggi.

Intinya: Interior yang indah dan gaya ekspresif semuanya dengan harga yang wajar. Ini sedekat mungkin dengan kualitas sedan sport premium sebagai segmen menengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here