Semua penggemar Porsche, dan kebanyakan penggemar mobil, akrab dengan mobil-mobil yang menggunakan nama Porsche. Tidak begitu akrab, bagaimanapun, adalah desain non-otomatis dari Dr. Ing. HCF Porsche KG – platform senjata dan tank Perang Dunia I dan II, unit mesin diesel stasioner, dan kendaraan jip-tipe (Jeep, Kubelwagen dan Land-Rover) off-road.

Pada tahun 1953, salah satu kepala desainer Porsche, Franz Xavier Reimspiess, mulai mengerjakan mobil four-wheel-drive yang diberi nomor rekayasa Porsche 597. Jagdwagen (yang secara kasar diterjemahkan sebagai mobil berburu) melakukan debutnya di Pameran mobil Jenewa pada Maret 1955. Porsche 597 diciptakan untuk mudah-mudahan mendapatkan kontrak militer dari tentara Jerman sepanjang Goliath Type 31 dan DKW Munga yang dibangun secara Auto Union, sekarang menjadi mitra penuh NATO dan memiliki kewajiban pertahanan Eropa. Biaya Produksi Porsche 597, bagaimanapun, terlalu tinggi dan Porsche tidak dapat dengan mudah menyediakan jumlah unit yang dibutuhkan dalam waktu yang diusulkan.

Porsche memasuki ring dengan apa yang hari ini tampak seperti proyek yang tidak biasa bagi Porsche untuk terlibat, tetapi ini akan menjadi salah satu proyek besar pertama yang ditugaskan untuk Porsche Ferry muda oleh ayahnya. Desainnya adalah dari mobil jeep tipe WW II Jerman, Tipe 82 Kuebelwagen. Berdasarkan VW running gear awal, kendaraan ini dikembangkan lebih lanjut menjadi VW Schwimmwagen amfibi (Mobil Berenang). Kedua kendaraan sangat sukses, dan mereka semakin intensif menggunakan WW II.

Kemiripan Porsche 597 Jagdwagen dapat diidentifikasi baik untuk Tipe 82 Kubelwagen dari WW II, dan Volkswagen Thing. Bukan keduanya, tetapi ada kesamaan.

Badan prototipe itu diproduksi di Stuttgart Body Works milik Porsche sendiri dengan versi yang lebih baru yang berasal dari Karmann coachworks. Cangkang itu tidak memiliki pintu dan kusen tinggi, penumpang harus memanjat mereka untuk masuk dan keluar dari kendaraan. The 597 secara visual mirip dengan Kuebelwagen sebelumnya, dan tubuh terbuat dari baja dicap dengan embossing berat untuk kekakuan ekstra, radio, lampu, dan peralatan militer lainnya yang didukung oleh dua baterai 12-volt dan dinamo. Fakta yang sedikit diketahui tentang 597 adalah bahwa empat mobil pertama sepenuhnya amfibi, lengkap dengan baling-baling lipat seperti WW II Schwimmwagen. Pesawat 597 ini berada di sana sebelum satu-satunya Porsche yang datang dari pabrik dengan dayung dayung sebagai aksesori asli! Mobil-mobil yang tersisa tidak amfibi, tetapi bisa mengarungi air dalam menggunakan peralatan khusus.

Suspensi dari 597 adalah kontemporer untuk VW dan Porsche waktu itu, dimodifikasi sesuai dengan tujuan kendaraan. Trailing arms dengan batang torsi transversal digunakan di depan, dengan diferensial dan setengah poros yang dipasang sasis (dengan empat sambungan universal) untuk menggerakkan roda depan. Mesin belakang / transaxle adalah sistem Porsche 356 yang akrab, tetapi dengan hub reduksi pada ujung gandar luar yaitu VW Kombi, yang menyediakan ground clearance tambahan yang diperlukan

Tenaga untuk Jagdwagen berasal dari mesin 356A yang diputus menghasilkan 55 hp dengan perpindahan 1488cc (pada akhir 1955 ditingkatkan menjadi 1582 cc) yang terletak di bagian belakang mobil. Bersama dengan berat kendaraan 990 kilogram, kecepatan maksimum sekitar 100 kilometer per jam dapat dicapai. Transmisinya adalah gear box manual 5-percepatan. Tidak seperti Kubelwagen, pengemudi dapat menggunakan atau melepaskan kemudi depan Jagdwagen dengan cepat dari kursi pengemudi, melalui "dog-clutch" di bagian depan pada driveshaft. Dengan jarak sumbu roda pendek 2.060 mm, kendaraan ini memiliki kemampuan untuk memanjat tingkat curam hingga 65%. Namun, suspensi Fagdwagen sangat kuat, dan hanya ada sedikit kenyamanan yang bisa ditemukan, kecuali untuk bagian atas lipat yang sederhana.

Meskipun Porsche telah merancang kendaraan militer manusia, ini adalah pertama kalinya perusahaan itu juga siap untuk membangun desainnya sendiri untuk kendaraan militer.

Porsche mencoba memulihkan sebagian besar investasinya di dalam mobil dengan menawarkan Jagdwagen ke publik. Tidak ada mobil lain seperti ini yang dijual di mana saja di Eropa, sehingga tidak ada basis pelanggan nyata untuk beriklan. Produksi 597 secara diam-diam berakhir pada tahun 1958 setelah hanya 71 unit yang diproduksi. Hari ini terlihat seperti tragedi besar bahwa setidaknya beberapa Jagdwages tidak dibuat, karena jika ada mobil yang dapat menggambarkan betapa beraneka ragamnya perusahaan Porsche, maka mobil itu mungkin menjadi tipe 597 Jagdwagen.

Jika 597 kecil yang kasar telah masuk ke produksi skala besar, perusahaan Porsche mungkin juga dikenal hari ini karena kendaraan off-road-nya seperti halnya mobil-mobil sportnya! Produksi dimulai pada tahun 1954 dan berakhir pada tahun 1958, dan ironisnya mobil-mobil ini dibangun … dari semua tempat … di toko balap bersama dengan 356 GT & 550 yang ditakdirkan untuk racetracks dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here