Pada tahun 1998 Porsche merilis model 996, yang merupakan perubahan monumental dalam seri 911 Carrera legendaris mereka, mereka beralih dari mesin berpendingin udara ke mesin berpendingin air. Perubahan ini serta desainnya yang berbeda mungkin adalah mengapa Porsche 996 dianggap hari ini sebagai salah satu generasi yang paling tidak dicintai hingga saat ini, sebagaimana tercermin dalam nilai jual kembali saat ini.

Porsche terpaksa beralih dari mesin 6 silinder mereka yang berpendingin udara (horizontal versus) yang berpendingin udara ke versi water-cooled karena pembatasan kebisingan yang lebih ketat (terutama di Eropa) dan masalah lingkungan. Tidak hanya di mana pembatasan pemerintah menekan Porsche untuk membuat perubahan, tetapi mereka juga memukul langit-langit tenaga kuda di mesin berpendingin udara mereka.

Desain Porsche 911 yang seluruhnya baru datang dari desainer Harm Lagaay. Desain mendorong 911 baru menuju tampilan yang lebih aerodinamis dengan kaca depan yang lebih miring. Dengan desain yang membelok dari generasi sebelumnya dan berubah menjadi sumber daya legendaris yang membuat penggemar Porsche ini kesal kemana-mana. Terlalu banyak perubahan dalam waktu yang terlalu singkat. Porsche 996 sangat mempengaruhi basis penggemar sehingga generasi 911 yang dirilis berikutnya, 997, kembali dalam styling ke yang sebelumnya sambil mempertahankan perubahan pembangkit listrik yang diperlukan.

Porsche 996 baru dirilis pada tahun 1998 dengan mesin 3,4 liter berpendingin air 6 silinder datar yang menghasilkan 296hp mampu mendorong 911 baru 0-60 dalam 5,1 detik. Pembangkit listrik berpendingin air pertama mereka diketahui memiliki beberapa masalah, begitu banyak sehingga pada tahun 2002 (tersedia pada tahun 2001 di 9114S) mereka mengubahnya menjadi 3,6 liter yang meningkatkan keandalannya. Porsche flat 6 bermesin 3,6 liter adalah yang menggerakkan Porsche 993, yang bagi sebagian besar penggemar 'mewakili salah satu Porsche berpendingin udara paling diinginkan yang pernah dibuat. Meskipun ini adalah versi water-cooled meningkatkan daya tarik 996 ke basis penggemar Porsche dan meningkatkan kekuatannya menjadi 320hp dan 0-60 hingga 4,9 detik.

Porsche 996 masih berjuang untuk memenangkan hati penggemar hari ini menciptakan salah satu dari 911 penawaran yang tersedia di pasaran saat ini. Harga pada model awal dengan 3,4 liter jelas ternoda karena masalah yang diketahui, sementara model 3,6 liter memiliki harga yang agak lebih kuat, dibandingkan model sebelumnya, 996 adalah harga murah.

Pada tahun 2000 Porsche merilis edisi baru semua wheel drive Turbo dari 996, yang meningkatkan daya hingga 420hp, 0-60 hingga 4,2 detik dan dipuji oleh pers otomotif sebagai kemenangan rekayasa. Bahkan Porsche 911 Turbo baru saat ini mewakili generasi termurah yang tersedia di pasar.

Jadi apa yang bisa kita ambil dari diskusi ini? Akankah Porsche 996 diproduksi dari 1998-2005 tetap dikucilkan atau akhirnya mendapatkan kekaguman penggemar. Hingga kemudian model ini mewakili cara murah untuk mengalami rekayasa Porsche 911 Carrera yang legendaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here