Nissan Skyline R34 GT-R adalah yang terakhir dari Skylines yang menampilkan mesin turbo kembar RB26 yang sekarang terkenal. Terakhir diproduksi pada tahun 2002, R34 GT-R memiliki beberapa varian, mulai dari basis R34 hingga M-Spec Nur, yang merupakan produksi R34 paling langka yang dibuat. Ada juga R34 Z-Tune, tetapi hanya 19 yang dibuat dan tidak mungkin membeli Nissan Skyline R34 bekas dari varian ini. Meskipun tren mobil umumnya tumbuh lebih besar dengan setiap generasi, R34 sebenarnya lebih pendek daripada R33. Perubahan ini dilakukan setelah keluhan dari penggemar Skyline bahwa R33 menjadi terlalu besar dibandingkan dengan R32.

Berbagai peruntukan model R34 menandakan perbaikan terus menerus di garis, yang pada kenyataannya berarti bahwa suspensi menjadi kaku dan mesin disetel untuk output potensial yang lebih tinggi. Potensi karena peraturan Jepang memaksa Nissan membatasi output hingga di bawah 300 daya kuda. Pada saat R34 datang, tuner dan penggemar sangat menyadari potensi tuning RB26DETT, dan 450 hp dapat diekstrak secara andal dari mesin ini hanya menggunakan turbocharger standar.

Orang yang ingin membeli Nissan Skyline R34 GT-R yang digunakan akan ingin berakhir dengan V-Spec II Nur atau M-Spec Nur. Varian ini adalah yang terakhir dari jalur produksi pada tahun 2002, dengan hanya 750 V-Spec II dan 250 (beberapa angka mengatakan 233) M-Spec Nurs yang dibuat. Versi Nur adalah untuk memperingati fakta bahwa Skyline R34 memiliki waktu tercepat kemudian di Nurburgring, yang dikenal sebagai tempat bermain Porsche dan pembuat mobil Jerman lainnya seperti BMW dan Mercedes.

Nur Skylines memiliki mesin N1-spec, yang RB26DETTs dengan internal yang diperkuat dan modifikasi lain untuk mengatasi aplikasi motorsport. Tapi dari sini, varian V-Spec dan M-Spec berbeda secara signifikan. Sementara V-Spec Skylines menerima suspensi yang lebih keras, M-Spec menerima peredam kejut kontrol ekslusif. Ini dicocokkan dengan pengaturan pegas dan goyang yang direvisi untuk memberikan penangguhan yang lebih sesuai. Alasan Chief Engineer Mizuno (dari siapa nama M-Spec dilaporkan berasal) adalah bahwa V-Spec telah menjadi terlalu hardcore untuk digunakan untuk jalan-jalan dunia nyata. Ini dilakukan dengan sangat baik di trek, di mana permukaan halus diharapkan. Tetapi menggunakan V-Spec di jalan bergunung-gunung atau bergelombang menyebabkan hilangnya kontrol dari suspensi yang kaku dan berorientasi pada ras. M-Spec memperkenalkan kepatuhan lebih tanpa kehilangan nyata dalam performa kecepatan tinggi. Ini membuat performa Skyline semakin mudah diakses oleh pengemudi yang kurang terampil dan memungkinkan tur yang nyaman, menghilangkan perjalanan yang keras yang diharapkan dari Skyline GT-Rs hingga saat itu. Dan tidak seperti GT-R sebelumnya, M-Spec memiliki kursi kulit yang dipanaskan dan beberapa jahitan emas mewah di gearknob. Ini akan menyinggung para penggemar hardcore tetapi itu juga menandakan arah Nissan untuk GT-R, di mana generasi R35 berikutnya menawarkan kinerja pembunuhan yang lebih besar tetapi pada saat yang sama memungkinkan kenyamanan dan tingkat kemewahan dalam berkendara sehari-hari. situasi. Penggemar yang ingin membeli Nissan Skyline R34 bekas harus mempertimbangkan variasi ini sehingga penggunaannya untuk mobil sesuai dengan harapan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here