The 2011 Jaguar XJ adalah turunan terbaru dari Jaguar's top of theline touring saloon dan baru-baru ini saya diberi kesempatan luar biasa untuk menguji jalan salah satu kucing sensasional ini oleh Jaguar of Harrisburg, yang terletak di Harrisburg, Pennsylvania. Ketika saya mengatakan bahwa saya "menguji jalan" mobil, saya ingin menjadi jelas bahwa itu benar-benar test drive di jalan umum dan bahwa semua data kinerja, untuk sebagian besar, telah dipasok oleh pabrikan atau sumber terpercaya lainnya.

XJ terbaru adalah mobil yang memiliki banyak hal untuk dijalani, karena XJ original pertama kali masuk layanan pada tahun 1968 sebagai Seri 1 XJ6 yang didukung oleh mesin XK legendaris dan 4.2 liter perpindahan. Menghasilkan 245hp pada 5500rpm, Seri 1 XJ6 yang dipasok dengan transmisi otomatis mampu berlari hingga 60mph dalam 10,1 detik dan mencapai sekitar 120mph. Kenyataan bahwa banyak peralatan lari yang dibawa dari Mark X saloon yang besar berarti bahwa sedikit yang berubah untuk sedan terbaru Jaguar dalam hal aspek teknis dari Mark X yang akan menggantikannya.

Sepanjang tahun 1970-an dan hingga 1980-an, XJ terus berevolusi, hingga akhirnya mencapai titik terminal dalam desain selama pertengahan 1980-an yang kemudian melihat perbaikan kosmetik besar pertama dalam hampir 20 tahun. Secara teknis, XJ juga berevolusi, dalam hal itu mesin XK yang dimuliakan memberi jalan kepada seri baru AJ6 inline mesin enam silinder. Rangkaian baru dari XJ saloons ini dikenal sebagai seri XJ40, dan meskipun lebih baik dalam hal aerodinamis dan gaya dan kinerja secara keseluruhan daripada Seri 3 yang diganti yang diganti, seri XJ40 mobil diganggu oleh sistem tingkat perjalanan hidrolik yang rumit dan Kondisi Kendaraan Sistem pemantauan yang ditetapkan untuk menunjukkan gagal lampu dan memakai pad rem.

Kedatangan tahun 1995 dari mobil seri X300 merupakan pemandangan yang sangat disambut, lengkap dengan jajaran baru lainnya dari mesin enam silinder, yang dikenal secara internal sebagai AJ16, dan menggantikan 3,6 liter dan 4,0 liter. Gaya yang sedikit lebih tradisional dan melihat kembali ke empat lampu depan independen dan topi terbalik. Seri X300 adalah sukses penjualan besar untuk Jaguar, yang terus meningkatkan kualitas membangun setelah menderita selama beberapa tahun selama periode produksi XJ40. Kinerja ditingkatkan juga dengan seri ini, sebagai 0-60 dalam XJ6 4,0 liter dengan transmisi otomatis hanya membutuhkan 7,8 detik untuk mencapai.

Sejalan dengan mobil seri X300 1995-1997, Jaguar memutuskan untuk mencoba sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya atas nama kinerja yang lebih besar, dan itu adalah menambahkan supercharger ke mesin AJ16, fitur yang terus ditawarkan kepada Hari ini. Dengan membenamkan pada supercharger Eaton M90 dan intercooler udara ke air, tenaga pada AJ16 enam silinder naik menjadi 321bhp yang sehat, dan torsi naik juga hingga kekalahan 378 pound feet yang membutuhkan penukaran ke transmisi GM 4L80E untuk menangani putaran yang menuju poros belakang.

Pada akhir tahun 1997, XJ8 yang baru datang dengan mesin V8 4,0 liter dohc yang memompa 290bhp yang bagus dalam varian yang disedot secara alami, dan 370bhp yang lebih manis dalam mobil yang dilengkapi dengan mesin supercharged. Dikenal secara internal sebagai X308, XJ8 mengatur panggung untuk hari ini & # 39; s Jaguars dengan menjadi yang pertama untuk mengemas otot V8 untuk pembangkit listrik, serta sistem suspensi peredaman adaptif Jaguar sendiri, yang kemudian dikenal sebagai CATS.

X350, yang menggantikan X308, adalah mobil batu untuk perusahaan ketika memulai debutnya sebagai model tahun 2004 karena itu adalah pertama-tama semua model bertubuh aluminium, karena mobil itu benar-benar bertujuan untuk mengambil yang terbaik dari rival kontemporernya dari Jerman. Untuk menangani produksi bodi aluminium, manufaktur digeser keluar dari Coventry dan ke Castle Bromwich. Mobil mempertahankan konfigurasi mesin V8 pendahulunya, tetapi pabrik itu keluar hingga 4,2 liter. Di beberapa pasar, moniker XJ6 melihat pengembalian singkat dengan seri mobil ini, meskipun sebagai V6 bukan konfigurasi enam silinder inline yang lebih tradisional. 2007 melihat kedatangan varian wajah hidup, yang dikenal di dalam karya sebagai X358, meskipun sebagian besar perubahan dalam bentuk estetika. X358 memberi jalan kepada XJ saat ini pada tahun 2009, yang dikenal sebagai X351.

Ini membawa kita ke versi yang berpartisipasi dalam tes jalan terakhir kami, XJ 2011, lebih tepatnya XJ Supercharged. Mobil baru meningkatkan segudang perubahan saat desainer Ian Callum menetapkan kursus untuk mengambil variasi terbaru XJ klasik di jalur yang menyimpang dari semua garis desain XJ sebelumnya. Hasilnya tampak cukup memukau.

Mulai dari hidung kucing baru, tim desain membuat grille yang lebih bundar ditata dalam kawat, yang kemudian mengapung lencana Jaguar klasik dengan logo "Growler" di tengah bidang mesh. Lampu depan gaya Raptor menambah kesan rendah, mengancam seperti ketika dilihat dari depan dan dari sana mobil mengambil bentuk yang agak cair, semua sambil mempertahankan tampilan rendah dan ramping. XJ terbaru dilengkapi dengan dua atap matahari, depan dan belakang, bukaan depan dan memberikan panorama langit, sementara bagian belakang tetap diperbaiki. C-Pillar yang dihitamkan menambahkan sedikit intrik pada desain juga, dan lampu belakang belakang dikandung sebagai "cakar kucing" dalam LED.

Begitu berada di dalam sedan besar dan Anda segera merasa berada di kokpit yang nyaman yang telah dikenal Jaguar untuk disediakan. Panjang mobil, sekali di belakang tiga berbicara, roda kemudi dalam dibungkus kayu dan kulit, mobil tampak menyusut dan Anda disajikan dengan perasaan mengendarai kendaraan setengah ukuran XJ. Kursi-kursi terbuat dari kulit kelas lunak Italia. Mobil uji kami memakai kulit kencang mete yang dekat dengan warna cokelat muda. Dasbornya langsung dan jelas untuk dilihat, dengan alat pengukur menjadi layar LCD. Warna dasbor adalah cokelat cacat yang dikenal sebagai Truffle, dan mengimbangi kursi berwarna Mete dengan baik. Catatan lain yang menarik dengan dua kursi depan adalah opsi pijat yang dapat dipilih pada tampilan informasi. Pilihan ini bisa bermanfaat ketika dalam perjalanan ke atau dari hari lintasan kinerja tinggi. Fitur yang menonjol di dasbor yang menarik perhatian adalah ventilasi gaya jet yang memungkinkan Anda untuk mengarahkan ventilasi seperti cara pemecahan masalah rute jet, dan tampilan informasi yang menyimpan semua data pada subjek seperti peralatan audio dan tuning, kontrol suhu, navigasi, dan banyak lagi lebih. Tidak disebutkan tentang interior Jaguar akan lengkap tanpa menyebutkan bahan serat kayu yang indah yang ditemukan melalui kelimpahan belaka.

Kursi belakang menawarkan banyak ruang, karena penulis tidak memiliki masalah pada masuknya dan keluar dari kompartemen penumpang belakang dengan bingkai enam kakinya. Ruang kepala sangat bagus baik di depan maupun di belakang, dan kaca belakang belakang dilengkapi dengan tirai untuk membantu menjaga agar matahari tetap minimum. XJ 2011 menggunakan sistem kontrol iklim empat arah, membantu menjaga setiap penghuni di setiap kuadran interior dalam suasana yang nyaman. Model uji kami datang dengan 1200 watt, 20 speaker, Bower & Wilkens sound system, yang berarti XJ memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu gedung konser yang sangat cepat di atas roda. Ruang boot lebih dari cukup, dan manfaat lantai boot adalah ruang penghemat ruang yang terletak di sebelah baterai mobil.

Dalam hal propulsi, XJ 2011 ditawarkan dengan tiga konfigurasi mesin untuk menggerakkan semua mobil aluminium ke beberapa figur kinerja bintang. Basis Generasi III AJ V8 mesin dinilai pada 385hp, sedangkan mesin XJ Supercharged meningkatkan 470hp, dan dipesan lebih dahulu, dibangun untuk memesan, XJ Super Sport mill akan menyediakan 510hp santai. Semua mesin berkapasitas 5.0 liter dalam perpindahan dan didinginkan dengan cairan dohc V8s yang didukung oleh gearbox otomatis enam kecepatan ZF. XJ Supercharged yang saya kendarai dilengkapi standar dengan Kontrol Diferensial Aktif dan 20 inci paduan Kasuga dibungkus dalam karet olahraga terbaru untuk membantu dalam memanfaatkan penuh semua 470 kuda poni.

Seperti banyak mobil saat ini, tidak ada kunci yang digunakan, hanya fob sederhana yang melakukan fungsi yang sama sebagai kunci tetapi secara elektronik. Berjalan ke XJ Supercharged dan cukup buka pintunya, karena mobil mengenali fob dan tahu untuk membuka kunci pintu tanpa mengganggu Anda untuk menekan tombol. Setelah diikat, Anda cukup menggunakan rem kaki dan tekan tombol start / stop yang terletak di dasbor di sebelah kanan setir. Beberapa detik kemudian dan benjolan 5,0 liter yang bagus itu dipicu dengan nada rendah yang manis yang hanya cukup dalam untuk memberi tahu Anda bahwa memang ada V8 di bawah kap mesin saat tombol pemilih gigi yang dipasang di konsol naik ke menyapamu. Di bagian atas dial pemilih gigi ada huruf PRNDS. Putar dial dan lampu merah akan menyala di bawah huruf yang tepat untuk memberi tahu Anda seleksi mana yang telah dibuat. Pilih R dan layar informasi beralih ke kamera cadangan yang memungkinkan Anda melihat langsung di belakang kendaraan. Ini, bersama dengan cermin samping, sebenarnya cukup bagus untuk digunakan saat membalik, karena mobil saat ini memiliki visibilitas terbatas ke bagian belakang.

Dalam berkendara rutin, catatan mesin hanya cukup untuk memberi tahu Anda bahwa memang ada pabrik yang kuat di bawah kap mesin, tetapi mulai bermain dengan shifter dayung dan Anda benar-benar mulai merasa seperti Anda berada di balik kemudi. mobil yang sangat disetel. Apa yang baik dengan XJ Supercharged adalah bahwa Anda dapat mengambil shift atau shift ke bawah pada saat tertentu menggunakan shifter dayung saat mengoperasikan mobil dalam mode D atau S. Memilih mode S hanya menambahkan sedikit nuansa olahraga ke atas shift, semua dengan transmisi ZF terus bergeser sendiri atau, seperti pada D, Anda dapat memilih gigi kapan saja dengan dayung.

Meninggalkan dealer, drive saya membawa saya ke Interstate utama di sekitar ibu kota Central Pennsylvania, Harrisburg. Cruising di jalan raya Interstate adalah sesuatu yang XJ Supercharged lakukan dengan mudah. Masukan throttle ringan dan mobil menyerap ketidakberesan di permukaan jalan dengan sedikit atau tidak ada gangguan pada penghuni. Monocoque aluminium Caviar Red Metallic diisolasi cukup baik, meskipun beberapa kebisingan jalan dari radial olahraga besar 20 inci sudah dipastikan, tetapi tidak seperti pada beberapa saloon sport modern lainnya yang menggunakan kombinasi roda dan ban yang sama.

Setelah menyeberang dan ke barat Sungai Susquehanna, saya berhasil keluar dari jalan raya dan menemukan beberapa jalan belakang yang cocok yang menawarkan lekukan bagus dan volume lalu lintas yang rendah untuk mengeksplorasi atribut olahraga XJ yang baru. Tombol di bawah tombol pemilih roda gigi adalah untuk mode musim dingin, kontrol stabilitas traksi, pembatas kecepatan otomatis, dan mode dinamis. Dua yang terakhir mungkin yang paling penting, karena menekan tombol pembatas kecepatan otomatis akan memungkinkan Anda untuk menetapkan batas kecepatan yang ditentukan sebelumnya, sehingga membantu di luar kendali kaki kanan menghindari intervensi penegakan hukum. Sedangkan kutub kebalikannya adalah tombol mode dinamis, yang membutuhkan XJ Supercharged untuk berada di taman agar bisa dipilih. Setelah dipilih; catatan mesin sedikit berubah, suspensi perusahaan naik, pengukur menggambarkan diri mereka dengan cahaya merah, dan ada tarikan yang bagus di sabuk pengikat seolah-olah memberi tahu Anda bahwa Anda siap untuk lepas landas.

Memilih mode dinamis benar-benar mengubah XJ Supercharged dari mobil mewah berkualitas sangat tinggi yang cukup puas dengan gaya keluyuran yang santai dalam gaya, ke seluruh pasukan super Inggris yang siap untuk mengambil yang terbaik yang ditawarkan dunia dalam hal kinerja sudut ukiran saloons. Akselerasi menjadi lebih jelas, penggunaan shifter dayung menjadi kebutuhan, dan roda 20 inci dan ban benar-benar mulai berbicara di sudut-sudut semua jenis. Menempatkan XJ Supercharged di gigi pertama dalam mode dinamis dan menggerakkan kaki kanan Anda ke lantai mirip dengan mengendarai gelombang gaya tsunami dari tenaga kuda dan torsi. Gear pertama kalah seketika dan suara Gen III AJ V8 pada 6.000 rpm adalah salah satu yang memungkinkan pengemudi tahu dengan sedikit keraguan bahwa pergeseran perlu terjadi sebelum hal-hal menjadi tersebar. Suara V8 disuntikkan langsung hanya luar biasa, dan bahkan lebih pada overrun ketika turun bergeser saat Anda mendengar burble yang berbeda dan kadang-kadang pop atau dua berasal dari knalpot. Meskipun peralatan waktu yang memadai tidak hadir, banyak yang berbicara tentang ranah kasar 5 detik untuk berakselerasi dari 0-60mph tampaknya cukup relevan dengan jalan tengah XJ Supercharged.

Tidak seperti beberapa gearbox sekuensial bergeser secara elektronik, kotak ZF dalam XJ adalah salah satu yang lebih baik, terutama dalam mode dinamis di mana pergeseran hampir seketika, dan downshifts dicocokkan cukup baik dengan tranny otomatis memadamkan throttle untuk mendapatkan revs tepat. Di bawah normal dan sport mode mengemudi ada, kadang-kadang, perasaan lunging saat turun bergeser, baik ketika menggunakan dayung dan ketika membiarkan kotak untuk memilih roda gigi. Ini sebenarnya bukan masalah, hanya sesuatu yang terlihat dari waktu ke waktu.

Pengereman dan kemudi keduanya sangat baik, sebenarnya pengereman mungkin sedikit di atas, karena pedal rem hanya membutuhkan sentuhan ringan untuk benar-benar menyeret sedan ringan ke dalam sekejap. Kemudi sangat seimbang, dengan upaya kemudi selalu ditimbang lebih dalam olahraga, dan tidak pernah menyala seperti yang Anda harapkan dalam mobil mewah besar. Baik kemudi dan rem yang luar biasa sangat membantu penyelamat besar tetap seimbang dalam semua mode operasi pada setiap jenis jalan berkelok-kelok, karena XJ selalu merasa tenang dan sangat seimbang, bahkan ketika ban mulai berdecit keras menikung .

Dengan tes selesai, Jaguar XJ Supercharged dengan anggun kembali ke Jaguar of Harrisburg di mana ia akan terus sebagai demonstran dealer hingga digantikan oleh model 2012. Dengan harga $ 87.525, XJ Supercharged baru tidak akan menjadi mobil yang sesuai dengan anggaran setiap penggila. Namun, itu adalah mobil yang berdiri tegak untuk Sir William Lyons & # 39; etos "Rahmat, Ruang, dan Pace." The 2011 XJ Supercharged juga berfungsi sebagai kendaraan yang sempurna untuk melanjutkan warisan Jaguar dari memproduksi saloons olahraga terbaik di planet ini dan membawa XJ moniker dengan bangga selama 40 tahun setelah pertama kali terungkap.