Ford Pinto adalah mobil subkompak domestik pertama Ford. Itu dipasarkan pada tahun 1970 dengan pesaing menjadi AMC GREMLIN, Chevrolet Vega dan impor dari Volkswagen, Datsun dan Toyota. Ini adalah mobil yang sangat populer dengan 100.000 unit yang dikirimkan pada Januari 1971. Versi yang diproduksi di bawah nama Lincoln Mercury disebut Bobcat.

Pinto menggunakan powertrains yang terbukti di Eropa, tetapi Vega memiliki mesin aluminium inovatif yang menyebabkan masalah. Desain Robert Eidschun tentang eksterior Pinto dipilih yang tidak biasa karena kebanyakan mobil terdiri dari elemen gaya dari banyak desainer. Ford Pinto menawarkan mesin 4 inline dan bucket seat. Dan entry level Pinto adalah $ 1.850 yang menjadikannya Ford termurah sejak 1958.

Tempat duduk di Pinto rendah ke lantai dibandingkan dengan impor. Gaya tubuh adalah coupe dua pintu, sebuah hatchback disebut Runabout dan gerobak station dua pintu. A top of the line Pinto Squire memiliki sisi kayu palsu. Majalah Road & Track tidak menghentikan suspensi dan rem drum standar tetapi menyukai mesin 1,6 L Kent. Pinto tersedia dengan pilihan dua mesin dan Ford mengubah peringkat daya hampir setiap tahun. Ford Pinto Pangra adalah Pinto olahraga dimodifikasi diproduksi oleh Huntington Ford di California dan hanya 55 yang dijual pada tahun 1973.

Ford Pinto paling terkenal karena masalah desainnya yang memungkinkan tangki bahan bakar menjadi mudah rusak dalam tabrakan bagian belakang. Kebakaran dan ledakan mematikan adalah kejadian umum dalam tabrakan belakang. Pinto tidak memiliki bumper nyata atau struktur penguat antara panel belakang dan tangki bensin. Dalam beberapa tabrakan, tangki bensin akan didorong ke depan ke diferensial yang memiliki baut yang menonjol yang bisa menusuk tangki. Juga pintu-pintu bisa macet selama kecelakaan karena penguatan miskin. Hal ini menyebabkan julukan Pinto sebagai barbeque yang dapat menampung empat orang.

Memo Ford Pinto adalah analisis biaya manfaat yang diperoleh majalah Mother Jones bahwa mereka mengklaim Ford biasa membandingkan biaya perbaikan $ 11 dengan nilai moneter dari kehidupan manusia. Karakterisasi keputusan Ford ini sebagai pengabaian terhadap kehidupan manusia menyebabkan tuntutan hukum meskipun Ford dibebaskan dari tuduhan kriminal. NHTSA memutuskan pada 1974 bahwa Pinto tidak memiliki masalah yang dapat ditarik kembali, tetapi pada tahun 1978 Ford memulai penarikan kembali dengan menyediakan kit keamanan yang dapat dipasang di toko yang menempatkan bahan plastik pelindung di atas benda-benda tajam sehingga menghilangkan risiko tusukan tangki bensin.

Ford Pinto memiliki kehormatan yang meragukan berada di daftar majalah Time tentang lima puluh mobil terburuk sepanjang masa.