Honda CB-1 NC27 adalah sepeda jalanan telanjang yang diproduksi pertama kali pada tahun 1989 untuk pasar domestik Jepang Honda. Akibatnya, mesin ini memiliki perpindahan mesin 399cc yang tidak biasa, ukuran yang umumnya tidak terlihat di luar Jepang. Namun, sepeda motor ini diimpor ke AS dan Kanada, dan banyak yang mencapai pantai Inggris sebagai impor abu-abu. Kualitas unik lain dari motor jalanan Honda ini adalah bahwa motor ini dirancang untuk ramah komuter, dengan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Sementara itu dipuji oleh kritikus sepeda motor dan dicintai oleh pengendara, CB-1 NC27 tidak pernah menjadi sepopuler sepeda Honda lainnya, dan produksi berhenti pada tahun 1990.

Mesin 399cc berpendingin cairan di Honda CB-1 pasti disampaikan hingga harapan, memberikan 55bhp pada 10.000 rpm. Ini lebih dari cukup untuk mendorong 400-pon CB-1 NC27 ke kecepatan lebih dari 110 mph. Motor ini dilengkapi dengan garpu depan teleskopik 41 mm dan komponen mono-shock Pro-Link di bagian belakang. Ini bekerja sangat baik untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dengan kecepatan tinggi, sementara ban 70-17 datang dengan rem cakram untuk penanganan dan stabilitas yang lebih aman.

Pengendara juga menyukai posisi duduk rendah Honda CB-1 NC27, yang sangat mirip dengan Honda CBR600 yang lebih besar. Rasio gigi pertama dan sekunder juga lebih selaras dengan sepeda yang lebih besar, memberikan pemilik CB-1 keuntungan dalam lepas landas dari berhenti. Dilengkapi dengan gearbox balap enam kecepatan Honda yang khas, Honda CB-1 NC27 adalah perjalanan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Satu hal yang unik adalah bahwa bahkan dengan kinerja sporty, motor Honda ini memberikan angka efisiensi setinggi 50 mpg, tergantung pada kondisi berkendara. Dengan tangki bahan bakar 2,7 galon dan efisiensi yang baik, CB-1 membuat sepeda touring yang bagus.

Satu hal penting adalah bahwa Honda CB-1 juga dijual di beberapa negara dengan nama CB400F. Namun, ini adalah keputusan pemasaran di pasar ekspor tertentu untuk terhubung dengan CB400F asli (1974). Jika Anda melihat lebih dekat, sepeda CB400F 1989-90 sebenarnya identik dengan CB-1 NC27. Saat ini, hanya ada sedikit sepeda CB-1 yang tersisa dalam kondisi baik, mereka masih diminati oleh para kolektor dan penggemar. Di Inggris, suku cadang asli sulit didapat, kecuali dari beberapa dealer ahli. Filter udara sangat penting, karena mesin CB-1 NC27 cenderung terlalu panas jika ada kebocoran di saluran inlet. Namun, Honda CB-1 NC27 masih memberikan dosis daya yang nyata untuk biaya operasional yang sangat rendah, jadi jika Anda mendapatkan satu tangan, hitunglah diri Anda beruntung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here