The Mercedes Adenauer (1951 – 1962)

Dalam dunia otomotif dewasa ini, angka 300 mungkin tidak berarti terlalu banyak lagi, tetapi beberapa dekade ke belakangnya memiliki daya tarik yang sangat istimewa. Chrysler menggunakannya di AS untuk seri Chrysler 300 yang terkenal dan cepat, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 sebagai C-300. Itu menggunakan V8 hemi 331 cu dalam mesin dan disebut 300, karena mengembangkan 300 hp.

Di Jerman, nama 300 dibuat terkenal oleh Daimler-Benz, yang menggunakannya untuk mobil mewah teratas yang diperkenalkan pada tahun 1951, Mercedes Adenauer 300. Di sini nama 300 tidak digunakan karena tenaga kuda tetapi karena 3,0 l (183 cu in) perpindahan mesin. Ketika diluncurkan pada April 1951 di Frankfurt Automobile Show, Mercedes Adenauer menimbulkan sensasi yang membuat polisi harus dipanggil untuk mengatur kerumunan yang antusias.

Tapi bukan hanya masyarakat umum yang menyukai mobil, itu adalah pers yang mengatakan setelah mengujinya bahwa itu harus dianggap sebagai "kelas ekstra otomotif internasional". Kesan itu didukung oleh pelanggan yang beruntung, yang mampu membayar Mercedes Adenauer 300. Karena dengan harga 19.900. – DM ($ 4.720. -) itu pasti juga dari sudut pandang keuangan kelas ekstra. Di AS 300 diperkenalkan pada tahun 1953 dan biaya sekitar $ 6.500 .-. Sedan priciest di AS saat itu adalah Cadillac Series 75 Fleetwood. Pada "hanya" $ 5,820.- itu harus dianggap tawar-menawar, mengingat fakta bahwa ia memiliki mesin V8 5.4 l (331 cu in) dengan 210 tenaga kuda rem dan panjang keseluruhan 6,0 meter (236,5 in).

Mercedes, dibandingkan, disampaikan dengan mesin enam silindernya 115 DIN hp dan menawarkan panjang keseluruhan 4,95 meter (194,9 in). Namun demikian, harga yang luar biasa yang ditawarkan eksklusivitas dan beberapa pemiliknya yang terkenal seperti Errol Flynn, Gary Cooper, Yul Brunner, Anthony Quinn, Raja Gustaf Adolph dari Swedia, Frank Lloyd Wright dan Aga Khan tentu saja tidak mengeluh tentang hal itu. Paus Yohanes XXIII bahkan memiliki Pullman Landaulet khusus yang dikirim ke kediaman musim panasnya di Castel Gandolfo pada tahun 1960. Ini bukan pertama kalinya dalam sejarah Mercedes bahwa seorang paus telah memesan kendaraan khusus yang dibangun dan itu juga bukan yang terakhir kalinya. Pemilik paling terkenal harus menjadi Kanselir Jerman pertama Konrad Adenauer, yang selama masa jabatannya enam dari mereka. Faktanya, Ben sangat terkait erat dengan kanselir bahwa seluruh seri masih hari ini disebut Mercedes Adenauer.

Bodi kendaraan itu masih dibangun di atas cangkang oval-pipa yang sangat tradisional dari desain pra-perang. Dalam hal ini mirip dengan 170 dan 220 Benz. Ini juga membawa sistem pelumasan sentral dari model 170. Ini mungkin terlihat kuno, tetapi untuk mendukungnya harus dikatakan bahwa konstruksi body-on-frame ini ideal untuk mempertahankan tingkat kualitas yang sangat tinggi untuk mobil yang diproduksi dalam jumlah kecil. Seperti yang lebih kecil 220 Benz, yang diluncurkan pada saat yang sama, overhead camshaft inline mesin enam silinder sangat modern untuk standar awal 1950-an. Itu diberi makan oleh dua karburator downdraft bukan satu seperti di 220 dan juga jauh lebih besar. Dengan kecepatan tertinggi 160 km / jam (100 mph) itu lebih cepat daripada saudara kandungnya yang lebih kecil, membangun dirinya sebagai sedan tercepat yang diproduksi oleh produsen mobil Jerman.

Dari 1951 hingga 1962, empat versi Mercedes Adenauer 300 telah diproduksi. Sementara tiga model pertama berbeda sebagian besar dalam aspek teknis, versi terakhir 300d tidak hanya lebih besar dan lebih kuat, tetapi juga sedikit tunduk pada ide-ide gaya Amerika, seperti yang ditawarkan untuk pertama kalinya dalam sejarah Mercedes Benz sedan dengan desain hardtop. Keempat jendela samping bisa diturunkan dengan bingkai chrome mereka dan bahkan lampu kuartal belakang bisa dikeluarkan.

Semua empat versi yang ditawarkan juga sebuah cabriolet empat pintu, yang harganya sangat mahal dan hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil. Selama rentang waktu sebelas tahun, hanya 11.430 unit Mercedes Adenauer 300 yang diproduksi, dimana 707 adalah cabriolet. Cadillac menghasilkan volume yang sama dalam sebulan. Meskipun 300 mungkin tidak dianggap dalam sejarah Mercedes Benz sebagai sukses penjualan besar, itu pasti membantu untuk membangun kembali citra Daimler-Benz sebagai produsen mobil mewah kelas dunia.