Mesin Honda CD175 terinspirasi oleh CB160 dan banyak komponen lain dari mesin tetap sama juga seperti barang-barang internal dan casting. Fitur terbesar ketika datang ke Honda CD175 adalah crankshaft 360 derajat, penyalaan percikan terbuang, karburator tunggal dan mesin deru kembar paralel. Fitur-fitur ini membantu speedometer mencapai 100mph di jalan tol (meskipun hanya secara realistis mungkin untuk melakukan perjalanan sekitar 70mph).

Memastikan pengendaraan yang mulus, Honda CD175 menyertakan batang penghubung dengan bantalan rol. Bahkan mengendarai dengan kecepatan seperti 70mph akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan hasil yang halus. Banyak variasi model ini dibuat dari tahun 1967 hingga 1979. Ketika Honda CD175 di-clock di gigi atas, ia mencapai 11000 rpm. Salah satu masalah utama dari model ini adalah sistem pemutusan yang dijalankan dengan buruk.

CD175 dapat menempuh 50 mil hanya dengan satu galon bensin. Motor ini jauh lebih murah daripada kompetisi bila dibandingkan berdampingan dengan model serupa. Ketika CD175 dirilis, dikenal sebagai CD175A, Honda CA175, atau nama CD175 yang lebih terkenal. Sepeda motor itu sendiri dibangun dan didistribusikan ke seluruh dunia untuk negara-negara persemakmuran. Gaya dan penampilannya sangat ekstra dengan apa yang sudah ditawarkan oleh mesin yang kuat.

Sistem bahan bakar yang dilengkapi adalah karburator tunggal 22 mm dengan slide silinder yang dikenal sebagai Keihin Seiki PW-22. Gearbox yang kuat yang didatangkan oleh Honda CD175 adalah kopling basah 4 percepatan dengan penggerak utama roda gigi dan penggerak final berarah rantai. Seperti banyak sistem elektrik saat ini, Honda CD175 dilengkapi dengan pengapian baterai 6 volt. Akhirnya, pemain besar pada daftar fitur termasuk dua menjadi dua tipe peredam knalpot baffle.

Tahun-tahun awal CD175 menyediakan rangka tulang belakang baja yang ditekan dan mesin silinder miring ke depan yang lebih besar yang menampilkan dirinya sebagai sepeda yang tidak dimaksudkan untuk kecepatan murni tetapi juga kesenangan. Banyak negara yang membuat penampilan motor dengan menjatuhkan sistem kelistrikan untuk membuat Honda CD175 lebih murah.

Beberapa pengendara mengklaim mencapai 100 meter speedometer. Rekaman 80 mph dibuat dan tetap kecepatan tertinggi disaksikan oleh orang lain. Mencapai lebih dari 80 mph akan membutuhkan pengendara yang lebih ringan dan tidak ada angin kepala yang harus ditangani. Sepeda ini dibuat untuk kesenangan di jalan dan off, tetapi menampilkan diri sebagai lebih dari sepeda tur daripada sepeda balap.