Ketika orang berbicara tentang Volkswagen, hal pertama yang biasanya muncul dalam pikiran mereka adalah Model Tipe 1 atau Beetle yang paling populer. Perusahaan manufaktur mobil yang bermarkas di Jerman pertama kali memasuki lokasi selama akhir tahun 1930-an ketika Adolf Hitler meminta Ferdinand Porsche Sr. untuk merancang sebuah mobil yang akan lebih mudah diakses oleh orang biasa. Hasilnya adalah Beetle pertama (dikenal saat itu sebagai KdF-Wagen), yang meskipun hanya memiliki kurang dari 200 bagian, menjabat sebagai dasar Volkswagen sepanjang sejarahnya.

Setelah Perang Dunia Kedua, perusahaan jatuh ke dalam kekacauan tetapi bangkit kembali ketika Mayor Angkatan Darat Inggris Ivan Hirst mengambil alih pabrik yang ditebangi. Ini terjadi setelah pasukan Amerika menyerahkan kendali kepada Inggris. The Beetle sekali lagi dimasukkan ke produksi meskipun kerusakan yang dibawa oleh perang, dengan pabrik Wolfsburg memproduksi sekitar 1.000 mobil per bulan.

Ketika Jerman mulai pulih dari setelah Perang Dunia II, Volkswagen akan semakin tumbuh dan masuk ke pasar luar negeri, terutama industri otomotif AS. Volkswagen juga memberanikan diri pada proyek-proyek lain, melepaskan Tipe 2 atau Transporter, sebuah van yang didasarkan pada desain Beetle. Meskipun mulai goyah, Tipe 2 dan Beetle menjadi pelari depan untuk Volkswagen sepanjang 1960-an hingga 1970-an dengan Volkswagen merilis versi terbaru secara berkala. Pertengahan 60-an juga merupakan waktu dimana Volkswagen mulai mengakuisisi berbagai anak perusahaan, yang secara efektif membuatnya menjadi Volkswagen Group.

Dari tahun 1970-an dan seterusnya Volkswagen juga merilis beberapa model lain seperti Golf, Polo dan Passat dengan berbagai tingkat keberhasilan dan dengan Golf sebagai model andalannya. Baru pada tahun 1998 Volkswagen memutuskan untuk kembali ke akarnya, merilis New Beetle, desain yang didasarkan pada sasis Golf tetapi mempertahankan beberapa kesamaan dengan yang asli, memberikan dorongan besar untuk merek hingga saat ini.

Sebagian besar keunggulan Volkswagen dapat dengan mudah dikaitkan dengan daya tahan model pertama mereka, Beetle. Awalnya kendaraan ekonomi, Tipe 1 klasik menggunakan mesin berpendingin udara, membuatnya mudah disesuaikan dan dilengkapi dengan komponen yang tahan lama dan mudah diperbaiki.

Penggunaan Bagian VW tidak terbatas pada Beetle saja, karena perusahaan lain telah berkolaborasi dengan Volkswagen atau menggunakan Volkswagen Auto Parts dan komponen untuk memproduksi mobil mereka, seperti Porsche 914 dan 914-6 dan Porsche 356.

VW Parts juga disediakan untuk truk komersial seri di bawah perusahaan patungan antara Kendaraan Komersial Volkswagen dan MAN AG, yang produksinya dari 1979 hingga 1993.

Akhirnya, industri lain juga menemukan penggunaan untuk VW Parts, khususnya mesin berpendingin udara Volkswagen, yang menemukan aksi di banyak pesawat eksperimental selama tahun 60-an. Di Australia, mesin itu digunakan dengan cara yang agak aneh, menyalakan lift ski untuk resor ski Thredbo di New South Wales, dan juga dimodifikasi sebagai kompresor udara untuk beberapa komunitas penambang terpencil.