VW Tipe 2 juga dikenal sebagai VW Camper diciptakan hampir secara tidak sengaja pada 1950-an. Dalam artikel ini kami menjalankan bagaimana semua itu bermula, bagaimana Tipe 2 mencapai popularitas seperti itu, dan apa yang akan terjadi di masa depan untuk kendaraan ikonik ini.

Kendaraan di belakang ide untuk Volkswagen Type 2 awalnya tidak dimaksudkan untuk konsumsi publik. Produksi Tipe 1 berada dalam ayunan penuh (itu adalah Beetle untuk Anda dan saya), dan kereta kasar yang disatukan untuk membawa bagian-bagian di sekitar pabrik itu terlihat berputar-putar di sekitar lokasi oleh importir Volkswagen bernama Ben Pon. Pon umumnya dikreditkan dengan datang dengan ide kendaraan lain yang lebih besar berdasarkan panci lantai Tipe 1. Dia mulai membuat sketsa ide-idenya pada tahun 1947, tetapi pabrik VW begitu sibuk membangun kendaraan Tipe 1, tidak ada ruang untuk melakukan diversifikasi.

Ketika beberapa kapasitas di bengkel telah dibebaskan, produksi prototipe Tipe 2 dimulai. Hanya dalam waktu lebih dari 3 bulan kendaraan telah dibangun, dan setelah beberapa penyesuaian untuk membantu membuat kendaraan lebih dinamis produksi dimulai pada tahun 1949. Awalnya Tipe 2 ditawarkan dalam format Kombi dengan jendela samping dan kursi yang dapat dilepas, dan Komersial. Karena konstruksinya mudah untuk mendiversifikasi jajaran Volkswagen Tipe 2 agar sesuai dengan berbagai industri, dan di tahun-tahun berikutnya antara 1949 – 1952 juga dirilis sebagai kanvas kembali, tipper, pelampung susu, pick up, bus dan bahkan ambulans. Tentu saja Microbus dan Caravelle yang kita semua kenal dan cintai hari ini juga merupakan bagian dari jangkauan ini.

Kaca depan split yang pertama kali diperkenalkan untuk mengurangi hambatan pada kendaraan asli menghasilkan van julukan 'Splittie', namun pada tahun 1967 desain ini digantikan oleh selembar kaca dan layar terpisah hilang. Sekitar waktu ini sejumlah perubahan dilakukan termasuk pelepasan mesin yang lebih besar.

Pada tahun 1980, Tipe 3 diperkenalkan ke pasar, versi yang lebih besar dari Tipe 2 dengan tepi dan garis yang lebih tajam. Sejumlah T3 dapat dilihat di jalan hari ini, dan meskipun mereka tidak berbagi status ikon dari Tipe 2, banyak pemilik yang sama bangga dengan kendaraan T3 mereka.

Tipe 4 Transporter adalah yang pertama menggunakan gelar Transporter, dan banyak yang merasa T4 adalah evolusi Tipe 2 terbaik sejak aslinya, namun lautan pemilik T5 mungkin tidak setuju. Kemping T4 disesuaikan oleh pemilik dan para profesional, dengan Westfalia melakukan penyesuaian untuk Volkswagen sendiri untuk membuat van karavan T4 yang dapat dijual.

T5 diluncurkan pada tahun 2003, dan tersedia dalam berbagai trim level dan dengan berbagai opsi kustom. Van karavan T5 dapat dikustomisasi oleh sejumlah tukang custom yang dikenal seperti California, Westfalia dan banyak lainnya.

VW telah melihat sukses luar biasa dengan kisaran Tipe 2, dan mereka yang datang setelahnya. Masih terlihat hari ini sebagai kendaraan ikonik, T2 dapat memerintahkan label harga besar, dan tempat di hati pemilik di seluruh dunia.