Saya baru-baru ini mendapat kesempatan untuk mewawancarai Sergey Petrov, Deputi Duma Negara, dan anggota partai politik "Spravedlivaya Rossiya" (Hanya Rusia), anggota Komite Duma Anggaran dan Pajak Negara Bagian Rusia dan pendiri Kelompok ROLF, bisnis otomotif pertama yang terdiversifikasi di Rusia.

Sergey Petrov adalah pengecualian untuk aturan: seorang miliarder Rusia yang membangun bisnisnya dari apa-apa sebagai lawan mendapatkan manfaat dari privatisasi pada awal 1990-an. Pembicara langsung independen, dengan sejarah pribadi yang luar biasa; ia mencerminkan perubahan dan masa pergolakan dari pos dan pra Soviet – Rusia.

Dia adalah seorang yang pragmatis dan bersemangat tentang negaranya dan seorang kritikus yang gencar terhadap status quo dalam politik Rusia; dan para pemimpin Rusia.

Lulus dari sekolah pada tahun 1971 ia masuk ke Sekolah Penerbangan Militer Tinggi di Orenburg, Rusia selatan. Pada tahun 1975 ia ditugaskan dan memenuhi syarat sebagai pilot di Angkatan Udara Strategis Soviet yang elit. Pesawat Tupolev Tu-16 BADGER terbang, seorang pembom nuklir bermesin ganda, strategis, ia sering menantang langit NATO.

"Saya ingat hari-hari ini, menerbangkan pesawat-pesawat besar dan membuat para pejuang (NATO) menemani kami," kenang Sergey.

Pelatihan kembali pada pesawat tempur ia menjadi seorang Instruktur, memenangkan GUN TOP Soviet di Fighter School, Orenburg dan tampak siap untuk karir militer yang meroket ketika ia menjadikan Major pada usia 26, satu dekade lebih awal daripada kebanyakan rekan-rekannya. Dan, seperti meteor, karirnya di militer jatuh.

Dia ingat, "Saat itu tahun 1982 ketika saya menyelesaikan karier militer saya ketika saya melawan KGB dan Partai Komunis."

Sementara itu menjadi mungkin untuk menantang otoritas di Uni Soviet pada awal 1990-an, era awal Brezhnev dan Andropov (1964 hingga 1985) adalah kasus yang sama sekali berbeda. Keadilan Soviet cepat dan berat. Andropov, mantan pemimpin KGB yang memimpin Uni Soviet antara 1982 dan 1985, adalah seorang garis keras yang memainkan peran kunci dalam menghancurkan Revolusi Hungaria pada 1956; pemimpin cincin ditangkap dan dieksekusi.

Pada tahun 1982, jika Anda bukan bagian dari 'sistem', itu adalah lingkungan yang mengintimidasi.

"KGB telah mengawasi kami dan memutuskan untuk membawa kami ke tahanan. Bukan hanya saya, tetapi juga 12 kolega, yang tinggal di kota-kota yang berbeda seperti yang kami miliki sekarang tersebar di seluruh Uni Soviet".

Sergey Petrov telah memulai protesnya terhadap Partai Komunis yang berkuasa pada usia 21 tahun dan mencoba mempengaruhi rekan-rekan dan murid-muridnya menyoroti ketidakadilan sistem tersebut.

"Saya punya banyak target dan tujuan. Saya harus mengajar para siswa untuk menerbangkan pesawat, untuk mencapai target dan untuk mengindoktrinasi mereka dengan propaganda Soviet. Tidak ada yang meminta saya untuk melawan sistem Soviet. Itu tidak ada dalam deskripsi pekerjaan saya. Itu sebabnya mereka memutuskan untuk menendang saya keluar. "

Pada tahun 1982, perang 'propagandanya' telah diketahui dan dia diberhentikan dari Tentara Soviet dan dikeluarkan dari Partai Komunis Uni Soviet untuk propaganda anti-Soviet dan partisipasi dalam organisasi-organisasi demokrasi rahasia.

Tidak dapat menemukan pekerjaan di Orenburg, Petrov bersama dengan istri dan bayinya, berjalan ke Moskow. Kegiatan anti-Soviet Petrov menghalangi dia untuk bekerja di organisasi elit seperti militer, keamanan atau korps diplomatik.

Antara 1982 dan 1989 ia bekerja untuk Mosinzhstroy, perusahaan konstruksi Moskow dan belajar di Institut Perdagangan Soviet. Dia lulus pada tahun 1987.

"Ketika ekonomi pasar menjadi kenyataan saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan membuka perusahaan saya sendiri. Tapi pertama, karena saya tidak punya apa pun yang saya putuskan untuk memperoleh pengalaman. Saya mendapat pekerjaan dalam usaha bersama dengan Rosek untuk periode kecil waktu, mungkin satu setengah tahun dan mendapat pengalaman ".

Pada tahun 1991, ketika Uni Soviet runtuh, Petrov bergabung dengan ribuan orang Rusia di barikade di sekitar Bely Dom, Gedung Putih Rusia, menolak upaya kudeta oleh kelompok garis keras Soviet yang setia kepada rezim yang runtuh.

"Pada hari Kudeta saya menghabiskan malam di kerumunan di luar Gedung Putih. Itu adalah mimpi saya. Saya berdedikasi pada proses demokrasi, aturan demokratis dan masa depan".

Upaya kudeta gagal dan menyebabkan pembatalan perjanjian serikat 1922 yang membentuk Uni Soviet, mengarah pada pembentukan Persemakmuran Negara-negara Merdeka dan permulaan reformasi ekonomi Rusia radikal. Realitas baru bagi warganya adalah perjuangan untuk bertahan hidup di Rusia baru.

"Kami berada di lingkungan yang buruk pada 1990-an tetapi kami memiliki harapan. Setiap tahun itu menjadi lebih baik dan lebih baik."

Usaha pertama Sergey Petrov ke dalam bisnisnya sendiri adalah dengan bisnis penyewaan mobil.

"Saya memutuskan untuk mendirikan perusahaan saya sendiri" Rolf ". Perusahaan ini terdaftar pada tanggal 5 Agustus 1991 tetapi kami telah bekerja di tahun itu. Sebuah bisnis yang sukses, terutama jika Anda mempertimbangkan lingkungan yang tidak ramah yang kami miliki di Rusia. "Kami mulai bekerja di perusahaan asing. Ketika kami melebarkan sayap ke pasar rumah, kami segera kehilangan banyak mobil. Orang-orang menyewa mobil dan pergi ke Kavkaz (untuk mengekspornya)."

Dia tertawa ketika mengingat situasi itu.

"Tidak ada yang bisa menemukan mobil. Orang-orang yang menyewa mereka memiliki bisnis yang bagus!"

Bisnis, dijual oleh MBO, masih berkembang hari ini.

Sergey pindah ke sektor ritel otomotif.

"Mitsubishi membuat tender untuk dealer mobil pertama di Rusia. Kami berpartisipasi dan kami menang. Kami memulai bisnis dan kami sangat sukses. Kami memiliki pendekatan yang sangat 'lunak' dengan Mitsubishi, meminta mereka untuk mengajari kami. Kami tidak sombong. , tidak seperti peserta lain dalam proses tender, yang mencoba mengajar orang Jepang cara menjual mobil.

Saya ingat orang Jepang, yang bertanggung jawab atas tender, kehilangan ketenangannya dengan peserta lain. Bersandar ke depan, dia menggedor tangannya di atas meja.

"Terima kasih banyak! Kami tidak akan bekerja denganmu".

Ini adalah hari yang sangat sukses bagi kami ".

Pada 1992, ROLF memulai penjualan mobil baru Mitsubishi, mengelola untuk menjual 192 tahun itu.

Pada tahun 1994 perusahaan membuka ruang pameran Mitsubishi pertama yang dibangun di Moskow.

Ketika ditanya tentang pilihan industrinya dan pemikirannya bahwa sektor otomotif pada tahun 1990-an dikriminalisasi dengan para gangster dan oligarki seperti mengukir potongan uang dan area untuk mengendalikannya, dia berkata, "Industri itu seperti mainan untuk berkuasa. Kami punya aspirasi yang benar-benar berbeda, mereka hanya punya target menghasilkan uang dan mendapatkan kekuatan politik, kami fokus pada bagaimana membangun Perusahaan yang baik, Perusahaan yang hebat, kami bermimpi untuk membangun perusahaan kami seperti perusahaan terbaik di dunia.

Sergey Petrov membangun bisnisnya di sekitar nilai-nilai inti keterbukaan, kejujuran dan transparansi yang akan menghadirkan lebih dari beberapa tantangan dalam lingkungan yang terkenal karena kegelapannya. Tujuannya adalah merekrut orang-orang yang percaya pada visinya.

Pada tahun 1999, ROLF adalah importir mobil asing terbesar di Rusia, dengan pendapatan $ 100 juta, angka yang tidak signifikan untuk memulai bisnis hanya 9 tahun.

Pada tahun 2000, Sergey Petrov mendaftarkan Matt Donnelley, pemimpin bisnis yang karismatik, mempromosikannya sebagai Kepala Eksekutif pada tahun 2004 dan menduduki jabatan "Presiden Kehormatan" sendiri. Maka dimulailah Epoch kedua, 'tahun-tahun Donnelley'. Keberhasilan tim manajemen baru dari 2000 tercermin dalam posisi Rolf terus menikmati posisi dominan sebagai importir utama dan distributor mobil asing di Rusia.

"Anda merekrut orang-orang yang membawa efisiensi dalam jangka panjang, jika mereka berbagi nilai-nilai inti Anda maka mereka dapat menjalankan bisnis tanpa membuat kesalahan besar dan Anda tidak harus terus memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan".

Pada tahun 2001, Rolf membuka Dealer non Mitsubishi pertama karena perusahaan memulai penjualan mobil Audi dan Ford. Pada tahun 2006 sebagai 'Merek Terbaik di Rusia' terjual sekitar 124.000 mobil dengan 155.000 mobil pada tahun berikutnya. Mesin ROLF, sekarang yang terbesar ke-5 di Eropa oleh penjualan mobil baru, tampak tak terhentikan. Pada tahun 2007, organisasi Avtomir, rival terdekat dari ROLF, berhasil mencapai kurang dari setengah penjualan ROLF. Pada September 2008, Rolf Import telah mendaratkan 15.000 mobil Mitsubishi untuk pasar Rusia melalui Kotka dan St Petersburg.

Hari-hari yang tenang, memang.

Namun, perubahan segera terjadi dan bakat kewirausahaan pergi dari bisnis baik sebagai Sergey Petrov dan Matt Donnelley keluar dari bisnis. Sergey dinominasikan ke Duma pada bulan Desember 2007. Matt Donnelley telah mengawasi pertumbuhan stratosfer Rolf dan telah berperan dalam mengambil Rolf dari omset $ 100 juta menjadi lebih dari $ 5 miliar dalam 7 tahun.

Sergey bercerita, "Saya telah sepenuhnya meninggalkan bisnis pada saat itu. Saya terpilih menjadi anggota parlemen dan mencoba untuk mengubah seluruh lingkungan. Saya mencoba membantu. Tidak masuk akal untuk membuat miliaran lagi jika kekuatan yang dapat mengambil yang pertama Saya memutuskan untuk menghabiskan waktu dan energi saya untuk memperbaiki lingkungan bisnis Rusia.

Dalam 10 tahun kami membangun perusahaan yang baik tetapi ternyata tidak mungkin membangun perusahaan terbesar di dunia di negara ini. Ini bukan negara yang ramah bisnis … semua pejabat berdedikasi untuk sejarah. Kami, orang-orang, perlu jatuh beberapa kali dan belajar pelajaran bahwa kita harus lebih peduli tentang diri kita sendiri, keluarga dan teman-teman kita dan rekan-rekan … daripada menjadi kekuatan super. Ini perlu diatasi dan akan memakan waktu dua generasi ".

Akhir Epoch kedua mengantar ROLF baru.

Sergey Petrov mengenang Nick Hawkins, CEO ROLF 2007 yang baru sampai 2010, menanyakan kapan ROLF terkuat. Tanggapan Sergey "antara 2004 dan 2007."

Periode ini melihat pendapatan ROLF naik dua kali lipat dari tahun ke tahun, pencapaian luar biasa dengan laba luar biasa, dan kecemburuan kelompok-kelompok serupa di seluruh dunia.

"Tahun-tahun terbaik bagi Rolf adalah setelah saya menyerahkan kepada Matt Donnelley sebagai Kepala Eksekutif. Matt mengimbangi ketidaksempurnaan saya. Dia menyumbangkan profesionalismenya, memastikan perusahaan tetap fokus pada nilai-nilai inti kami dan memberi kami kesuksesan terbesar kami"

Sebuah perusahaan swasta, dengan satu pemegang saham yang berpikiran tunggal dan CEO yang sangat kuat, mencerminkan karakter dan kepribadian dari pemilik bisnis tersebut. Pengambilan karakter-karakter ini secara tiba-tiba dari ROLF dan perubahan-perubahan dalam kepemimpinan menyebabkan munculnya perusahaan yang berbeda dengan etos yang berubah; dan mengakhiri kesuksesan pelarian dari tahun-tahun sebelumnya.

"Perusahaan mulai memburuk setelah 2007. Bahkan sebelum krisis, Perusahaan tidak begitu kuat."

Epoch ke-3 melihat tim manajemen yang berubah dan diperluas, lapar untuk mendapatkan keuntungan dari bonus besar dan keberhasilan kelompok otomotif yang dicapai Rusia. Akhirnya evolusi berlangsung singkat, mahal, dan terkutuk karena ia berlari jauh dari tebing pada tahun 2008.

Selamat datang di krisis keuangan global.

Dalam kata-kata Petrov, "ROLF menjadi semakin birokratis dan semakin tidak efisien … dan tidak cukup fleksibel untuk menghadapi masa depan".

Seseorang dapat bersimpati dengan dia saat dia menanggung royalti dengan kerugian lebih dari $ 300 juta. The ROLF pendulum berayun jauh, dalam waktu yang relatif singkat dan uang tunai membakar sangat luar biasa.

Tim manajemen masuk ke mode krisis: penjualan bebas dan sewa kembali, pembatalan semua proyek baru dan skala punggung pada orang lain, penjualan saham api (kendaraan baru dijual dengan harga kurang dari harga grosir yang mengarah ke salah satu produsen Eropa mengingat seluruh model berkisar dari pasar Rusia).

Perebutan putus asa untuk bisnis dimulai di semua sektor bisnis. Terlambat, manajer unit bisnis mengakui skala dan tingkat keparahan krisis. Tindakannya terlalu sedikit dan terlambat karena bisnis lain yang lebih gesit, mengambil kontrak yang tersedia dan lebih banyak tindakan langsung pengurangan biaya.

Sergey Petrov kembali pada tahun 2010, menyebabkan eksodus massal manajemen puncak, dan menggembar-gemborkan kebangkitan cepat ROLF. Bisnis itu telah bertahan dari krisis keuangan terbesar sejak tahun 1930-an; tetapi dengan biaya, karena Petrov menjual 40% dari perusahaannya ke Perusahaan Mitsubishi.

ROLF adalah perusahaan yang berbeda sekarang dengan yang memasuki krisis global pada tahun 2008. Tim manajemen telah berubah dan sekali lagi, dipimpin oleh pendirinya. Etos sekarang pada efisiensi dan membangun kembali keuntungan sambil berfokus pada sektor ritel mobil. Tidak ada bisnis inti yang dapat dipisah-pisahkan. Pasar berubah karena IPO akan melihat balapan mobil-mobil ritel kelompok besar di pasar Rusia.

Sergey Petrov, "menerima penawaran pembelian dua hari sekali" tidak memiliki niat untuk mengikuti gugatan dan bermaksud untuk tetap menjadi pemilik "bisnis keluarga" meskipun yang besar. Rolf telah, sejak awal, salah satu perusahaan terkemuka di pasar mobil Rusia. Sekarang ini adalah dealer resmi dari 13 merek, dengan 30 pusat dealer Moskow dan Saint Petersburg dan tetap menjadi salah satu masalah otomotif terbesar di Rusia.

"Kami akan mengejar efisiensi karena pemerintah akan lebih membebani bisnis. Pajak sosial 30% tinggi sehingga kami harus menjadi yang paling efisien"

Apa momen pivotnya?

"Itu bukan keputusan saya yang mengubah hidup saya tetapi KGB, ketika mereka menangkap dan menendang saya keluar dari Angkatan Udara. Saya tidak dapat menemukan pekerjaan di kota tempat saya tinggal jadi saya harus meninggalkan Orenburg dan pergi ke Moskow dengan istri saya dan putra berusia 1 tahun. Saya pikir itu mengubah hidup saya, secara drastis.

Saya tidak bisa berbuat apa-apa selain menerbangkan jet tempur saya dan saya pikir ini adalah masalah besar. Tapi, saya masih muda dan itu memungkinkan saya memulai kembali. Saya kehilangan 7 tahun tetapi saya berlatih kembali dan saya lulus dari Universitas Moskow. Semua karier diplomatik dan militer tertutup bagi saya. KGB mengawasi saya dan menemani saya ke mana-mana.

apa yang paling kamu banggakan?

"Saya pikir itu adalah orang-orang di sekitar saya. Seperti Tatiana (Lukovetskaya) dan lain-lain. Kami membesarkan banyak orang yang sekarang bekerja di perusahaan yang berbeda tetapi mereka menyerap beberapa nilai inti kami. Bisnis yang paling menguntungkan adalah bisnis yang paling jujur . "

Di mana Anda melihat diri Anda dalam 5 tahun?

"Seorang politisi yang bekerja untuk Rusia dan pemimpin yang lebih baik dalam bisnis saya"

Aston Martin atau Ferrari?

"Aston Martin"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here