Banyak penemu dan pengusaha yang kami tangani dalam bisnis pemasaran produk konsumen kami mendekati kami dengan impian menjual produk kepada massa. Ini bisa menguntungkan dan strategi peluncuran yang tepat dalam kasus di mana semua bintang di galaksi berbaris dengan benar. Seberapa sering hal itu terjadi?

Keberhasilan pemasaran massal bergantung pada skala ekonomi, keuntungan produksi dan anggaran besar untuk menembus lingkungan komersial yang riuh. Perusahaan besar dan mapan, pikir Procter & Gamble, Unilever, Rubbermaid, memiliki semua alat yang diperlukan untuk meluncurkan produk ke dalam pusaran ini. Sebagian besar entitas kecil dan individu tidak.

Strategi yang kami sukai sering menciptakan strategi branding berdasarkan eksklusivitas. Ketika suatu produk dijual dalam basis distribusi terbatas, tersedia di toko-toko tertentu, dan biasanya dengan harga lebih tinggi daripada produk sejenis, konsumen cenderung melampirkan nilai yang lebih tinggi yang dirasakan untuk barang-barang ini.

Ada banyak contoh eksklusivitas yang dapat digunakan sebagai template ketika mempertimbangkan strategi yang tepat untuk memanfaatkan peluncuran produk konsumen baru. Pengecer yang menjual produk distribusi terbatas high-end sangat menguntungkan dan menikmati profil yang sangat tinggi. Bloomingdales, Tourneau, Neiman Marcus, Harvery Nichols, Harrod's, dan Ralph Lauren hanyalah beberapa dari toko yang menarik bagi "perdagangan kereta". Toko-toko ini mencari barang-barang berkualitas tinggi, yang dapat dijual dengan harga premium, dan itu tidak tersedia di gerai yang bersaing. Ini menciptakan pelanggan setia untuk jenis barang yang hanya dapat ditemukan di pintu-pintu ini.

Mobil, perhiasan, kosmetik siap pakai, jam tangan, dan dekorasi rumah hanyalah beberapa kategori produk di mana eksklusivitas divalidasi sebagai strategi pemasaran dan branding.

Ferrarri, Mercedes-Benz, Porsche dan Jaguar adalah waralaba mobil terkenal di dunia. Ferrarri telah menciptakan dahaga di seluruh dunia untuk mobil sport yang super cepat dan super cepat ini dengan "Kuda Jingkrak" di kap mesin. Hanya ada segelintir dealer resmi Ferrarri di Amerika Serikat. Produksi disimpan sangat kecil dan semua mobil biasanya dijual dua tahun sebelum diproduksi. Ini menjamin bahwa nilai untuk kendaraan yang digunakan tetap sangat tinggi. Memang, banyak menghargai nilai Ferrarri tua, sesuatu yang bisa dikatakan merek mobil sangat.

Rolex, Baume Mercier, Audemars Piguet, Chopard dan Patek Phillippe adalah segelintir dari merek jam tangan yang sangat mahal yang dianggap berharga karena keeksklusifan mereka, keindahan, keahlian pengrajin dan nilai yang dirasakan. Mereka dijual di sangat sedikit toko ritel. Kenyataan bahwa mereka sulit ditemukan, mahal untuk dibeli dan produksi terbatas membuat masing-masing jam tangan ini sangat diinginkan.

Rumah kosmetika di ujung tertinggi pasar membedakan diri dengan membatasi distribusi ke beberapa toko tertentu di setiap area perdagangan. Clarins, La Prarie, Guerlain, Crème de la Mer, dan Estee Lauder sangat pemilih tentang di mana produk mereka ditempatkan. Ini menjamin bahwa konsumen menyadari bahwa karena kurangnya ketersediaan produk-produk ini khusus, dan oleh karena itu, membenarkan poin harga eceran yang lebih tinggi.

Kami melihat ratusan produk baru setiap tahun. Beberapa pilih menawarkan perpaduan unik dari fitur konsumen baru dan manfaat kinerja yang menjamin kesuksesan. Strategi yang sering kita gunakan untuk meluncurkan produk tersebut dibangun berdasarkan eksklusivitas, setidaknya pada awalnya. Sangat mudah untuk "menjatuhkan diri Anda" dan meniru kesuksesan kelas atas dengan versi pasar massal yang lebih murah dari produk Anda. Jika Anda tidak mengamankan ruang ini, tentu saja pesaing akan melakukannya.

Alfred Sloan, jenius bisnis dan organisasi yang menciptakan General Motors pada tahun 1920-an, menyusun strategi multi-harga untuk menawarkan sesuatu bagi semua orang. Cadillac hanya khusus untuk orang kaya. Buick dan Oldsmobile diposisikan untuk kelas menengah, pelanggan yang lebih tua, mencari styling yang tidak mengganggu dan wahana yang lembut. Pontiac adalah sportier dan Chevrolet adalah pasar massal, merek entry level. Sloan mengakui bahwa sopir Chevy saat ini, karena mereka makmur dan tua, akan pindah ke rantai makanan GM.

Charles Revson mengadaptasi strategi distribusi saluran multi-level ini dengan kosmetik Revlon. Etherea adalah merek dagang gerbong yang sangat eksklusif. Ultima II adalah untuk department store yang bagus. Untuk distribusi yang lebih luas di department store umum dan butik Revson menjual merek Revlon-nya. Garis-garis perusahaan Revlon ini masing-masing dibedakan berdasarkan titik harga, pengemasan, klaim produk, dan kinerja. Dia menawarkan sesuatu untuk setiap konsumen.

Ada sejumlah keunggulan untuk strategi eksklusivitas. Biasanya membangun persediaan awal dikurangi, membebaskan modal untuk promosi penjualan. Distribusi terbatas berarti bahwa pengusaha dapat lebih memperhatikan setiap pintu individu yang membawa barang-barang mereka. Lebih sedikit pintu dapat berarti bahwa fitur dan manfaat produk dapat ditunjukkan kepada konsumen individu. Ini menciptakan kata dari mulut dan rujukan. Ini meminimalkan kebutuhan akan iklan media yang mahal. Merchandising di dalam toko lebih mudah dikelola ketika distribusi terbatas. Peluang untuk tumbuh secara organik, pendekatan kura-kura; sering memungkinkan perusahaan baru untuk membangun fondasi yang jauh lebih stabil untuk memperluasnya.

Jenis strategi eksklusivitas dapat dibangun untuk produk di hampir semua kategori. Mulai dari minuman keras, bir, hingga perangkat keras, makanan, hingga pakaian dalam, hingga produk hewan peliharaan, daftarnya terus berlanjut tanpa henti, ada peluang untuk berhasil mengomersialkan ide dan membuatnya berhasil menggunakan teknik distribusi terbatas. Metodologi yang dicoba dan benar ini kurang dimanfaatkan, tetapi sering kali merupakan cara terbaik untuk menembus pasar yang sangat sulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here