Apa formula pemasaran yang tepat untuk bisnis? Pemasaran dan departemen penjualan selalu bertanya-tanya tentang hal ini. Rumus pemasarannya mirip seperti resep – ini banyak X, dan banyak dari Y. Dan pada akhirnya apa yang Anda miliki adalah kombinasi yang merupakan kisah sukses atau kegagalan total. Kombinasi ini disebut sebagai 'Bauran Pemasaran'.

Mari kita selidiki lebih lanjut dan juga opsi saluran untuk perusahaan.

Berapa banyak yang ditawarkan, berapa harga yang ditawarkan, di mana ditawarkan dan bagaimana menawarkannya. Ke 4 ini adalah pertanyaan penting yang harus dicari oleh bisnis tersebut – dan dari sini 4 P telah lahir. Ini 4 P melibatkan posisi strategis sehingga pengembalian adalah maksimum di pasar tertentu. Campuran ini juga digunakan untuk merujuk pada kombinasi media untuk promosi seperti radio dan televisi, surat kabar dan majalah, papan iklan dan Internet.

Bauran Pemasaran adalah kombinasi dari (ini adalah 4 P dari bauran pemasaran) …

o Produk

o Harga

o Tempat

o Promosi

Produk: Produk ini tentu saja sangat penting dan keberhasilan bisnis akan sangat tergantung pada seberapa baik atau buruknya itu. Keputusan mengenai sifat produk juga harus bergantung pada basis pelanggannya juga kebiasaan membeli, lokasi geografis, daya beli, dan faktor lainnya. Terkadang bisnis mungkin ingin mendapatkan yang terbaik, dan terkadang bisnis yang sama mungkin memasarkan produk yang ditujukan untuk pelanggan anggaran. Contohnya adalah Tata Motors yang memiliki Jaguar (yang merupakan merek premium) dan juga Nano (yang merupakan mobil termurah di dunia).

Harga: Ini adalah jumlah yang bersedia dibayar prospek untuk produk tersebut. Selalu ada harga yang tepat untuk suatu produk – jika harganya lebih tinggi dari ini maka mungkin tidak akan laku, dan jika harganya lebih murah dari itu maka bisnis itu mungkin kehilangan pendapatan. Tetapi ada banyak masalah yang didasarkan pada perusahaan yang menentukan harga dan itu tidak terbatas hanya pada biaya pembuatannya. Faktor-faktor lain termasuk nilai yang dirasakan dari produk dalam pikiran pelanggan, pangsa pasar bisnis, persaingan dan bahkan peraturan pajak lokal dan distribusi dan biaya logistik. Lalu ada masalah seperti fluktuasi musiman yang juga perlu dipertimbangkan.

Tempat: Pertanyaan di mana produk ditawarkan dijawab di sini. Apa saluran distribusinya, bagaimana dan berapa harga yang dilakukan bisnis untuk menyimpan barang-barang, berapa biaya pemrosesan pesanan dan bagaimana hal itu dilakukan … ini hanya beberapa pertanyaan yang perlu dijawab.

Promosi: Promosi termasuk periklanan dan pemasaran – upaya untuk mengambil produk dari bisnis ke pelanggan. Mengelola tenaga penjualan (untuk bisnis tradisional) juga termasuk dalam hal ini. Namun, strategi promosi apa yang terbaik untuk bisnis tidak akan sama. Ini akan bervariasi tergantung pada produk itu sendiri, pasar, pelanggan, dan juga anggaran yang dimiliki perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here