Meskipun Subaru Forrester menjadi kompak setiap kali model baru dirilis, generasi ketiga baru masih memisahkan diri dari para pesaingnya seperti Honda Cr-V, Ford Kuga dan Toyota RAV4. Ini telah membangun reputasi yang kuat untuk sifatnya yang kasar meskipun menjadi roader yang lembut. Mesin Subaru Forrester termasuk diesel 2.0-liter 145bhp dan bensin 2,0 liter dengan 148bhp. Pilihan gear box adalah manual enam kecepatan dan gearbox otomatis empat kecepatan. Pilihan lain adalah manual lima kecepatan dengan kotak transfer jarak rendah, terbaik untuk mengemudi off-road yang memberikan keunggulan atas para pesaingnya.

Forrester baru lebih tinggi dan lebih lebar dari mobil yang digantikannya tetapi desainnya masih Subaru yang tidak menunjukkan pendekatan tidak masuk akal dan tampilan kasar dibandingkan dengan rivalnya seperti Nissan X-Trail dan Ford Kuga. Jeroan dilindungi oleh penutup plastik / logam dari air atau lumpur. Semua rentang Forrester dilengkapi dengan paduan, kontrol iklim, pencahayaan kabin dll. Ada empat level trim untuk dipilih – X, XC, XS, dan XS Nav Plus. Bagian atas rentang versi XS mendapat Bluetooth, lampu depan xenon, kamera tampak belakang untuk parkir, dan banyak fitur lainnya. Nav Plus mendapat sistem navigasi satelit yang agak ketinggalan jaman. Kabin memiliki desain yang logis tetapi material yang digunakan memiliki nuansa murahan.

Versi bensin memiliki drive yang halus tetapi tidak cepat dan tidak efisien bahan bakar. The diesel adalah pilihan terbaik, mungkin tidak secepat pesaing Volkswagen Tiguan atau Kia Sportage tetapi Forrester memiliki lebih banyak otot. Ini memiliki posisi mengemudi yang tinggi memberikan pandangan serba jalan. Kontrolnya ringan dan langsung. Forrester memiliki basis Impreza yang membuatnya seimbang di jalan. Forrester belum mendapatkan peringkat Euro NCAP, tetapi itu tidak membuatnya kurang aman. Fitur keselamatan standar termasuk kantung udara depan, samping dan tirai, kontrol stabilitas elektronik dan balok benturan samping di pintu. Selanjutnya, ada sistem penggerak empat roda simetris Subaru untuk cuaca basah. Forrester hadir dengan jaminan tiga tahun atau 60.000 mil untuk ketenangan pikiran pembeli. Padahal material yang digunakan di dalam kabin tidak sesuai standar, tetapi secara keseluruhan Forrester terlihat sangat baik dibangun.

Forrester memiliki kabin yang sangat luas yang mampu menampung lima orang dewasa dengan mudah. Ruang boot adalah 450 liter yang meningkat menjadi 1.660 liter pada lipat datar kursi belakang. Selain ini ada banyak ruang penyimpanan untuk bit dan bobs. Hal ini sangat berguna untuk penarik berkat penggerak empat roda dan suspensi self leveling. Forrester tidak begitu ramah lingkungan, khususnya mesin bensin yang memiliki ekonomi 40mpg dengan emisi karbon 173g / km yang sangat besar, sehingga tagihan pajak jalan raya tinggi. Mesin diesel mengembalikan 44.8mpg dan memancarkan 167g / km CO2. Band pajak tetap sama dengan mitra bensinnya. Oleh karena itu model level entri mungkin merupakan nilai yang bagus, tetapi tidak ada gunanya membeli XS Nav Plus yang mahal. Biaya servis juga tinggi. Ditambah lagi, mereka berjuang untuk mempertahankan nilai pasarnya. Terlepas dari semua ini, Forrester selalu tetap populer di kalangan mereka yang mencari nafkah dari tanah.