Sekali waktu, sekitar 3300 tahun atau lebih sebelum Anda dikandung dalam filsafat siapa pun, sekelompok bandar nomaden yang telah banyak generasi sebelumnya menyeberang ke Amerika Utara dari Asia pada puncak Zaman Es terakhir, menemukan jalan mereka ke apa hari ini dikenal sebagai dataran rendah tropis di wilayah pesisir timur Meksiko. Band bermerek nomaden itu menetap dan menjadi peradaban besar pertama di Dunia Baru – Olmecs. Mereka diklasifikasikan oleh para sarjana sebagai penghuni Periode Pra-Klasik Tengah dari sejarah kuno Amerika. Awal Pra-Klasik mengacu pada para pemburu-pengumpul prasejarah dan transisi ke permukiman pertanian primitif awal dan sangat kecil.

DASAR OLMEC

Olmec adalah peradaban Mesoamerika besar pertama, kadang-kadang disebut sebagai Ibu dari semua peradaban Mesoamerika berikutnya.

Mereka bertahan hidup, bahkan berkembang dari sekitar 1200 SM menjadi sekitar 400 SM di daerah Teluk Meksiko selatan, di daerah yang sekarang disebut sebagai negara bagian Veracruz dan Tabasco.

PUSAT POPULASI OLMEC

Meskipun Olmec terutama adalah masyarakat pertanian (kita semua harus makan), mereka membangun berbagai pusat populasi metropolitan kepadatan tinggi, sebenarnya pusat-pusat politik-keagamaan berbasis ritual, semua dengan monumen besar termasuk piramida. Trilogi dari pusat-pusat utama itu

* San Lorenzo (sekitar 1200 – 900 SM). Situs itu akhirnya ditinggalkan dan mereka pindah ke La Venta, meskipun mungkin ada beberapa tingkat tumpang tindih di antara keduanya.

* La Venta (sekitar 900 – 400 SM). Ini adalah situs Olmec yang paling dikenal dan didokumentasikan. Itu sebenarnya di sebuah pulau yang terletak di dalam Sungai Tonala. Estimasi populasi La Venta diperkirakan sekitar 18.000 orang. Oke, jadi Mexico City bukan, tapi itu bukan 'kota' yang buruk untuk zaman ini.

* Tres Zapote (sekitar 900 SM). Tanggal 900 SM adalah awal yang bertepatan dengan penurunan San Lorenzo. Tidak ada tanggal pengakhiran karena budaya lain yang menghuni situs tersebut setelah peradaban Olmec berjalan di jalan dodo.

Kadang-kadang ada juga yang menyebutkan Laguna de les Cerros sebagai situs utama Olmec.

Situs-situs politik-agama Olmec ini dibangun di bawah penguasa mereka dalam skala yang cukup besar sehingga orang dapat menarik kesejajaran dengan monumen Mesir kuno di bawah firaun mereka. Dengan kata lain, 'kota' Olmec sangat mengesankan pada zaman itu.

ORANG OLMEC

Para Olmec diberi nama "The Olmecs" sebenarnya oleh suku Aztec sebagai "Orang-orang dari tanah pohon-pohon karet". Meskipun dinamai oleh Aztec, suku Aztec tidak muncul di cakrawala sampai sekitar 1400 tahun kemudian di trek. Jadi, "Olmecs" mereka merupakan teka-teki yang terbungkus dalam misteri bagi mereka sebagaimana Olmecs tetap ada dan bagi kita, seperti yang akan kita lihat.

Para Olmec melakukan hal-hal sehari-hari yang biasa Anda kaitkan dengan hampir semua peradaban kuno – pertanian tanah, membangun gedung, terlibat dalam peperangan, bermain bola, mempraktekkan agama mereka dengan upacara keagamaan yang tampaknya termasuk pengorbanan manusia dan pertumpahan darah, dalam hal ini untuk mereka Jaguar-God dan dewa lainnya.

Semua kegiatan ini dilakukan dengan cara tanpa roda atau binatang beban.

Satu pertanyaan segera muncul dalam pikiran. Dari mana mereka berasal? Mereka tentu saja muncul dengan sangat tiba-tiba yang terbungkus dalam kotak beradab sebagai budaya utama. Pertanyaan paling jelas berikutnya adalah ke mana mereka menghilang karena tidak ada lagi kelompok etnis orang di Planet Bumi yang dapat kita sebut Olmecs? Mereka menghilang dari tempat kejadian secepat mereka muncul. Tampaknya mereka meleleh begitu saja ke daerah-daerah sekitarnya, meninggalkan pusat-pusat ritual dan permukiman dan cara hidup mereka, kehilangan semua sentuhan sepanjang waktu dengan identitas unik mereka. Yang mengatakan, juga jelas bahwa budaya orang-orang ini tentu memiliki pengaruh besar pada masyarakat Mesoamerika lainnya yang mengikuti seperti Maya.

Seperti mengapa peradaban Olmec runtuh, yah penyebabnya tidak diketahui, dan para sarjana telah berspekulasi mungkin ini dan mungkin itu dan mungkin hal berikutnya. Tebakan Anda pada tahap ini mungkin sama validnya. Tetapi apa pun yang menyebabkan kematian mereka, itu terjadi sangat cepat.

OLMEC BODIES

Selain hanya sedikit sisa manusia yang telah ditemukan – hanya tulang dari dua, mungkin tiga individu muda – jika ada penemuan besar tubuh (kerangka, mayat atau mumi), ditemukan di kuburan, makam atau kuburan dan terhubung dengan Olmec peradaban telah dibuat, saya tidak menyadarinya. Ada catatan ruang pemakaman batu, sarkopagus dan makam basal, tetapi tampaknya tidak ada mayat. Itu saja cukup anomali ketika datang ke meletakkan wajah manusia pada budaya kuno – memikirkan mumi Mesir, atau mayat-mayat bog ini sering ditemukan di Eropa utara. Tanpa tengkorak, Anda tidak dapat melakukan rekonstruksi wajah forensik untuk mendapatkan gambaran seperti apa rupa orang-orang ini. Tanpa kerangka yang Anda tahu tentang ukuran rata-rata mereka dan keadaan kesehatan dan kebugaran umum – jenis penyakit dan cedera seperti apa yang biasa terjadi.

Juga kurang semua sisa-sisa favorit yang menceritakan kepada para arkeolog tentang kehidupan dan masa masyarakat – tempat pembuangan sampah. Tidak ada middens dapur terkait atau situs yang menolak yang telah ditemukan dan digali.

TULISAN OLMEC

Kaum Olmec tidak meninggalkan sejarah tertulis yang bisa kita pahami. Mesin terbang mereka diukir ke monumen batu mereka, patung, monolit, dll tetap terbaca. Kita membutuhkan setara Olmec dari Batu Rosetta Mesir! Lebih lanjut, tidak ada kesejajaran dengan tulisan-tulisan budaya Mesoamerika selanjutnya. Kami terjebak di antara batu itu dan tempat sulit itu. Jadi, sayangnya dan alack, tidak ada yang bisa dipahami untuk memberitahu kita, misalnya, bagaimana mereka mengukir, mengangkut dan membangun monumen megalitik mereka / kepala batu atau mengapa mereka melakukannya.

KEPALA BATU OLMEC

Budaya Olmec mungkin paling terkenal untuk semua kepala batu yang hampir bulat-sebagai-bola-bola gender maskulin yang selalu cenderung menonjol setiap kali Anda membaca tentang Olmecs. Ini bukanlah patung batu kecil dari kepala saja, tetapi patung-patung besar hingga lebih dari tiga meter (lebih dari 10 kaki) tingginya dan beratnya lebih dari 20 ton (meskipun saya telah melihat perkiraan hingga 50 ton untuk yang terbesar dari yang besar) . Lebih dari 20 kepala batu, atau bagian kepala, sekarang dikenal; mungkin ada lebih banyak yang masih terkubur di dalam hutan. Lebih lanjut, tidak ada dua kepala yang merupakan klon. Sementara mereka semua tampak serupa, masing-masing unik dengan caranya sendiri. Meskipun hambar hari ini, di masa kejayaan mereka, mereka rupanya dicat dan dihias dengan cerah.

Kepala batu ini terbuat dari basalt, batu vulkanik yang agak padat dan keras. Bukan bahan termudah untuk mengukir. Selanjutnya, blok basal multi-ton induk tua harus diimpor dari Pegunungan Tuxtlas – yang diangkut di atas tanah dan air mungkin oleh kekuatan otot manusia dari sekitar 37 mil hingga lebih dari 90 mil jauhnya, tergantung pada lokasi apa yang harus mereka kunjungi, dan mereka telah ditemukan di semua empat situs politik-keagamaan utama Olmec. Itu bukanlah tugas yang mudah untuk merotasi blok batu multi-ton dengan tangan melalui hutan tropis beruap yang berawa-rawa, meskipun tidak ada yang tahu dengan pasti bagaimana blok-blok itu berasal dari sumber ke situs, karena Olmecs tidak meninggalkan manual 'bagaimana caranya'.

Yang langsung pertama, hingga setidaknya kesan kesepuluh yang Anda dapatkan ketika melihat kepala batu Olmec ini tanpa pertanyaan 'Afrika'. Itu tentu saja tidak membuat kesan yang benar, tetapi kesan pertama adalah yang abadi dan biasanya memiliki semacam landasan logis di belakang mereka.

Sekarang model standar arkeologi Mesoamerika tradisional nixes setiap interaksi antara Amerika Tengah dan Afrika sebelum kelahiran Kristus (dan untuk beberapa waktu yang cukup sesudahnya juga). Namun kepala-kepala ini masih terlihat 'Afrika'. Tidak ada jalan untuk itu.

Selanjutnya, kepala batu Olmec ini memiliki gambar wajah yang tidak terlihat seperti topeng batu giok atau kepala berbagai patung berukir, dll. (Lihat di bawah).

Terlepas dari siapa kepala dan wajah mereka? Apakah mereka potret di batu penguasa Olmec? Sementara itu ide yang diterima umum, tidak ada yang benar-benar tahu untuk yakin mutlak. Dan meskipun banyak budaya lain telah mengukir, mengangkut dan mendirikan patung-patung besar, seperti Kepulauan Paskah dan jelas orang Mesir kuno dan Yunani-Romawi, mereka tidak fokus pada patung-patung dagu yang eksklusif. The Olmecs tampaknya sangat unik dalam representasi monumental yang hanya bersifat monumental.

BUDAYA JEMBATAN OLMECS

Beberapa peradaban kuno dikenal karena karya-karya mereka dari stonemasonry atau artefak perak dan emas (atau elektrum – penggabungan keduanya) atau mungkin ambar, tekstil / tenun, metalurgi, tembikar / keramik, dll. Olmecs adalah budaya batu giok. Namun, mereka harus berdagang untuk batu giok jarak jauh, mendapatkan sejumlah besar waktu yang kemudian diukir ke segala macam ornamen, topeng, patung kecil dan patung-patung, dll. Namun, seperti yang disebutkan di atas, ukiran di batu giok topeng atau fitur wajah tidak sama dengan kepala batu basal yang sangat besar. Itu hanya kebingungan lain ketika datang untuk mencari tahu apa yang membuat kutu Olmec.

Ketika datang ke karya seni, Olmec juga dikenal karena lukisan gua mereka yang rumit.

OLMEC RELIGION: THE WERE-JAGUAR CULT

Seperti semua masyarakat, para Olmec memiliki dewa-dewa mereka. Dewa-dewa Olmec cenderung merupakan kombinasi hibrida manusia, burung, reptil, tetapi sebagian besar bentuk kucing, terutama jaguar, dalam berbagai kombinasi yang sering membingungkan. Yang paling menonjol adalah Were-Jaguar, sering digambarkan sebagai bayi manusia dengan wajah seperti jaguar. Nah, itu aneh! Banyak gambar Olmec menunjukkan manusia (dukun mungkin) bentuk-pergeseran ke jaguar dan sebaliknya. Itu adalah kemampuan mereka untuk melakukan transisi dari dunia alami ke supranatural dan kembali lagi. Setidaknya itu interpretasi yang dapat diterima.

Tidak ada pertanyaan bahwa jaguar adalah predator hewan utama di Mesoamerika, dan dengan demikian tidak mengherankan bahwa jaguar menonjol dalam masyarakat pra-Columbus, dan adopsi motif jaguar oleh elit penguasa mungkin digunakan untuk memperkuat atau memvalidasi kepemimpinan. Namun, itu saja hampir tidak menjelaskan kultus Were-Jaguar dan kemungkinan asal kultus telah melibatkan para sarjana selama lebih dari setengah abad. Masalahnya masih harus diselesaikan.

Terlepas dari kultus Were-Jaguar, Olmec adalah yang pertama memahat seekor 'ular berbulu', membuat figur dewa sesat yang menonjol dalam dirinya sendiri sebagai Quetzalcoatl oleh suku Aztec.

THE OLMECS: RINGKASAN

* Dari mana mereka berasal dan kemana mereka menghilang?

* Mengapa budaya 'Ibu' Mesoamerika tampaknya lenyap menjadi udara tipis, dan tiba-tiba seperti itu?

* Mengapa begitu sedikit tubuh Olmec dan tidak ada middens dapur?

* Akankah kita menemukan 'tulisan' mereka? Itu pasti akan memberi banyak cahaya yang dibutuhkan di masyarakat mereka.

* Bahwa pemujaan agama yang berubah bentuk-Jaguar tidak memiliki paralel lebih lanjut di Mesoamerika. Apa filosofi mereka di balik sekte itu?

* Paling jelas, apa cara dan cara mengukir dan mengangkut kepala batu 'Afrika' yang masif itu? Dan mengapa hanya kepala dari dagu, bukan patung manusia yang sepenuhnya matang seperti yang ditemukan dalam budaya kuno lainnya?

* Apa koneksi Afrika, jika memang ada koneksi Afrika?

Seperti yang saya katakan, para Olmec memang merupakan teka-teki yang terbungkus dalam sebuah misteri.