Cara Membersihkan Sensor MAF

Sensor Mass Air Flow (MAF) di mesin mobil Anda adalah salah satu komponen yang tetap tersembunyi dari pandangan, cenderung diabaikan selama prosedur servis normal, namun memainkan peran integral dalam memastikan bahwa kendaraan Anda berkinerja optimal. Sensor MAF bertanggung jawab untuk menentukan volume udara yang terhisap ke dalam mesin mobil. Ketika menjadi kotor, sebagian besar dari partikel serbuk sari mikroskopis dan jelaga, itu menyebabkan gearbox kerusakan, kode kesalahan yang dilemparkan, dan hilangnya gigi keempat. Jadi, ketika Anda melihat penurunan jarak tempuh gas atau mobil Anda naik dengan kurang lancar, Anda bisa hampir yakin bahwa Anda perlu membersihkan sensor aliran udara massal.

Menghapus Sensor

Untuk membersihkan sensor aliran udara massal, Anda akan membutuhkan alkohol isopropil dalam proporsi 70/30 dan tas kunci zip. Anda mungkin juga membutuhkan crosshead besar atau obeng pipih (tergantung pada model mobil Anda) untuk menghapus sensor MAF. Sensor akan ditemukan tersimpan di dalam saluran masuk udara. Untuk membersihkan sensor massa, keluarkan sepenuhnya dari kotak yang membutuhkan perawatan ekstra saat Anda melepaskan selang yang menempel padanya. Tangani sensor dengan hati-hati karena kabel internalnya sangat rapuh dan dapat pecah jika Anda secara tidak sengaja menjatuhkannya pada permukaan yang keras (seperti garasi Anda) atau menjatuhkannya ke benda apa pun. Lepaskan semua baut yang menempel padanya sebelum Anda memulai tugas Anda untuk membersihkan sensor MAF.

Membersihkan Bagian Mobil Ini

Sekarang letakkan sensor di dalam kantong kunci zip dan semprotkan dengan isi botol isopropil alkohol lengkap. Lalu, putar perlahan tas untuk memastikan alkohol masuk ke setiap lubang dan celah sensor. Biarkan sensor tetap dalam alkohol selama sekitar 20 menit atau sampai Anda benar-benar yakin bahwa semua bagian itu benar-benar bersih. Setelah itu, keluarkan sensor dan letakkan di kain bersih yang kering. Setelah Anda membersihkan sensor MAF dan sebelum Anda menginstalnya kembali, Anda harus memastikan bahwa bagian mesin ini benar-benar kering. Jika tidak, air dan / atau alkohol dapat merembes ke bagian lain dari mesin dan mendatangkan malapetaka dengan komponen kendaraan sensitif lainnya.

Metode Lain

Ada cara lain untuk membersihkan sensor MAF. Anda dapat menggunakan pembersih rem atau karbohidrat pada kabel sensor. Hanya menyemprotkan beberapa tetes pembersih pada permukaan ini dan tidak lama, kabel akan terlihat bersih. Pembersih tentu saja, menguap. Pastikan itu tetap kering sebelum memasang sensor ini kembali ke mobil Anda.

Pelumasan

Ketika Anda membersihkan sensor MAF dan sebelum Anda menginstalnya kembali, juga menyemprotkan beberapa tetes minyak pada karet O-ring, hanya untuk memastikan bahwa komponen dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa berderit dan mengerang.

Perhatian terhadap detail

Jadi, sekarang Anda tahu betapa mudahnya untuk membersihkan sensor MAF, menjadikannya titik untuk sesekali membuka kap mesin dan mengintip ke dalam untuk memeriksa bahwa itu bebas dari kotoran dan kotoran.