Dengan begitu banyak pilihan di sepeda motor, memilih sepeda motor pertama Anda bisa menjadi tantangan. Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda memilih sepeda motor yang tepat untuk Anda.

Jenis sepeda motor apa yang harus Anda beli?

Setidaknya ada delapan jenis sepeda motor berbeda (gaya) sepeda motor: touring, sport-touring, standar, sport-bike, skuter, dual-sport, dirt-bike, dan cruiser.

Banyak pengendara baru memulai pencarian mereka dengan melihat sepeda motor Harley Davidson. Jangan membuat kesalahan ini. Sementara kapal penjelajah sangat populer mereka tidak selalu membuat sepeda motor pemula terbaik. Mereka berat, keras, mahal, dan tak kenal ampun (sarat dengan krom) dari tumpahan kecil.

Tur sepeda motor umumnya dibangun untuk perjalanan jarak jauh. Contohnya termasuk Honda Gold Wing populer dan BMW K1200. Sepeda motor ini berat, kuat, mahal, dan membutuhkan keterampilan yang signifikan untuk beroperasi dengan baik … membuat mereka pilihan yang buruk untuk pengendara baru.

Sepeda olah raga (Juga disebut sebagai crotch-roket) dibangun untuk kecepatan, kelincahan, dan kinerja. Mereka ringan, berwarna cerah, dan cepat. Ukuran mesin untuk motor sport biasanya berkisar dari 600cc hingga 1000cc.

Catatan: Jangan biarkan mesin 600cc berbunyi kecil menipu Anda. Sepeda motor Honda CBR600 dapat menjalankan lingkaran di sekitar kapal pesiar 1800cc v-twin. Roket selangkangan dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam 3,5 detik! Itu lebih cepat dari 99% dari semua mobil sport produksi.

Apakah sepeda sport membuat sepeda pemula yang baik? Mungkin tidak, kecuali Anda memiliki kematangan untuk menangani godaan kekuasaan, kecepatan, dan kelincahan.

Gaya sepeda motor berikutnya sangat mudah digambarkan. Dirt-bikes dibuat untuk naik off-road. Pola tapak dan komponen suspensi pada kotoran-sepeda sangat berbeda dari sepupu jalanan-sepeda mereka.

Sementara banyak model memiliki lampu utama dan sinyal belok, sebagian besar tidak akan mudah mengakomodasi perjalanan antarnegara. Jika Anda memiliki akses yang mudah ke jalan tanah atau area off-road lainnya, sepeda kotoran adalah sepeda motor pemula yang baik.

Tidak memiliki akses yang mudah ke area off-road? Pertimbangkan a dual-sport sepeda motor. Sepeda ini dibuat untuk mengakomodasi kondisi off-road yang sedang, dan menangani kecepatan jalan raya. Kompromi macam, mereka tidak melakukan on-road serta sepeda jalanan, atau off-road serta sepeda-tanah.

Namun, sebagian besar model dual-sport dapat dengan mudah melakukan perjalanan dengan kecepatan antarnegara dan menangani kondisi off-road yang sedang. Ketika Anda melakukan tur sepeda motor (yang telah Anda impikan) ke ujung utara Alaska, Anda kemungkinan besar akan mengendarai motor dual-sport, seperti Kawasaki KLR650 yang populer.

SEBUAH standar sepeda motor adalah gaya yang lebih tua yang pernah menggambarkan mayoritas sepeda yang tersedia … maka istilah 'standar'. Sepeda motor standar umumnya tegak dan harga sedang. Bayangkan bahwa sepeda tahun 1970-an milik ayahmu. Itu kemungkinan besar sepeda motor standar. Meskipun bukan sepeda paling keren atau paling keren, sepeda standar bisa menjadi motor starter yang baik.

Skuter? Sebelum Anda membentuk opini di sini, kunjungi dealer sepeda motor lokal Anda. Lewat sudah 50cc moped dari tahun 1970-an. Sebaliknya, beberapa skuter baru menyukai mesin 650cc besar dan transmisi otomatis. Dengan kecepatan tertinggi lebih dari 100 mph, dan waktu akselerasi 0 hingga 60 di bawah 5 detik, skuter dapat mengikuti hampir semua hal. Ingin mempermalukan seorang pengendara Harley atau pemilik Mustang … tidak ada masalah? Skuter Honda Silver Wing 650 dapat melakukan keduanya.

Apakah skuter menangani seperti sepeda motor. Yakin. Apakah mereka beroperasi dengan mudah di interstate? Iya nih. Apakah mereka membuat sepeda pemula yang bagus? Kenapa tidak?

SEBUAH olahraga-touring sepeda motor adalah gaya terakhir sepeda motor yang ditujukan di sini. Model sport-touring adalah versi sport dari motor touring. Atau sebaliknya, versi sport-bikes yang santai. Kelas sepeda motor ini berada di antara sepeda touring dan sepeda sport.

Kelas olahraga-tur dirancang sebagai keseimbangan antara ergonomi, kinerja mesin, dan kemampuan touring jarak jauh. Ini adalah kelas sepeda motor populer yang menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia. Honda VFR Interceptor 800, Triumph Sprint ST, dan Yamaha FJR 1300 adalah contoh motor sport-touring populer. Sebagian besar model menggunakan mesin 650cc hingga 1300cc.

Apakah sepeda motor sport-touring membuat sepeda pertama yang baik? Mereka bisa. Kebanyakan, bagaimanapun, relatif berat … menggunakan mesin berkinerja tinggi dan kenyamanan seperti tas penyimpanan belakang yang keras. Sebelum Anda memilih model olahraga-touring, pastikan Anda memiliki disiplin untuk hanya menggunakan kekuatan yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda.

Untuk jawaban atas pertanyaan rumit lainnya seperti: "Mesin ukuran berapa yang bisa ditangani pengendara pemula dengan aman?" Kami telah menulis keseluruhan panduan berjudul, "Panduan Pembeli Sepeda Motor Pertama – Perspektif Unik dari Kontributor Kami." Dalam panduan ini, beberapa kontributor senior MotorcycleMentor.com memberikan rekomendasi dan saran tentang bagaimana pengendara baru harus memilih sepeda motor pertama mereka.