Setiap bisnis kecil harus memiliki kerangka perjanjian referensi. Perjanjian referensi sederhana akan membantu Anda mendapatkan bisnis baru dalam ekonomi apa pun, dan khususnya dalam ekonomi bawah.

Anda memerlukan kerangka perjanjian referensi yang baik sehingga ketika suatu kesempatan yang baik muncul, Anda akan siap. Anda tidak akan pernah tahu sebelumnya kapan ini akan terjadi.

Perjanjian rujukan yang baik akan memiliki klausul esensial tertentu. Artikel ini menyajikan daftar periksa untuk klausa yang Anda butuhkan.

Perjanjian Rujukan vs. Perjanjian Pengecer

Penting untuk memahami sifat hubungan rujukan dan bagaimana hubungannya dengan hubungan pengecer.

Perjanjian rujukan didasarkan pada hubungan prinsipal dan agen:

* agen merujuk prospek (dan dalam beberapa kasus terlibat aktif dalam proses penjualan) kepada prinsipal;

* prinsipal menentukan harga jual kepada pelanggan; dan

* Penjualan pelanggan dilakukan antara prinsipal dan pelanggan (prinsipal membayar komisi kepada agen untuk mendapatkan penjualan).

Perjanjian pengecer didasarkan pada hubungan prinsipal dan pengecer:

* Reseller membeli produk atau jasa utama untuk tujuan dijual kembali;

* pengecer menentukan harga jual kepada pelanggan; dan

* Penjualan pelanggan adalah antara penjual dan pelanggan.

Daftar Periksa Perjanjian Rujukan

Daftar periksa ini tidak lengkap, tetapi harus memberikan awal yang baik untuk perjanjian rujukan yang sederhana.

* Tentukan hubungan agensi. Nyatakan bahwa Anda adalah kontraktor independen dalam hubungan prinsipal dan agen, dan bukan hubungan antara majikan dan karyawan, pemilik waralaba dan franchisee, usaha patungan, atau mitra.

* Referensi yang memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat? Apakah Anda hanya menginginkan daftar prospek, atau apakah Anda mengharapkan rujukan yang memenuhi syarat? Mungkin itu hanya dipahami bahwa Anda menginginkan referal yang berkualitas. Praktik terbaik adalah tidak meninggalkan sesuatu yang penting untuk disimpulkan. Dapatkan secara tertulis. Jika Anda menginginkan rujukan yang memenuhi syarat, tentukan bahwa rujukan harus memenuhi syarat dan tentukan apa artinya ini. Biasanya, kualifikasi melibatkan kontak pribadi atau telepon, ditambah informasi kontak lengkap termasuk identitas dan informasi kontak untuk pembuat keputusan untuk rujukan.

* Komisi persentase atau jumlah dolar yang ditentukan? Kebanyakan perjanjian rujukan yang mewajibkan referal yang memenuhi syarat membayar komisi berdasarkan persentase tertentu dari pendapatan. Untuk daftar prospek, komisi biasanya dibayar dengan jumlah dolar yang dinyatakan.

* Kapan komisi referral diterima (yaitu apa periode peroleh)? Salah satu klausul paling penting mendefinisikan tepat ketika komisi diperoleh. Biasanya, ini melibatkan penentuan periode pencarian. Periode penghasilan dimulai dengan tanggal rujukan dan berlanjut selama jangka waktu tertentu. Jika penjualan dilakukan (atau jika kontrak dijual dimasukkan ke dalam) selama periode ear-out, maka komisi diperoleh.

* Berapa periode pembayaran? Jangka waktu pembayaran relevan jika ada rujukan yang terlibat dalam bisnis yang berulang atau membayar selama periode waktu tertentu. Periode pembayaran menentukan periode di mana pendapatan memenuhi syarat untuk komisi. Jika Anda tidak ingin membayar komisi selamanya, Anda akan menentukan bahwa Anda akan terus membayar komisi atas pendapatan yang diterima dari rujukan untuk jangka waktu tertentu, setelah itu kewajiban Anda untuk membayar komisi akan berhenti.

* Hutang komisi dari mana pendapatan? Anda harus menentukan secara tepat pendapatan dari komisi mana yang akan dibayarkan. Ini biasanya mengambil bentuk definisi untuk Pendapatan Bersih, yang biasanya termasuk uang yang diterima lebih sedikit (i) kredit dan pengembalian, dan (ii) pajak, bea, atau tarif yang berkaitan dengan penjualan.

* Resolusi konflik komisi. Jika Anda memiliki (atau mungkin) beberapa perjanjian rujukan, ada baiknya untuk menentukan cara menyelesaikan konflik terkait rujukan. Biasanya, Anda akan memberikan bahwa Anda akan melakukan upaya yang wajar untuk menyelesaikan konflik apa pun, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan bahwa penentuan Anda adalah final.

* Informasi rahasia. Jika ada kemungkinan bahwa akan ada pengungkapan informasi rahasia (mis. Rencana pemasaran rahasia), Anda harus memberikan bahwa semua informasi tersebut bersifat rahasia, itu harus digunakan hanya dalam pelaksanaan kewajiban rujukan, dan itu tidak boleh diungkapkan tanpa persetujuan Anda sebelumnya.

* Batasan tanggung jawab. Anda harus membatasi kewajiban Anda ke komisi yang harus dibayar. Anda juga harus menetapkan bahwa klausul ini akan tetap berlaku setelah kadaluarsa atau pengakhiran.

* Pengakhiran untuk kenyamanan. Pengakhiran untuk kenyamanan berarti bahwa suatu pihak dapat mengakhiri sebelum berakhirnya jangka waktu perjanjian untuk alasan apa pun atau tanpa alasan. Jika Anda memberikan penghentian untuk kenyamanan, itu biasanya berlaku untuk kedua belah pihak.

* Komisi dibayarkan setelah penghentian. Perjanjian akan berakhir pada akhir masa tugasnya, dan dapat berakhir sebelum akhir semester karena sebab atau kenyamanan. Biasanya, Anda harus memberikan itu dari dan setelah berakhirnya atau penghentian perjanjian karena alasan apa pun, Anda akan terus membayar komisi komisi yang diperoleh sebelum kedaluwarsa atau penghentian. Anda juga harus menetapkan bahwa klausul ini akan tetap berlaku setelah kadaluarsa atau pengakhiran.

* Pertimbangkan arbitrase untuk penyelesaian sengketa. Ini biasanya ide yang baik untuk memberikan klausul arbitrase yang menetapkan bahwa semua perselisihan akan di arbitrasikan. Anda mungkin tidak ingin mempertaruhkan biaya litigasi.

Kesimpulan

Perjanjian rujukan yang sederhana dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk pengembangan bisnis dalam ekonomi apa pun. Agar siap untuk setiap kesempatan, template rujukan yang baik harus menjadi salah satu alat penting Anda.

Artikel ini disediakan untuk tujuan pendidikan dan informasi saja. Informasi ini bukan merupakan nasihat hukum, dan tidak boleh ditafsirkan seperti itu.

Hak Cipta © 2010 Chip Cooper