Deretan Hilux Surf kendaraan yang dibuat oleh Toyota secara dominan digolongkan sebagai transportasi off road. Pertama kali diperkenalkan pada 1984 ke line up Toyota, mereka memutuskan untuk tidak membangun kendaraan dari bawah ke atas sebagai model yang sama sekali baru tetapi mengambil model yang ada, Hilux, dan membuat modifikasi untuk itu.

Generasi pertama dari model yang dihasilkan dari 1984-1989

Inkarnasi pertama dari model ini secara mekanis identik dengan pikap Toyota Hilux. Toyota hanya menambahkan bagian atas fiberglass yang bisa dilepas untuk mengubahnya menjadi Hilux Surf. Semua model memiliki dua pintu dan identik dari dasbor maju ke Hilux. Hampir semua perubahan membuatnya menjadi Hilux Surf dilakukan untuk bagian belakang kendaraan. Mata air belakang diturunkan dari model pikap Hilux dan berisi satu daun lebih sedikit. Hal ini mengakibatkan masalah kemudian dengan penambahan kursi belakang dan fiberglass atas daun belakang cenderung melorot dari waktu ke waktu.

1986 melihat model mengalami beberapa perubahan desain suspensi depan yang serius. Poros depan yang solid yang sebelumnya digunakan diubah ke pengaturan suspensi depan independen. Ini memungkinkan model untuk lebih mudah dikendarai pada kecepatan jalan raya dan juga menciptakan lebih banyak ruang di ruang mesin yang memungkinkan penggunaan mesin yang lebih besar dalam model masa depan. Sementara perubahan ini memang memiliki dampak pada kemampuan off-road kendaraan, as roda depan yang solid dipertahankan pada model pickup Hilux.

Pada tahun 1989 Toyota merilis generasi kedua dari model, model ini berjalan dari 1989 – 1995, kendaraan itu didesain ulang tetapi tetap bergantung pada puckup Hilux. Generasi yang lebih baru masih tampak mirip dengan pickup Hilux tetapi mereka juga termasuk tubuh yang terintegrasi penuh baja bukan baut pada tutup fiberglass. Generasi ini juga melihat penggunaan sistem suspensi pegas belakang kumparan yang pada waktunya akan dikenal memiliki masalah kendur yang sama dengan desain pegas daun. Kebanyakan generasi kedua Hilux Surf adalah lima model pintu. Sementara sebagian besar produsen lain membuat kendaraan offroad sebagai pickup dengan tailgates yang melipat Hilux Surf juga memiliki jendela di pintu belakang yang harus diturunkan sebelum tailgate bisa dibuka.

Pada tahun 1995 Toyota merilis model generasi ketiganya, model ini akan berjalan dari 1995-2002. Perubahan utama untuk generasi ini adalah eksterior. Ini menerima semua cangkang baru pada sasis baru. Dalam generasi ini model tidak ada hubungannya sama sekali dengan pickup Hilux. Itu mulai memiliki lebih banyak kesamaan dengan Land Cruiser daripada yang ada pada kendaraan yang semula berdasarkan. Tubuh dibuat lebih panjang, ruang interior lebih banyak tersedia, masuknya kantung udara ganda, suspensi pegas empat kumparan roda, rem ABS, dan sistem kemudi rack and pinion adalah standar sekarang di mana mereka belum pernah berada di masa lalu.

Pada tahun 2002 Toyota merilis model generasi keempatnya, pelaksanaan ini berlangsung dari 2002-2009. Sasis dan bodi sekali lagi berubah secara signifikan. Kendaraan itu sekarang ditargetkan pada orang-orang yang mencari kendaraan mewah menengah semi off road. Sebagian besar sasis terus dibagikan dengan Land Cruiser pada tahun yang sama.

2009 melihat peluncuran generasi kelima dari Toyota Hilux Surf. Kendaraan ini masih dalam produksi sekarang dan sangat diminati di seluruh dunia. Mendapatkan popularitas selama bertahun-tahun di kedua pasar off road dan juga untuk pasar komuter normal juga. Ini jika garis yang kuat dari kendaraan yang menandai banyak kotak yang dicari orang ketika membeli kendaraan off road.

Mesin tersedia berdasarkan generasi:

Generasi pertama:

  • 2.0L-3Y
  • 2.4L-22R
  • 2.4L-22R-E
  • 2.4L-22R-TE
  • 3.0L-3VZ-E

Generasi kedua:

  • 2.0L-3Y-EU
  • 2.4L-22R-E
  • 3.0L-5L
  • 2.4L-2L-T
  • 2.8L-3L

Generasi ketiga:

  • 2.7L-3RZ-FE
  • 3.4L-5VZ-FE
  • 3.0L-5L

Generasi keempat:

  • 4.0L-1UZ
  • 4.7L-3UZ-FE
  • 3.0L-3VZ-FE