Toyota Supra adalah mobil sport legendaris yang muncul dalam film aksi seperti The Fast and the Furious, serta game video balap seperti Gran Turismo. Toyota, pembuatan Supra, memproduksi mobil antara sembilan belas tujuh puluh sembilan dan dua ribu dua. Awalnya Supra adalah Celica Supra, turunan yang lebih besar dari Toyota Celica. Dalam 1985, tujuh tahun dalam produksi, Supra memisahkan diri dari Celica menjadi modelnya sendiri, hanya "Toyota Supra".

Gaya dari Supra jelas berasal dari Celica, dan juga 2000GT yang lebih tua yang diproduksi pada akhir tahun enam puluhan. Supra bermesin depan memiliki logo sendiri yang telah berubah selama bertahun-tahun. Awalnya logo mirip dengan Celica, tetapi sekarang sangat sporty, agresif, dan berbeda, mencerminkan karakteristik mobil. Ada banyak rumor selama beberapa tahun terakhir mengenai kemungkinan kebangkitan Supra dengan pengenalan Mark V. Banyak publikasi online dan cetak menyatakan mobil akan dirilis dalam dua ribu delapan, tetapi Toyota mengatakan ini tidak benar.

Generasi terakhir sebelum mobil dihentikan dalam dua ribu dua adalah Supra MK 4. Produksi penuh MK 4 dimulai pada tahun 1993, dengan mobil yang jauh lebih halus dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan kinerja yang lebih besar. Tubuh mobil jauh lebih bulat daripada variasi sebelumnya, dan mesinnya berubah. Model berbasis Jepang memiliki mesin yang mampu menghasilkan lebih dari dua ratus tujuh puluh tenaga kuda. Model Jepang ini juga bisa mencapai nol hingga enam puluh mil per jam di pertengahan empat detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here