Ketika Anda membeli mobil diesel, Anda mungkin memikirkan poin-poin baiknya. Anda tahu Anda mendapatkan mobil yang dapat diandalkan yang dibangun untuk bertahan dan ekonomis untuk dikendarai. Di sisi lain, kendaraan diesel memiliki bagian kelemahannya. Mobil Anda mungkin agak bising. Anda harus bertahan dengan respons throttle lambat dan kinerja yang membosankan. Tapi tunggu – ini kabar baik untuk Anda. Penyetelan solar dapat mengubah mobil Anda yang andal tapi membosankan menjadi sesuatu yang lebih mengasyikkan dan menyenangkan untuk dikendarai.

Cara termudah untuk melakukan tuning diesel pada kendaraan injeksi bahan bakar modern adalah dengan memodifikasi perangkat lunak di unit kontrol mesin, atau ECU. ECU mengatur setiap aspek pengoperasian mesin, memproses sinyal dari berbagai sensor dan memberi tahu sistem injeksi bahan bakar apa yang harus dilakukan. Program perangkat lunak ECU, atau peta, mengontrol pengiriman bahan bakar dan waktu sehingga mesin berjalan secara efisien pada RPM dan emisi tetap dalam tingkat yang dapat diterima. Generasi awal unit kontrol mesin menyimpan peta mereka pada chip komputer yang dapat dilepas. ECU yang lebih baru memiliki peta built-in yang dapat diakses melalui port On Board Diagnostic.

Penyetelan Diesel melibatkan penulisan ulang peta ECU untuk melepaskan potensi mesin diesel yang sesungguhnya. Puluhan pengaturan yang mempengaruhi kinerja mobil Anda dimodifikasi dalam proses pemetaan ulang. Tujuan dari remapping ECU adalah untuk mencapai kurva daya yang optimal untuk kinerja kendaraan dan ekonomi bahan bakar. Pada saat yang sama, parameter keamanan yang semula diprogramkan ke dalam ECU harus dihormati untuk menghindari kerusakan pada mesin atau drive train.

Mesin diesel pada dasarnya memiliki banyak ruang untuk peningkatan kinerja. Dengan rasio kompresi tinggi lebih dari 20: 1, silinder di mesin diesel mengandung lebih banyak udara dari yang diperlukan untuk pembakaran bahan bakar normal. Jika Anda memetakan kembali pengaturan di ECU untuk meningkatkan tekanan injeksi bahan bakar dan memanfaatkan udara yang tersedia dengan lebih baik, Anda dapat dengan mudah meningkatkan tenaga dan torsi mesin.

Dilakukan dengan benar, penyetelan diesel dengan remapping ECU akan membuat mesin berjalan lebih efisien, menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi. Ambil, misalnya, Audi model akhir dengan mesin TDi 2.0 liter dan output daya asli 140 BHP. Memetakan ulang ECU dapat berpotensi meningkatkan daya hingga 170 BHP dan meningkatkan torsi sebesar 75 Nm. Tentu saja, keuntungan listrik akan bervariasi, tergantung pada model dan spesifikasi mesin. Namun, peningkatan 35% dalam kinerja keseluruhan layak untuk banyak kendaraan.

Setelah menyetel mobil diesel Anda, Anda akan menikmati pengendaraan yang lebih tenang dan tenang dengan respons throttle yang lebih cepat dan akselerasi peppier. Mesin akan menawarkan pengiriman daya yang lebih konsisten dengan perubahan gigi yang lebih sedikit dan lebih sedikit throttle yang diperlukan untuk semua jenis mengemudi. Jeda mesin dan titik-titik datar yang mengganggu yang begitu khas mobil diesel akan hilang.

Tenaga dan torsi ekstra juga memiliki kegunaan praktis. Pengemudian berhenti-dan-pergi di kota akan membutuhkan lebih sedikit penggantian gigi dan mengurangi pengereman dan percepatan, yang berarti penghematan bahan bakar. Pendorong jarak tempuh yang tinggi juga akan melihat penghematan bahan bakar yang lebih baik dari pembakaran bahan bakar yang lebih efisien pada kecepatan perjalanan yang lebih tinggi. Jika Anda ingin menderek kafilah liburan atau beban berat lainnya, mobil Anda yang baru akan memiliki torsi ekstra yang diperlukan untuk mengikuti lalu lintas dan menarik lebih banyak dengan aman.

Siapa pun yang Anda pilih untuk menyetel mobil diesel Anda harus memiliki peralatan tuning ECU terbaru dan keterampilan yang tepat. Jangan pernah berpikir untuk mempercayai mobil Anda ke salah satu penyedia layanan murah. Teknologi dalam kendaraan baru berubah sangat cepat sehingga perusahaan harus terus memperbarui peralatan dan perangkat lunak mereka untuk mengimbangi, dan Anda dapat bertaruh bahwa biaya uang. Dapatkan mobil Anda disetel oleh seorang profesional sejati dan Anda tidak akan menyesal sesudahnya.

Jika Anda frustrasi oleh kekurangan kepribadian di mobil diesel Anda, penyetelan diesel dapat dengan cepat meningkatkan kekuatan dan kinerjanya, membuat mobil lebih menyenangkan untuk dikendarai dan menghemat uang Anda untuk bahan bakar. Dengan begitu banyak keuntungan, tidak mengherankan bahwa remap ECU adalah modifikasi kendaraan populer untuk pemilik diesel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here