Dean Lowry bergabung dengan Joe Vittone dan dealer VW-nya Economotors di Riverside, California pada tahun 1955. Setelah menyadari betapa mudahnya untuk memperbaiki dan melayani, Volkswagen Dean belajar semua yang dia bisa dan meningkatkan tingkat keterampilannya. Dia memutuskan untuk membuat karier Volkswagen dan meningkatkan kinerja mereka di drag strip.

Ketika bekerja untuk Century Motors di Alhambra, California, Dean membantu membangun kumbang balap VW yang ia kendarai secara teratur selama lima bulan. Dia kemudian membangun dragster dengan mesin Porsche dan mulai berkampanye di beberapa acara balap drag lokal.

Joe meminta Dean untuk kembali ke Economotors pada tahun 1963 dan mulai sekali lagi untuk bekerja dengan bagian kinerja EMPI. Dia mengembangkan sistem pembuangan, kit karburator dan kit katup. Pada saat ini, Dean membangun mobil balap Inch Pincher yang terkenal, salah satu mobil balap paling terkenal.

Pada tahun 1968 Dean meninggalkan Economotors lagi dan bermitra dengan saudaranya, Ken, untuk memulai toko perbaikan dan layanan VW sendiri di Santa Ana, California. Saudara-saudara ingin fokus hanya untuk membangun dan memperbaiki mesin VW secara penuh. Bisnis baru ini disebut Deano Dyno-Soars, setelah nama panggilan Dean Deano atau Dino.

Saudara-saudara Lowry terjebak dengan tema dinosaurus di seluruh bisnis mereka, dan mengambil warna ungu. Mereka menciptakan mesin Purple Dyno-Soar, yang dicat ungu. Mobil balap dan bahkan toko servis mereka juga berwarna ungu. Itu menjadi warna merek dagang mereka.

The Lowrys sering pergi drag racing dengan sopir harian Dean, sebuah VW sedan 1954 dengan mesin 2180cc. Mobil itu telah diremajakan untuk mengurangi beratnya. Roda velg-aluminium ringan khusus dirancang khusus untuk VW balap drag dan melakukan debut mereka di kendaraan balap Dyno-Soar. Waktu terbaik adalah 11,62 detik dan merupakan mobil yang dikalahkan di kelas NHRA H / Gas.

Salah satu kemajuan utama Deano Dyno-Soar yang dibuat di dunia balap VW adalah mengembangkan sebuah crankcase aftermarket yang memungkinkan mesin VW hingga ukuran 3 liter untuk dibangun dan ditempatkan di kompartemen engine belakang. Itu dikenal sebagai Kasus Ultra. Deano Dyno-Soar juga mendesain dan mengembangkan set kepala silinder aftermarket pertama untuk drag racing VW. Mereka memungkinkan katup yang lebih besar untuk digunakan daripada kepala VW biasa.

Setelah memenangkan banyak balapan dan piala, mereka memutuskan untuk pensiun VW drag racing pada tahun 1972. Bisnis ini juga disebut pintunya pada tahun 1972 dan saudara-saudara pergi berpisah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here