Terletak di pusat benua Amerika, Nikaragua adalah negara Amerika Tengah terbesar. Nikaragua adalah rumah bagi keanekaragaman hayati yang sangat kaya, rangkaian flora dan fauna yang benar-benar menakjubkan. Ada hutan dari berbagai jenis, hutan kering subtropis, hutan hujan tropis, hutan bakau, lahan basah, savana rumput dan sabana pohon. Di sisi Pasifik ada sebagian besar hutan kering tropis dan savana. Di utara, di daerah pegunungan, ada hutan awan dan hutan pinus. Dua sungai terpanjang di Amerika Tengah berjalan di sepanjang perbatasan Nikaragua. Rio Coco (yang terpanjang di 680 km atau 423 mil) membentang di sepanjang perbatasan utara dengan Honduras dan Rio San Juan membentang sepanjang perbatasan dengan Kosta Rika di selatan. Daerah Rio San Juan memiliki hutan basah tropis dan hutan hujan. Ada banyak mil dari garis pantai dan pantai juga.

Cekungan Pasifik dihiasi dengan gunung berapi, laguna dan danau yang tak terhitung banyaknya. Dua danau besar adalah Danau Nikaragua dan Danau Managua dan ada juga 15 danau kawah. Di tengah Danau Nikaragua, danau terbesar di Amerika Tengah dan 21 terbesar menurut wilayah di dunia, adalah Pulau Ometepe yang terbentuk oleh dua gunung berapi.

Iklim (selalu panas) dan variasi ketinggian minimal telah menciptakan lingkungan di mana keragaman bermekaran. Ada sekitar 250 spesies amfibi dan reptil, sekitar 250 spesies mamalia, 700+ spesies burung, 640+ spesies ikan, 350+ spesies pohon, 12.000+ spesies tumbuhan (sebanyak 600 anggrek saja) dan mungkin lebih dari 250.000 jenis serangga. Ada banyak makhluk yang belum ditemukan di belantara Nikaragua.

Beberapa spesies menonjol adalah jaguar, puma, ocelot, tapir, rusa, trenggiling, macaw, quetzal, elang harpy, dan toucan. Ada beragam jenis monyet termasuk laba-laba, monyet howler dan capuchin. Ada banyak juga jenis kadal dan ular, termasuk boas. Ditambah burung, kelelawar, katak, kepiting, laba-laba dan buaya. Ada kura-kura laut di kedua pantai dan spesies hiu, hiu banteng, yang dapat mentolerir air tawar Danau Nikaragua.

Semua spesies ini didistribusikan dalam berbagai bioma dari negara tersebut. Ada sejumlah kawasan lindung dengan hampir 20 persen wilayah yang terdaftar sebagai kawasan lindung. Cadangan Bosawás adalah cagar terbesar ketiga di dunia dan memiliki hutan hujan terbesar kedua di Amerika setelah Amazon. Ada cadangan besar lainnya seperti Cagar Guatuzos dan Cadangan Indio-Jagung dan bagian tengah negara itu berpenduduk jarang. Ini telah membantu melestarikan keanekaragaman hayati tetapi penebangan dan deforestasi masih menjadi masalah. Pertanian berlimpah di daerah yang lebih padat penduduknya. Produk pertanian termasuk kopi, pisang, tebu, kapas, beras, jagung, tembakau, wijen, kedelai dan kacang-kacangan. Produk hewani termasuk daging sapi, daging sapi muda, babi, unggas, produk susu, makanan laut, udang dan lobster.

Di Nikaragua, penduduk setempat dan wisatawan menikmati hiking gunung berapi, berselancar di Pasifik, menyelam di Karibia di Pulau Jagung dan melihat satwa liar di sepanjang Rio San Juan dan di banyak bagian lain negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here