Penggemar ATV sangat bersemangat tentang mekanika kendaraan mereka dan memang seharusnya demikian. ATV adalah mesin yang sangat kuat dan membutuhkan perhatian dan perhatian yang besar. Meskipun Anda tidak harus menjadi monyet minyak untuk mengetahui segala sesuatu tentang itu, ada aspek-aspek tertentu dari ATV yang harus diketahui semua orang tanpa menghiraukan pengalaman masa lalu mereka.

ATV tidak berbeda dengan mobil lain dan mengikuti prinsip yang sama. Ada bagian-bagian tertentu dari ATV yang harus diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa ia bekerja pada tingkat yang optimal, khususnya Majelis Gandar dan Sambungan CV.

Honda ATV sangat populer seperti sepeda motor dan mobil mereka. Artikel ini akan menggunakan Honda ATV sebagai referensi.

The Axle Assembly dan Honda CV Joint – Bagian Penting

Perakitan poros dari model Honda ATV digunakan untuk mengalihkan daya dari transmisi ke roda. Ini juga merupakan tempat di mana Joint Kecepatan Konstan atau CV bersama berada. Sambungan CV, adalah bagian dari poros penggerak yang menempel pada transmisi ATV di satu ujung dan roda di sisi lainnya. Mereka dirancang untuk dapat menekuk ke segala arah sambil terus memutar roda drive dengan kecepatan konstan dan terutama digunakan dalam kendaraan penggerak roda depan. Karena itu, sangat penting untuk melindungi sendi-sendi CV setiap saat.

Boot CV – Pelindung Sendi

Honda CV bersama di sebagian besar ATV ditutupi dengan boot karet yang dikenal sebagai CV Boot. Boot ini melindungi sambungan dari bahan berbahaya. Seiring berjalannya waktu, boot CV mulai memburuk mengekspos CV bersama elemen yang dapat menyebabkan kerusakan padanya. Oleh karena itu, harus diganti dengan yang baru untuk memperpanjang umur sambungan CV. Jika dibiarkan, sambungan atau seluruh poros dapat rusak dan perlu diganti.

Solusi Perbaikan dan Tindakan Pencegahan

Mengganti seluruh perakitan gandar yang memburuk akan menjadi solusi yang lebih praktis dan hemat biaya daripada hanya mengganti sambungan CV. Melakukan hal itu juga akan menghemat waktu dan tenaga. Hari ini Honda ATV hadir dengan perakitan poros lengkap dengan sepatu bot CV dan Sendi. Sepatu bot ini sangat penting agar seluruh perakitan berfungsi dengan benar. Perakitan gandar dan sepatu Honda CV juga bisa rusak oleh puing-puing jalan dan kontaminan lainnya seperti lumpur yang dapat menumpuk di bagian bawah ATV. Ini bisa menyebabkan serpihan masuk ke dalam segel, membiarkan minyak merembes melalui sambungan Honda CV. Oleh karena itu, perawatan yang tepat harus diambil untuk menghindari masalah seperti itu.

Penurunan performa ATV adalah indikator yang jelas bahwa boot Honda CV atau unit gandar rusak. Tepatnya mana yang akan bergantung pada seberapa bersemangat ATV digunakan dan yang lebih penting, seberapa baik itu dipertahankan.