Jakarta –

Akhir pekan lalu, viral tentang mobil resmi RI 2 Wakil Presiden Ma ruf Amin mengisi bahan bakar menggunakan jerigen. Mercedes-Benz S600 Guard diisi bahan bakar menggunakan jerigen karena tidak ada outlet ritel yang direkomendasikan di sekitar lokasi kunjungan kerja. Sebenarnya, apakah aman untuk membawa kembali bensin menggunakan jerigen untuk keadaan darurat?

Praktisi keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menjelaskan, berinteraksi dengan bahan bakar minyak (BBM) seperti bensin cukup rentan terhadap risiko kebakaran. Apalagi jika ada 3 elemen api yang saling berinteraksi, yaitu udara, panas, dan bahan bakar, maka risiko kebakaran dapat terjadi.

"Bahan bakar perlu dipahami bukan hanya bensin. Jadi, bahkan tanpa bensin jika ada udara, ada panas, maka ada bahan bakar yang bisa terbakar. Kelompok bahan bakar bisa dalam bentuk kertas, plastik, kabel, atau bahan bakar minyak itu sendiri. Kemudian panasnya bisa dari sinar matahari, api, atau korsleting listrik. Ketika salah satu dari 3 elemen api tidak ada, maka api tidak akan terjadi. Jika ada yang ketiga, bisa berisiko terbakar, " Jusri kepada AFP, Senin (13/7/2020)).

Perlu diingat, tidak apa-apa membawa bensin cadangan dengan jerigen. Tapi, jerigen yang dibutuhkan adalah jerigen dengan spesifikasi khusus.

"Anda bisa menggunakan jerigen plastik tetapi jenis tertentu. Jika jerigen biasa plastik tidak disarankan, karena menghindari integrasi segitiga api," kata Jusri.

Menurutnya, saat membawa cadangan bensin bisa menggunakan bahan logam jerigen. Atau, ada juga jeriken plastik khusus yang aman untuk membawa bensin cadangan.

"Jerigen plastik (yang lebih aman) memiliki simbol HDPE2 (High-density polyethylene). Karena jenis plastik ini tidak menghasilkan listrik statis. Dan cukup kuat ketika ada benturan atau gesekan. Jusri.

Harga jerigen plastik yang aman memang lebih mahal. Plus, jerigen khusus dapat memiliki pipa di mulutnya sehingga ketika mengisi bahan bakar, tidak perlu lagi ada selang atau corong. "Jadi tidak perlu ragu ketika menuangkan bensin," katanya.

Jusri juga mengingatkan, saat pengisian bensin perlu diperhatikan lingkungan sekitar. Misalnya, hindari menggunakan ponsel saat mengisi bahan bakar dan hindari orang yang merokok di dekatnya.

Lihat videonya "RI Car Viral 2 Menggunakan BBM Jeriken di Jalan, Inilah Penjelasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)