Bandung – Bandung dikenal sebagai kota yang memiliki banyak komunitas di dalamnya. Berbagai jenis komunitas mulai dari komunitas otomotif, budaya hingga industri kreatif lahir di kota ini bernama Paris Van Java. Salah satunya adalah komunitas motor Jumat Blarrr.

Komunitas ini adalah kumpulan anak muda yang menyukai motor khusus. Mereka terbentuk di kota Bandung pada tahun 2013 mulai dari cinta yang sama untuk dunia otomotif.

"Jumat ini, komunitas kami adalah sepeda motor kolektif, jadi ini bukan sepeda motor juga. Tapi lebih kepada komunitas sepeda motor khusus yang punya hobi. Ada clubcylcle yang mengikuti juga. dibentuk pada 2013 secara kebetulan dari Bandung, "kata salah satu anggota Friday Blarr Varitama Rezky, saat ditemui di Jalan Braga, Bandung, Minggu (11/11/2018).

Pada program Jabar yang kondusif, anggota Komunitas Blarrr Jumat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dia, sebagai anggota Friday Blarrr, merasa bangga dan berharap akan ada dukungan nyata dari pemerintah untuk dunia industri otomotif.

"Tentu saja harapan karena orang-orang di industri kreatif dari dunia otomotif lebih dihargai oleh pemerintah. Peraturan mengenai motor kustom lebih diklarifikasi. Sekarang ada berbagai aspek industri kreatif. Salah satunya adalah otomotif. Otomotif memiliki pakaian dan manufaktur, dan saya pikir industri kreatif akan maju dapat berkembang, "katanya.

Sementara itu, nama Friday Blarrr sendiri diambil dari kegiatan yang selalu mereka lakukan secara teratur, yakni berkuda bersama setiap Jumat. Selain itu, mereka juga rutin berkumpul pada hari itu.

"Berkendara setiap Jumat malam, jadi nama (komunitas) adalah Friday Blarrr," katanya.

Selain naik bersama, ia juga mengakui bahwa banyak kegiatan lain yang sering dilakukan. Mulai dari workshop, hingga nonton film nonton bareng tentang dunia sepeda motor.

"Selain naik bersama dengan kegiatan, itu juga membuat acara. Acara ini akan membuat pemutaran film, workshop juga akan dilakukan. Ada kegiatan sosial juga," katanya. (rgr / ddn)