Pasar SUV diperkirakan akan terus tumbuh, terutama di kelas menengah dan SUV rendah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pasar kendaraan sport (SUV) di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Pertumbuhan itu telah memperkuat posisinya sebagai salah satu dari tiga jenis kendaraan terlaris di negara ini selain kendaraan serba guna (MPV) dan kendaraan komersial yang pertama kali mendominasi pasar otomotif di Indonesia.

"Pasar terus tumbuh dan diperkirakan bahwa SUV akan mengendalikan 2 persen dari total pasar 5 persen," kata Direktur Pemasaran Roda Penjualan Suzuki Indomobil 4 Doni Saputra, Sabtu (15/2) setelah peluncuran Suzuki XL7 secara global.

Ini telah menghasilkan berbagai jenis SUV mulai dari Jimny, Katana, Escudo dan lainnya sejak lama dan sampai sekarang masih terus beredar di pasaran. Bahkan konsumen Jimny yang paling tertarik harus berputar beberapa bulan karena masih diproduksi di Jepang.

Diperkirakan pasar SUV akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang, terutama SUV kelas menengah dan rendah. Pertumbuhan tersebut termasuk pergeseran selera konsumen dari pemilik kendaraan MPV yang ingin naik ke kelas SUV. Di sisi lain ada kesamaan karakter antara kedua jenis kendaraan ini seperti kapasitas dan kenyamanan yang besar.

Namun, di kelas SUV ada nilai tambah berupa ground clearance yang lebih tinggi. Ini membuatnya lebih mudah dikendarai di berbagai kondisi jalan yang beragam di Indonesia. Ini adalah daya tarik utama bagi konsumen, terutama harga jual rendah SUV tidak jauh dari MPV di kelasnya.

Menurutnya, pasar otomotif saat ini tidak terlepas dari kondisi ekonomi yang tumbuh sekitar 5 persen, peraturan pemerintah baru yang dapat memberikan stimulasi untuk penjualan dan produk baru yang menarik konsumen. "Jika ada produk baru, pasar akan berkontraksi karena mereka menarik," kata Doni.

Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama, yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, dan berbagai fitur canggih. Semua keunggulan ini menjadikan XL7 SUV 7 kursi yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter. "Kendaraan ini mampu mendukung aktivitas keluarga yang suka berpetualang," katanya.