Jakarta – Suka atau tidak, kendaraan listrik akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan saat ini, banyak produsen otomotif, baik mobil maupun motor, telah merilis produk kendaraan listrik.

Salah satu pabrikan otomotif yang telah memperkenalkan produk sepeda motor listrik adalah Harley-Davidson, dengan proyek LiveWire. Pabrikan dari negara Paman Sam memperkenalkan produk sepeda motor listrik, yang penuh dengan aura.

Harley-Davidson LiveWire Foto: Harley-Davidson

Jadi, akankah Harley-Davidson listrik ini menjadi pengganti Harley-Davidson dengan mesin pembakaran internal?

"Kurasa tidak. Karena kami membeli Harley yang membuat kami tertarik karena suaranya. Tidak ada yang namanya suara Harley yang berkedip-kedip," kata pengendara sepeda motor wanita, Cintawati, di Jakarta.

Menurut wanita yang gemar berwisata, membeli motor listrik Harley sama seperti membeli sepeda motor otomatis yang memiliki kebisingan minimal.

"Jika kita membeli motor listrik, tidak ada suara, sama seperti kita membeli sepeda motor otomatis normal. Tolong, Amerika melepaskan Harley listrik, tolong, tapi untuk Indonesia jarang tertarik. Karena di Indonesia apa Yang dibutuhkan dari Harley adalah suara knalpotnya, "pungkas Cintawati.

Untuk diketahui, Harley-Davidson memperkenalkan spesifikasi sepeda motor listrik pertamanya, LiveWire di Consumer Electronics Show (CES) 2019, di Las Vegas, Amerika Serikat, awal 2019.

Motor listrik Harley-Davidson ini dirancang untuk menghadirkan daya listrik berkinerja tinggi, dengan desain evokatif dan konektivitas seluler untuk pengendara saat ini.

Harley-Davidson LiveWire Foto: Harley-Davidson

LiveWire Harley-Davidson diklaim mampu berakselerasi dari 0-60 mph (96 km / jam) hanya dalam 3,5 detik. Sayangnya moge ini memiliki desain bebas kopling, sehingga tidak ada perpindahan transmisi / gigi.

Moge ini dapat menempuh jarak sekitar 110 mil atau setara dengan 177 km di jalur perkotaan dalam satu kali pengisian daya baterai. Pengisian daya dapat dilakukan di saluran listrik rumah tangga dan mendukung pengisian cepat di level 3. (lua / ddn)