Jakarta –

Partisi kabin adalah perangkat yang dibutuhkan saat mengendarai era normal baru. Partisi mobil berfungsi untuk mencegah penularan virus Corona antara penumpang langsung melalui tetesan (percikan air liur). Pabrikan Aftermarket mulai mengambil inisiatif untuk memproduksi perangkat ini untuk dipasarkan, misalnya seperti yang dilakukan Delima Jaya.

Perusahaan binaraga yang berbasis di Bogor ini menawarkan perangkat partisi untuk berbagai jenis mobil, mulai dari MPV rendah, MPV sedang, minivan hingga SUV. Harga perangkat beserta biaya pemasangannya dipatok sebesar Rp. 5 juta, sedangkan yang termahal adalah Rp. 25 juta.

"Orang-orang sekarang menginstal lebih banyak partisi untuk alasan keamanan, keamanan untuk mencegah transmisi COVID-19. Jadi jika nanti COVID selesai, partisi ini dapat dilepas kembali, kembali seperti aslinya, tidak merusak apa pun," kata Direktur Pelaksana Karoseri Delima Jaya Group, Winston Wiyanta, via saluran telepon ke detikOto, Kamis (25/6/2020).

Partisi dalam mobil MPV Foto: Delima Jaya

Proses instalasi partisi dilakukan dengan plug n play menggunakan baut mobil yang sudah terpasang. Winston mengatakan tidak ada proses mengebor tubuh kendaraan untuk membuat lubang di mana baut pengikat diadakan.

"Sementara kita menggunakan material komposit PVC, bahan terisolasi. Ketebalan partisi adalah 25 mm, ada juga ukuran 30 mm yang menyesuaikan ruangan," lanjutnya.

Winston menambahkan, jenis kaca yang digunakan adalah model tetap yang tidak bisa digeser. Namun dia juga mengatakan ada opsi untuk menggunakan kaca geser elektrik, dengan risiko harga lebih mahal.

Partisi pada Nissan Livina Foto: Delima Jaya

"Karena itu perlu motor listrik dan perlu meluncur juga. Harganya lebih mahal dan termasuk kategori VIP," jelasnya.

Agar dapat membangun komunikasi, pilihannya adalah menggunakan alat interkom. "Interkom adalah opsional. Karena ada juga beberapa pelanggan yang tidak membutuhkan interkom. Kami tidak opsional menggunakan satu paket, sehingga dapat sesuai dengan anggaran pelanggan," jelasnya.

Meski tidak menggunakan interkom, dalam kondisi standar, partisi itu dilengkapi semacam jendela yang bisa dibuka. "Kami sudah membuat Fortuner atau Pajero jika saya tidak salah, jadi kami memiliki penghitung. Jadi jika Anda ingin memberikan uang tol atau berbicara kepada orang-orang depan, cukup buka konter sedikit," dia kata.

Berikut ini adalah biaya pemasangan partisi kabin mobil di Delima Jaya, Juni 2020:

Toyota Avanza / Xenia / Luxio / Granmax / Apv / Setara: Rp5 juta (kaca tempered tetap)

Toyota Innova / Xpander / Livina / Cortez-Confero / Setara: IDR 5,5 juta (kaca tempered tetap)

Toyota Hiace / Hyundai H1 / Toyota Voxy / Kia Sedona / Nissan Serena / Setara: IDR 6 juta (kaca tempered tetap)

Toyota Fortuner / Mitsubishi Pajero / Setara: Rp 6,5 juta (kaca tempered tetap)

Toyota Alphard-Vellfire / Mercedes Sprinter-V Class / Nissan Elgrand / VW Caravelle / Setara: Rp. 12,5 juta – Jenis standar – kaca tempered tetap (sistem non-interkom). Rp 25 juta – VIP type – kaca permanen tempered, trim aksen kayu, pencahayaan ambient LED, sistem interkom, desain mewah yang elegan.

Opsional: + Rp2,5 juta – Interkom nirkabel 1 set (2 lembar) + port soket pemantik rokok 1 pcs

Lihat video "Ini adalah Aturan Normal Baru untuk Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)