Pembuat mobil Jerman, BMW, meluncurkan Seri 3 pada tahun 1975 sebagai mobil eksekutif modern yang kompak. Secara historis, Seri 3 dapat dikaitkan dengan menarik BMW keluar dari gejolak ekonomi, bahkan hari ini saja menyumbang hingga 30% dari total penjualan yang dilakukan oleh divisi mobil perusahaan. Penerus BMW New Class atau 2002 ini diperkenalkan di pasaran ketika dunia sedang menghadapi krisis minyak, sehingga pabrikan Jerman dengan cerdik memposisikan Seri 3 sebagai mobil kompak ekonomis namun mewah, pemosisian dan fokus pada skenario saat ini meningkatkan penjualannya. lipat kembar hanya dalam waktu tiga tahun. Hingga 2012 BMW meluncurkan 6 generasi 3 Seri. Generasi pertama diproduksi dari 1975 hingga 1983, yang juga disebut sebagai E21.

Dari awal, BMW membedakan 320 model dari sisa lineup, 320 memiliki lampu kepala ganda sementara 316 dan 318 memiliki lampu tunggal. 320 model membanggakan mesin 2.0 liter yang lebih besar. Sejak saat itu, 320 mesin tetap menjadi simbol kekuatan dan kinerja bersama dengan banyak M Class yang disebut-sebut. Dalam Kejuaraan Mobil Touring Inggris dan Kejuaraan Mobil Touring Eropa, BMW 320d dan 320si keduanya telah memenangkan banyak balapan dan kejuaraan, sebelum tahun 1998, kebanyakan M Class memasuki kompetisi balap.

Meskipun pada satu titik mesin 320 adalah mesin paling kuat yang ditawarkan BMW, pada generasi pertama, namun, pada generasi berikutnya BMW mulai menawarkan mesin dalam kapasitas 2,5, 2,7 dan 3,0 liter, M Class biasanya dilengkapi dengan mesin 3,0 liter turbo bermuatan . Terlepas dari kenyataan ini, tim di BTCC dan ETCC memilih 320 karena pembatasan berat dan rasio kekuatan terhadap berat yang lebih baik. Juga peraturan BTCC meminta biaya yang ketat dan kontrol daya untuk memberikan persaingan yang merata, karena alasan ini kapasitas mesin biasanya dibatasi hingga 2,0 liter.

Untuk penggemar otomotif BMW secara berkala meluncurkan mobil Kelas M yang diklasifikasikan sebagai saloons kompetitif, M adalah singkatan dari divisi Motorsport dari pabrikan Jerman. Saat ini M3, M5 dan M6 termasuk dalam lineup M dengan M3 yang mewakili 3 Seri, M5 mewakili 5 Seri dan M6 yang mewakili coupe sport yang dibuat khusus. Seri 7 tidak memiliki varian M, namun model yang jauh lebih kecil seperti Seri 1 dan Z4, miliki. Mobil M1 asli atau M generasi pertama diluncurkan pada tahun 1978 dan sering disebut sebagai mobil super praktis pertama. Tidak dapat disangkal dalam kenyataan bahwa mesin BMW 320 menawarkan semangat yang sama dan memiliki warisan yang sama dengan M Class asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here