Penggunaan bahan bakar CO2 tidak perlu mengubah mesin dan infrastruktur.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH – Teknologi pada mobil bermesin konvensional masih terus berkembang. Salah satunya adalah melalui pengembangan bahan bakar ramah lingkungan yang didapat dari CO2.

Dilansir dari Car Advice, Selasa (1/7), ini juga menjadi perhatian BMW. Perhatian tersebut diwujudkan melalui investasi BMW di Prometheus Fuels, yang merupakan perusahaan yang mengembangkan bahan bakar CO2.

Melalui investasi sebesar 12,5 juta dolar AS, BMW ingin mendorong Prometheus Fuels untuk dapat memberikan teknologi yang membuatnya lebih mudah untuk menangkap dan mengubah CO2 menjadi bahan bakar yang setara dengan bahan bakar bensin dan solar. Selain tidak mengandalkan fosil, konversi ini diklaim netral karbon sehingga dapat menjadi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

Sebenarnya, teknologi konversi ini sudah ada tetapi belum digunakan secara optimal. Diharapkan bahwa suntikan dana segar dari pabrikan Jerman akan dapat membuat teknologi ini menghadirkan proses produksi yang lebih murah dan harga jual produk.

Prometheus Fuels mengklaim, bahan bakar yang dikonversi ini memiliki sifat kimia yang identik dengan bahan bakar fosil. Jadi, nantinya penggunaan bahan bakar ini tidak membutuhkan perubahan apa pun pada mesin dan infrastrukturnya.

Ditargetkan, sinergi ini mampu menghadirkan produk bahan bakar yang siap dipasarkan pada akhir tahun ini. Jika memang harganya akan sedikit lebih mahal daripada bensin fosil, bensin sintetis tentu akan menjadi jawaban bagi mereka yang menginginkan kendaraan konvensional menjadi kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Prometheus Fuels adalah perusahaan bahan bakar netral karbon. Perusahaan pemula di sektor energi adalah perusahaan yang berbasis di California dan didirikan tahun lalu.

Perusahaan ini berfokus pada pengembangan filter CO2 atmosfer menggunakan air, listrik dan membran nanotube. Filter ini adalah alat yang mampu menghasilkan bahan bakar melalui proses katalisis dengan bantuan pelat tembaga yang dialiri listrik