Motor otonom ini adalah hasil dari proyek rahasia jangka panjang BMW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BMW mengeluarkan sepeda motor tanpa sepeda motor di mana BMW Motorad Division telah mendemonstrasikan motor ini dapat dipacu di trek balap dan juga ditanam.

Seperti dilansir Foxnews, Jumat (14/9), itu adalah buah dari hasil proyek rahasia jangka panjang yang ditujukan untuk mengembangkan alat keselamatan, BMW menyebutnya "Connected Ride" yang dapat mengintervensi dalam situasi darurat.

Dalam video tersebut, pengujian RS1200 memamerkan kemampuannya di tikungannya sendiri dan kembali ketika sepeda motor berhenti.

BMW bukan satu-satunya perusahaan yang memiliki teknologi semacam ini, sudah ada beberapa perusahaan yang mengerjakan proyek yang sama, seperti Yamaha yang mengerjakan konsep "Motobot Yamaha" yang akan menampilkan robot humanoid.

Honda juga tidak mau ketinggalan "Honda Riding", yang nantinya bisa berdiri seimbang ketika berhenti dan bisa bergerak cepat mencapai 3mph berkat roda listrik di bagian depan.

Administrasi keselamatan lalu lintas jalan raya nasional baru-baru ini mengeluarkan laporan yang mengatakan bahwa penerapan teknologi keselamatan untuk motor elektronik akan terus berlanjut.

BMW mengatakan tidak bermaksud untuk menjual sepeda motor secara keseluruhan, tetapi dalam membangun pemahaman mengemudi, BMW akan menginformasikan sistem keselamatan yang optimal pada sepeda motor yang akan segera diproduksi oleh BMW nantinya.