BMW M 1000 RR didukung oleh knalpot titanium.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN – BMW Motorrad terus meningkatkan penetrasi di pasar motor sport. Aksi kali ini juga mendapat dukungan dari BMW Group dan menghasilkan kolaborasi antara BMW Motorrad dan BMW Motorsport (BMW M).

Berdasarkan keterangan pers kepada Republika.co.id, Kamis (24/9), kolaborasi tersebut juga melahirkan produk terbaru yakni BMW M 1000 RR. Produk ini merupakan produk yang dikembangkan dengan basis BMW S 1000 RR 2020 dan merupakan motor M Series pertama.

Pabrikan asal Jerman ini menghadirkan produk ini sebagai jawaban bagi pengendara yang menginginkan motor berperforma tinggi sekaligus eksklusif. Sebagai keluarga M Series, produk ini bisa dipesan dengan sejumlah detail sesuai keinginan konsumen.

Selain hadir dengan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan S 1000 RR, motor ini juga dibalut dengan sejumlah material karbon di beberapa bagian. Tidak hanya ringan, BMW M 1000 RR juga didukung oleh front wing atau winglet yang membuatnya semakin terlihat sporty dan aerodinamis.

Perpaduan tersebut pula yang membuat motor dengan tenaga sebesar 212 tenaga kuda dan torsi 113 Nm ini semakin keren untuk diajak memacu adrenalin. Perubahan performa ini berkat piston baru, peningkatan kompresi ruang bakar, dan penggunaan batang penghubung titanium.

Selain itu, motor yang juga diorientasikan untuk digunakan di sirkuit ini juga didukung oleh knalpot titanium, velg karbon dan fitur anti squat, kopling anti hopping dan launch control. Untuk memberikan kenyamanan, motor ini juga dilengkapi dengan Hill Start Control Pro dan Riding Mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Secara tampilan, motor 1.000 cc ini juga hadir dengan grafis putih, merah, dan biru untuk mengonfirmasi bahwa motor tersebut termasuk dalam keluarga M Series. Garis tegas pada fairing juga dipermanis dengan balutan khas biru Seri M pada kaliper rem depan dan belakang.