Jakarta –

Kejaksaan sedang mencari bukti terkait keterlibatan Pinangki Sirna Malasari dalam kasus Djoko Tjandra. Dari penggeledahan, salah satu mobil mewah Pinangki yang berhasil disita, yakni BMW X5.

Sebuah SUV BMW X5 diparkir di pelataran Bundaran Kejaksaan Agung. Saat dikonfirmasi, memang benar mobil itu milik Pinangki. "Ya (milik Pinangki)," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Febrie Ardiansyah.

Pengacara BMW Pinangki Foto: Tiara Aliya (detikcom)

BMW X5 biru metalik memiliki pelat nomor F 214 yang indah. Di belakang angka-angka itu, tidak ada lagi huruf. Bisakah Anda memesan pelat nomor tanpa huruf di belakang angka?

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 36 ayat 4, pemilik kendaraan dapat menggunakan Nomor Induk Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihannya. Salah satu pilihan plat nomor bisa berupa kombinasi angka dengan atau tanpa rangkaian huruf yang dipilih.

Namun penggunaan pelat nomor opsional tersebut dikenai biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pemilik kendaraan yang menggunakan nomor pilihan tersebut mengajukan dan membayar biaya PNBP setiap lima tahun. Jika pemohon tidak mengajukan permohonan untuk menggunakan kembali nomor yang diinginkan, maka nomor tersebut akan diganti dengan nomor NRKB secara berurutan dan tidak ada biaya PNBP untuk nomor pilihan.

Biaya PNBP terkait penerbitan pelat nomor cantik tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Kepolisian.

Untuk pelat nomor tiga angka tanpa huruf di belakang angka, seperti BMW Pinangki, dikenakan tarif Rp 10 juta. Tarif tersebut sesuai dengan PP. 60 Tahun 2016.

Berikut daftar tarif untuk penerbitan plat nomor dengan nomor dan huruf tertentu menurut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016:

1. NRKB pilihan 1 (satu) butir
– Tidak ada back letter (blank) Rp 20 juta
– Ada surat dibelakang Rp. 15 juta angka

2. Opsi NRKB 2 (dua) digit
– Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp15 juta
– Ada surat dibelakang Rp. 10 juta

3. Pilihan NRKB sebanyak 3 (tiga) butir
– Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 10 juta
– Ada surat dibalik angka Rp7,5 juta

4. Pilihan NRKB sebanyak 4 (empat) butir
– Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 7,5 juta
– Ada surat dibelakang Rp. 5 juta angka.

Tonton Video "Komisi III DPR Minta KPK Buka Pengawasan dalam Penanganan Kasus Pinangki"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)