Jakarta –

Penjualan mobil di Indonesia memang mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Pabrikan mobil premium seperti BMW juga mengalami hal serupa.

Vice President Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan, penjualan mobil BMW sejak Januari hingga Juli 2020 mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan tersebut hingga 25% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tentu ada penurunan dibanding tahun lalu, sekitar 20-25% year to date 2019 to year to date 2020,” kata Bayu dalam diskusi virtual, Rabu (12/8/2020).

Sejak Januari hingga Juli 2020, BMW telah merilis 1.034 unit mobil baru di pasar otomotif Indonesia. Bayu mengklaim, dalam kurun waktu tersebut BMW telah menjadi merek mobil premium teratas di Indonesia.

“Prestasi kami membanggakan, Januari hingga Juli kami menjadi brand premium Indonesia nomor 1. Tahun ini hingga Juli kami berhasil menjual 1.034 unit, ini prestasi luar biasa yang telah diraih oleh seluruh dealer di Indonesia,” ucapnya. Bayu.

Mobil terlaris BMW masih dipegang oleh BMW X1 dan 3 Series. Bahkan, Bayu menyebut BMW Seri 7 telah menjadi market leader di segmennya.

Untuk 7-Series, menurut data Gaikindo per bulan, 7-series menempati urutan pertama untuk kelas kendaraannya, 7-series menguasai 63% pangsa pasar di kelasnya, ”kata Bayu. Ia menambahkan, sedan mewah BMW Seri 7 tersebut telah terjual sebanyak 54 unit hingga Juli 2020.

Sementara itu, penjualan mobil BMW saat pandemi juga terbantu oleh penjualan online. Bayu mengatakan sekitar 20% penjualan selama tujuh bulan terakhir berasal dari platform online.

“Mungkin lebih dari 200 unit terjual secara online. Itu membuat kami sangat percaya diri karena pada awal-awal program ini targetnya tidak setinggi ini,” ujarnya.

Tidak Perlu Datang, Kunjungi Dealer Mobil Bisa Melalui HP

Saat pandemi COVID-19, konsumen tidak perlu lagi mendatangi dealer mobil. Pegang saja ponsel masing-masing, Anda bisa mendatangi dealer mobil dan berdiskusi dengan sales consultant di dealer tersebut.

BMW Virtual Showroom Foto: Dok. BMW Indonesia

“Tidak perlu menunggu pameran lagi, tapi dengan mengakses www.mybmwdealer.co.id bisa melihat langsung mobil BMW,” ujar Jodie O & # 39; tania, Director of Communications BMW Group Indonesia di tempat yang sama. kesempatan.

Dari situs tersebut, konsumen atau pecinta mobil BMW dapat mengunjungi showroom BMW pilihannya, berkonsultasi dengan konsultan bisnis dan service advisor BMW, serta merasakan pengalaman duduk di dalam mobil BMW dengan Model Tour 360o.

"Anda bisa mengunjungi setiap dealer di Jakarta, kami saat ini fokus di Jakarta karena hampir 80 persen penjualan kami ada di Jakarta," kata Irhan Farhan, Regional Head Digital Channel BMW Group Indonesia.

Di situs yang bisa diakses melalui ponsel ini, calon konsumen BMW bisa mengetahui profil dan detail konsultan bisnis, serta bisa langsung menghubungi mereka melalui Whatsapp atau telepon. Selain itu, pelanggan juga dapat melihat profil dan detail service advisors dan dapat menghubungi mereka secara langsung.

Yang unik adalah pengalaman mengunjungi showroom BMW secara virtual. Di channel 360o Tour, Anda bisa mengunjungi dealer BMW di Indonesia dan melihat mobil-mobil yang dipamerkan. Bahkan secara virtual Anda bisa masuk ke interior mobil BMW yang dipasarkan. Cukup dengan menggerakkan ponsel, layar akan bergerak hingga 360o, menghadirkan tampilan showroom atau interior mobil.

Tonton video "Petualangan Eraspace dengan BMW: Jelajahi Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)