Swindon – Pabrikan mobil terkenal Jerman, BMW, dilaporkan dalam pembicaraan mengambil alih pabrik Honda di Swindon City, Inggris, setelah fasilitas ditutup pada 2021.

Seperti dilansir Carthrottle, pabrik Honda di Inggris ditutup karena produksi generasi Civic saat ini akan dikembalikan ke Jepang, sebagai hasil dari restrukturisasi bisnis.

BMW sendiri dapat melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan kapasitas produksi SUV mereka, X1. Menurut Autocar, SUV kecil saat ini menyumbang 13 persen dari penjualan global, dan permintaan tinggi.

Anak perusahaan BMW, MINI, telah membangun mobil di Inggris dengan sasis yang identik dengan X1. Mesin yang kompatibel berasal dari pabrik di dekat Birmingham dan panel bodi dibuat di dekat Swindon.

Fasilitas Honda yang luas dapat menyediakan semua kapasitas yang dibutuhkan BMW untuk memenuhi tidak hanya permintaan X1, tetapi juga permintaan untuk model lain.

Sebagai informasi, pabrik MINI di Oxford saat ini dalam kapasitas maksimum, mampu menghasilkan 1.100 mobil per hari. Tetapi dengan produksi baru di Swindon, itu berarti BMW dapat mengurangi biaya karena pengiriman suku cadang utama.

Di bawah Honda, pabrik Swindon mampu memproduksi sekitar 300.000 mobil per tahun, tetapi selama beberapa tahun terakhir ini hanya mampu menghasilkan setengah dari kapasitas maksimum.

Penutupan pabrik Honda di Swindon akan membuat sekitar 3.500 orang kehilangan pekerjaan pada tahun 2021, dan minat BMW atau pembuat mobil lain untuk mengambil alih fasilitas ini tentu akan menjadi berita yang disambut baik. (lua / rgr)