Jakarta –

Gelombang mobil listrik sedang terjadi di industri otomotif saat ini. Di sisi lain, SUV dan crossover juga semakin populer di kalangan konsumen mobil di dunia. Kedua fenomena itu tampaknya menjadi alasan kuat bagi Toyota untuk membuat crossover dengan kombinasi tenaga listrik.

Baru-baru ini gambar paten calon crossover listrik Toyota terungkap. Mobil listrik ini dikatakan menggunakan platform e-TNGA (electric-Toyota New Global Architecture) dan dibuat khusus untuk pasar Cina.

Dari citra paten Toyota yang beredar, mobil ini terbagi menjadi dua jenis, crossover kompak (5-seater) dan crossover ukuran sedang (7-seater). Spesifikasinya tidak jelas, tetapi calon mobil listrik Toyota diharapkan bersaing di segmen yang dipenuhi mobil listrik seperti Hyundai Kona, MG ZS EV, termasuk BYD, Chery, Changan, FAW Haima, SAIC, dan Geely.

Gambar Paten Calon Crossover Listrik Toyota Foto: Pool (Internet)

Dari gambar sketsa, dapat dilihat bahwa kandidat crossover Toyota ini memiliki desain yang cukup agresif, dengan headlamp miring, dan atap rendah mirip dengan C-HR. Bagian depan tidak dilengkapi dengan grille, dan minus pegangan pintu, serta kaca spion konvensional. Tampaknya semuanya akan diganti dengan sistem perangkat yang lebih canggih.

Crossover listrik Toyota menggunakan platform e-TNGA, yang mendukung powertrain listrik dengan kapasitas baterai 50kWh hingga 100kWh. Ketika baterai terisi penuh, klaim bisa mencapai 300 km, dengan muatan penuh. Berbicara tentang sistem drive, produk ini dapat diperkenalkan dalam format drive FWD, RWD, atau AWD.

Lihat video "Blogging otomotif Ala Motomobi dengan Toyota Rush"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)