Jakarta –

Toyota Innova generasi terbaru akan diluncurkan pada 10 Oktober di Vietnam. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan Toyota ini menghadirkan sejumlah pembaharuan, baik dari sisi eksterior maupun penambahan fitur-fitur modern.

Dikutip dari Zing News, Toyota Innova 2021 masih mengandalkan pacu jantung 2.0L dengan kode 1TR-FE. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak 137 hp dan torsi maksimal 183 Nm.

Toyota Kijang Innova Facelift Terbaru Foto: Hum3D

Disebutkan pula bahwa Innova baru telah mengalami sedikit perubahan pada eksterior dan interiornya. Dengan tetap mempertahankan garis desain pendahulunya, mobil ini akan mengusung fitur-fitur modern seperti Apple CarPlay dan konektivitas Android Auto serta sensor parkir. Kabarnya, tipe yang lebih rendah (E, G) akan ditambahkan ke fitur kamera mundur dan pemutar DVD.

Sayangnya, Innova baru ini disebut-sebut kehilangan fitur-fitur canggihnya, Toyota Safety Sense. Padahal paket fitur ini cukup penting karena menyertakan fitur keamanan tambahan seperti Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA). Toyota Safety Sense juga telah digunakan pada model-model terbaru Toyota seperti Corolla Cross, Hilux 2020, Fortuner 2021, bahkan Yaris terbaru yang dijual di Thailand.

Toyota Kijang Innova Facelift Terbaru Foto: Hum3D

Sebelumnya, model rendering 3D Toyota Innova 2021 sudah banyak beredar di dunia maya. Dari ilustrasi tersebut terlihat bahwa Innova baru saja mendapatkan sedikit perubahan pada grilnya. Gril Innova baru dibuat seakan menyatu dengan lampu utama. Selain itu, ada tambahan balutan warna hitam glossy dan aksen chrome di bagian tepinya.

Akankah Innova baru diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat?

PT Toyota Astra Motor (TAM) membenarkan bahwa Innova terbaru akan segera diaspal di Tanah Air, namun soal kapan belum bisa dipastikan.

Toyota Kijang Innova Facelift Terbaru Foto: Hum3D

"Sedang mempersiapkan (peluncuran Innova) detailnya nanti," kata Anton saat dihubungi detikOto, belum lama ini.

Seperti diketahui, Innova terakhir kali melakukan penyegaran pada tahun 2015. Pada periode tersebut, seluruh varian Kijang Innova langsung dilengkapi dengan dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter. Sementara itu, layarnya dibekali body kit under-road dan penutup fog lamp baru.

Model tersebut merupakan versi terakhir yang disegarkan hingga akhirnya Toyota merilis versi yang serba baru dengan julukan Kijang Innova Reborn, pada tahun 2016 lalu.

Tonton Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)